Tanggal:29 April 2024
Ciri pasar persaingan sempurna.

5 Ciri Pasar Persaingan Sempurna yang Harus Kamu Tahu!

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan yang namanya pasar persaingan sempurna. Ketika seseorang membahas mengenai jenis-jenis pasar, pasar persaingan sempurna selalu muncul yang pertama, disandingkan dengan pasar persaingan tak sempurna. Namun, apakah kamu tahu apa itu pasar persaingan sempurna? Pasar persaingan sempurna adalah sebuah tempat dimana terjadi suatu transaksi jual beli dalam bentuk penawaran dan permintaan produk. Pasar persaingan sempurna ini memiliki asas berupa kesepakatan antara pedagang dan pembeli. Oleh karena itulah, harga ditentukan oleh pasar, bukan oleh pemerintah. Harga tersebut karena adanya interaksi antara penawaran dan permintaan. Baik pedagang dan pembeli sama-sama tidak bisa mempengaruhi harga tersebut. Mereka juga memiliki ikatan batin yang kuat karena sama-sama mengetahi kondisi atau informasi lengkap mengenai pasar tersebut. Contoh persaingan pasar sempurna ini adalah pasar yang menjual hasil pertanian seperti gandum, sagu, beras, kentang, dan lain sebagainya.

Pasar persaingan sempurna sangat cocok untuk dijalankan dengan tujuan agar terciptanya sebuah kesejahteraan dengan perekonomian masyarakat semakin meningkat. Hal itu dikarenakan pasar persaingan sempurna memungkinkan sebuah penawaran dan permintaan produk berjalan seimbang dengan kesepakatan bersama. Oleh karena itu, tak mengherankan jika dikatakan pasar persaingan sempurna memiliki iklim perdagangan yang sama-sama menguntungkan bagi semua pihak. Nah, setelah mengetahui penjelasan mengenai apa itu pasar persaingan sempurna, maka akan lebih baik lagi jika kamu juga mengetahui mengenai ciri-ciri pasar persaingan sempurna ini. Lalu, kira-kira apa saja ciri-cirinya ya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Jumlah Penjual dan Pembeli Banyak

Pembeli dan penjual berjumlah banyak.
Pembeli dan penjual berjumlah banyak. Sumber: Pexels

Ciri pasar persaingan sempurna yang harus kamu ketahui pertama adalah di dalam pasar persaingan sempurna, terdapat banyak penjual dan pembeli. Jumlah antara keduanya seimbang. Oleh karena itu, dengan banyaknya jumlah antara penjual dan pembeli, seorang penjual di pasar persaingan sempurna tidak bisa memainkan harga produk sesukanya, karena nantinya seorang pembeli dapat mengetahuinya dari penjual lainnya. Hal itu juga dikarenakan dalam pasar persaingan sempurna, harga sebuah produk akan sama. Baik seorang pedagang, pembeli, ataupun pemerintah tidak bisa mengubahnya. Mereka juga sama-sama memiliki informasi yang lengkap mengenai kondisi pasar, termasuk di dalamnya mengenai harga tadi. Adanya hal ini biasanya disebut dengan price taker atau pengikut harga, dimana seorang pedagang akan mengikuti harga produk yang sudah ditetapkan. Itulah yang kemudian menjadikan harga di pasar menjadi datum atau tetap, berapa banyak pun barang yang diperjualbelikan.

2. Barang yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen

Barang homogen.
Barang homogen. Sumber: Pexels

Ciri pasar persaingan sempurna kedua yang juga harus kamu ketahui adalah dalam sebuah pasar persaingan sempurna, biasanya barang yang diperjualbelikan itu bersifat homogen. Artinya barang yang ditawarkan dalam jenis pasar ini selalu setipe. Biasanya barang tersebut tidak bisa dibedakan dalam setiap aspeknya. Oleh karena itu, seorang pembeli akan mendapatkan barang yang sama dengan harga yang juga sama sekalipun itu di pedagang yang lain. Karena pada prinsipnya, pasar persaingan sempurna menjual barang homogen dengan harga yang tetap. Nah, produk homogen itu produk yang seperti apa sih? Produk homogen adalah jenis produk yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, tetapi dalam satu tipe. Misalnya saja seperti yang dijelaskan tadi mengenai hasil-hasil pertanian seperti beras, gandum, dan sebagainya.

3. Pedagang Bebas Membuka atau Menutup Usaha

Penjual bebas membuka atau menutup usaha.
Penjual bebas membuka atau menutup usaha. Sumber: Pexels

Ciri pasar persaingan sempurna yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah di dalam pasar persaingan sempurna, seorang pedagang bebas dalam membuka atau menutup usahanya. Seorang pedagang leluasa menutup usahanya, jika dirasa usaha tersebut justru merugikannya karena tidak bisa bersaing di pasar persaingan sempurna dan tidak bisa memenuhi kriterianya. Begitupun sebaliknya, seorang pedagang bisa membuka sebuah usaha di pasar persaingan sempurna jika merasa hal itu akan menguntungkannya. Dimana produk yang dijual sangat berkualitas tinggi dengan harga yang sesuai pasar. Ciri ini tentunya sangat berbeda dengan jenis pasar lainnya, bukan?

4. Penjual dan Pembeli Mengetahui Informasi Harga

Penjual dan pembeli tahu informas lengkap harga.
Penjual dan pembeli tahu informas lengkap harga. Sumber: Pexels

Ciri pasar persaingan sempurna keempat yang juga harus kamu ketahui adalah di dalam pasar persaingan sempurna, seorang penjual dan pembeli sama-sama mengetahui informasi lengkap mengenai harga produk. Hal ini sudah dijelaskan sebelumnya ya. Harga sebuah produk di pasar persaingan sempurna tidak bisa dimanipulasi oleh seorang pedagang, pembeli, ataupun pemerintah. Hal itu karena harga ini ditentukan oleh adanya interaksi antara penawaran dan permintaan.

5. Mobilitas Sumber Ekonomi yang Sempurna

Mobilitas sumber ekonomi sempurna.
Mobilitas sumber ekonomi sempurna. Sumber: Pexels

Ciri pasar persaingan sempurna yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah di dalam pasar persaingan sempurna, mobilitas sumber ekonomi dianggap sempurna. Mengapa demikian? Ketika sumber daya dan faktor produksi dipindahkan ke tempat lain, hal itu tidak akan mempengaruhi pasar persaingan sempurna itu sendiri. Hal itu karena tempat yang memproduksi barang, semuanya memiliki kesamaan, baik dari teknik pembuatan dan penjualannya. Itulah mengapa produk yang dihasilkan selalu homogen.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi franchise lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *