Tanggal:25 April 2024
Keuntungan perdagangan internasional.

5 Keuntungan Perdagangan Internasional Bagi Negara yang Melakukannya!

Perdagangan internasional adalah sebuah kegiatan jual beli yang dilakukan antara dua negara atau lebih. Kegiatan perdagangan internasional ini dilakukan oleh banyak negara karena ketidakmampuan mereka dalam memenuhi kebutuhannya sendiri. Bahkan baik itu negara berkembang ataupun negara maju sama-sama merasakan hal ini. Oleh karena itulah, akibat dari ketidakmampuan mereka dalam memenuhi kebutuhannya, sebuah negara akhirnya melakukan transaksi perdagangan internasional ini dengan negara lainnya yang sekiranya bisa menyuplai kebutuhan tersebut. Misalnya saja antara negara Jepang dan Indonesia. Meskipun termasuk ke dalam negara maju, dalam beberapa hal, Jepang masih belum bisa memenuhi kebutuhannya, khususnya dalam  hal hasil tambang, minyak, batu bara, gas alam cair, udang, plup, pelengkapan listrik, mesin, tekstil dan produk teksil, dan lain sebagainya.

Sulitnya Jepang memenuhi komoditas di atas, tentunya akan berakibat pada kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, akhirnya Jepang melakukan kegiatan import dari Indonesia yang kaya akan hal tersebut. Kegiatan import merupakan salah satu kegiatan di dalam perdagangan internasional, bersampingan dengan kegiatan ekspor. Nah, adapun sebaliknya. Meskipun Indonesia kaya akan komoditas tambang dan lainnya, Indonesia masih kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya, khususnya dalam hal suku cadang, produk plastik dan kimia, mesin alat transportasi dan suku cadang mobil, baja, dan suku cadang elektronik, serta lainnya sebagainya. Darinya, akhirnya Indonesia melakukan perdagangan internasional dengan Jepang yang kaya akan hal itu.

Baca Juga: 5 Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Selain untuk bisa memenuhi kebutuhan, perdagangan internasional juga ternyata memiliki beragam keuntungan lainnya bagi sebuah negara yang melakukannya. Nah, apa saja kiranya hal tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Mendapatkan Barang Kebutuhan

Mendapatkan barang kebutuhan.
Mendapatkan barang kebutuhan. Sumber: Pexels

Keuntungan perdagangan internasional yang akan didapatkan oleh suatu negara adalah mereka akan mendapatkan barang kebutuhan yang tidak bisa dihasilkan sendiri dengan mudah. Setiap negara memiliki SDA (Sumber Daya Alam) dan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berbeda-beda. Dari sana saja sudah mencirikan jika sebuah negara tentulah tak akan bisa menghasilkan semua kebutuhannya sendiri. Mereka memerlukan negera lainnya yang bisa menyuplainya. Nah, dengan adanya perdagangan internasional ini, tentunya mempermudah sebuah negara dalam mendapatkan barang kebutuhan yang tidak bisa diproduksinya sendiri.

2. Menambah Devisa Sebuah Negara

Menambah devisa negara.
Menambah devisa negara. Sumber: Pexels

Keuntungan perdagangan internasional lainnya yang bisa didapatkan oleh sebuah negara adalah mereka bisa menambah devisa. Devisa adalah mata uang asing yang digunakan dalam transaksi perdagangan internasional. Ketika suatu negara memproduksi barang dan menjual atau mengekspornya ke negara lain, mereka tentunya akan mendapatkan devisa sebagai bayarannya. Semakin luasnya transaksi ekspor dilakukan, tentulah devisa yang akan dihasilkan juga semakin banyak. Adanya penambahan devisa ini akan menyebabkan kekayaan negara juga semakin bertambah.

3. Transfer Teknologi yang Modern

Transfer teknologi.
Transfer teknologi. Sumber: Pexels

Keuntungan perdagangan internasional selanjutnya yang juga bisa didapatkan oleh suatu negara adalah mereka dapat melakukan tranfer teknologi yang lebih modern. Adanya perdagangan internasional bisa menyebabkan sebuah negara bisa berkembang dalam hal teknologinya. Misalnya saja, dulunya Indonesia selalu memasok barang elektronik dari negara-negara lain seperti Jepang, Chinna, Amerika. Namun seiring berjalannya waktu, adanya perdagangan internasional ini menjadikan Indonesia lebih berkembang dalam hal teknologi. Terbukti dengan sekarang Indonesia hanya memasok komponen-komponen elektroniknya saja dari negara-negara tersebut, karena Indonesia sudah bisa merakitnya sendiri menjadi sebuah alat elektronik.

4. Memperat Hubungan dengan Negara Lain

Mempererat hubungan.
Mempererat hubungan. Sumber: Pexels

Keuntungan perdagangan internasional lainnya yang bisa didapatkan oleh sebuah negara adalah mereka bisa merekatkan hubungan dengan negara lain, baik dalam hal ekonomi ataupun politik. Di dalam perdagangan internasional, setiap negara bekerjasama dalam menyuplai kebutuhan yang tak bisa diproduksinya sendiri. Dari sanalah tentunya, rasa persahabatan menjadi lebih harmonis dan erat lagi, karena setiap negara saling memberikan keuntungan satu sama lain.

5. Menciptakan Banyak Lapangan Kerja

Menciptakan lapangan kerja.
Menciptakan lapangan kerja. Sumber: Pexels

Keuntungan perdagangan internasional terakhir yang bisa didapatkan oleh sebuah negara adalah mereka dapat menciptakan banyak lapangan kerja bagi masyarakatnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa jumlah antara lapangan pekerjaan dengan pencari pekerjaannya sangat berbanding terbalik. Mungkin terdapat ribuan orang yang sedang mencari pekerjaan di dalam negeri, sedangkan lapangan kerja yang dibuka hanya sedikit. Darinya, tentu saja akhirnya menyebabkan banyak orang menjadi pengangguran. Nah, adanya perdagangan internasional ini ternyata bisa dijadikan solusi, karena ternyata perdagangan internasional menjadi salah satu sektor yang menghasilkan lapangan kerja paling banyak. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan semakin luas dan semakin tingginya peminatan sebuah produk di transaksi perdagangan internasional ini, tentulah akan menyebabkan semakin tinggi angka permintaan produk untuk dipasok ke negara lainnya. Dengan adanya hal itu, tentu saja sebuah negara atau perusahaan harus memiliki SDM yang cukup, sehingga bisa memproduksi produk sesuai keinginan. Darinya, tentu saja akan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain, bukan?

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi franchise lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *