Tanggal:29 April 2024
screening cv

7 Cara Screening CV yang Tepat dan Cepat

Proses seleksi calon karyawan adalah langkah penting dalam menjaring individu yang tepat untuk memenuhi kebutuhan organisasi Anda. Salah satu tahap awal dalam seleksi adalah melakukan screening CV (Curriculum Vitae). 

Dalam artikel ini, kami akan membagikan tujuh cara efektif untuk melakukan screening CV dengan tepat dan cepat. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat menghemat waktu dan mendapatkan calon karyawan potensial secara efisien. Sehingga dapat membantu perusahaan Anda dalam memilih calon yang terbaik.

  • Tentukan Kriteria Kandidat

Sebelum memulai proses screening CV, tentukan kriteria yang paling penting untuk peran yang sedang Anda rekrut. Identifikasi kualifikasi, pengalaman, dan kemampuan yang diperlukan. Dengan memiliki kriteria yang jelas, Anda dapat lebih fokus saat mengevaluasi CV dan menyingkirkan calon yang tidak memenuhi persyaratan dasar.

  • Tinjau Ringkasan Profil

Ringkasan profil atau objective statement pada CV dapat memberikan gambaran singkat mengenai calon karyawan. Bacalah dengan cermat dan perhatikan apakah keterampilan dan tujuan karir mereka sejalan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Jika calon tersebut cocok, Anda dapat melanjutkan untuk mengevaluasi bagian CV lainnya.

  • Perhatikan Pengalaman Kerja yang Relevan

Pengalaman kerja sebelumnya dapat menjadi indikator penting untuk menilai kemampuan dan kecocokan calon karyawan. Fokuslah pada pengalaman kerja yang relevan dengan peran yang Anda rekrut. Tinjau tanggung jawab mereka, proyek yang telah diselesaikan, dan prestasi yang dicapai. Jika pengalaman kerja calon tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan, berikan nilai tambah bagi mereka.

  • Evaluasi Keterampilan dan Keahlian

Perhatikan bagian keterampilan dan keahlian pada CV. Identifikasi keterampilan yang diperlukan untuk peran tersebut dan pastikan bahwa calon memiliki keterampilan yang relevan. Perhatikan juga sertifikasi atau pelatihan tambahan yang dimiliki oleh calon, yang dapat menjadi keuntungan tambahan.

  • Tinjau Pendidikan dan Gelar

Meskipun pengalaman kerja seringkali lebih penting, pendidikan juga memiliki peran dalam seleksi karyawan. Tinjau pendidikan calon dan pastikan mereka memiliki gelar atau kualifikasi yang relevan. Namun, hindari terjebak hanya pada gelar atau institusi yang terkenal. Perhatikan juga prestasi akademik atau kegiatan ekstrakurikuler yang menunjukkan potensi dan dedikasi calon.

  • Perhatikan Format dan Tampilan CV

Selain konten, perhatikan juga format dan tampilan CV. CV yang rapi, terstruktur dengan baik, dan mudah dibaca akan memudahkan Anda dalam melakukan screening. Jika CV tidak terorganisir dengan baik atau mengandung kesalahan tata bahasa yang serius, pertimbangkan untuk mengesampingkan calon tersebut.

  • Gunakan Alat Bantu Teknologi

Agar proses screening CV lebih cepat dan efisien, manfaatkanlah teknologi. Saat ini sudah banyak teknologi yang dikembangnya untuk menyaring CV salah satunya adalah Applicant Tracking System atau yang biasa disingkat ATS.

ATS secara otomatis menganalisis dan menyortir CV berdasarkan kriteria yang Anda tentukan, seperti keterampilan, pengalaman kerja, dan pendidikan. Dengan menggunakan ATS, Anda dapat menyaring CV secara cepat dan mengidentifikasi calon yang paling cocok dengan perusahaan Anda.

Nah, Sobat sudah lebih mengetahui, kan apa itu ATS dan beberapa tips screening CV. Jadi untuk sobat mahasiswa yang ingin melamar magang ataupun kalian para fresh graduate yang ingin melamar kerja, kalian bisa menggunakan CV ATS agar peluang kalian diterima di perusahaan semakin besar.

Jika kalian ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang cara membuat CV ATS. Kalian bisa mengikuti kelas online Vocasia yang membahas tentang cara Membuat CV yang Ramah Applicant Tracking System (ATS) Alhasil kalian bisa mendapatkan banyak benefit dari kursus tersebut. Yuk, untuk pendaftaran bisa KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *