Tanggal:05 May 2024

Kolega: Pengertian, Jenis dan Perbedaanya Dengan Pelanggan

Halo Sobat Vocasia, bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik serta semangat untuk terus menambah ilmu, ya. Seperti yang kita ketahui bersama, kolega merupakan teman sejawat, kawan seprofesi, dan kawan sekerja.

Lalu apa sih penjelasan lebih detail mengenai kolega ini, jenis, serta perbedaannya dengan pelanggan. Mari simak artikel berikut ini ya sobat!

1. Apa itu Kolega?

Kolega adalah teman sejawat, kawan seprofesi, dan kawan sekerja. Kolega dapat berasal dari perusahaan maupun dari luar perusahaan. Kolega dari dalam perusahaan adalah sesama karyawan yang menjadi rekan (partner) dalam menyelesaikan pekerjaan yang telah diberi kepercayaan oleh perusahaan kepada karyawan dalam unit kerja yang bersangkutan.

Kolega yang berasal dari luar organisasi adalah pihak-pihak, baik perorangan maupun organisasi yang dapat membantu perusahaan dalam mempersiapkan operasional perusahaan atau memproduksi barang atau jasa yang akan dijual kepada konsumen atau pelanggan. Suatu kolega akan memberiikan kontribusi bagi perusahaan meskipun hanya dalam jumlah sedikit.

2. Jenis Kolega

Kolega sendiri memiliki 2 jenis, yakni: 

1) Kolega Internal

Kolega internal dapat diartikan sebagai teman sejawat atau teman sepekerjaan. Kolega di sini memiliki arti sebagai seorang teman yang kita kenal dan memiliki pekerjaan yang sama dengan kita. Sederhananya, kolega internal adalah teman satu tempat kerja yang berpotensi menghasilkan kerja sama.

Contohnya, sobat merupakan seorang karyawan di sebuah perusahaan farmasi. Maka teman sobat yang bekerja di perusahaan farmasi tersebut adalah seorang kolega internal. Maksud kata “internal” sendiri adalah sobat dan kolega berada di satu perusahaan yang sama

2) Kolega External

Kolega eksternal dapat didefinisikan sebagai seseorang yang merupakan teman sejawat yang berprofesi sama, tetapi dia bekerja di bagian luar perusahaan atau tempat kerja. Praktek kolega eksternal ini biasanya muncul bagi seseorang yang sering melakukan hubungan dengan luar perusahaan, seperti divisi humas.

Contohnya, sobat adalah seorang karyawan marketing di sebuah bangunan dimana sobat sebenarnya adalah karyawan dari perusahaan tingkat internasional.

Teman sobat yang bekerja sebagai karyawan marketing, tetapi bekerja di perusahaan yang lain dapat dikatakan sebagai seorang kolega eksternal. Kata “eksternal” sendiri maksudnya adalah teman sejawat yang berasal dari luar perusahaan atau tempat kerja sobat.

3. Perbedaan Kolega dengan Pelanggan

Lalu apa sih yang membedakan Kolega dan Pelangan? Pelanggan adalah setiap orang atau organisasi yang membeli atau menggunakan suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan secara kontinu atau terus-menerus. Sama seperti kolega, pelanggan dapat berasal dari internal dan eksternal perusahaan.

Pelanggan internal adalah karyawan-karyawan dari unit kerja yang lain dalam suatu perusahaan yang membutuhkan produk yang dihasilkan oleh unit kerja tertentu dalam perusahaan tersebut.

Pelanggan eksternal adalah organisasi dari luar perusahaan yang membeli atau menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Sebagai seorang karyawan, ia harus dapat memberikan layanan yang professional kepada pelanggan.

Layanan yang professional dapat diberikan jika karyawan mengenal dengan baik pelanggan yang dihadapi. Pada umumnya, pelanggan laki-laki tidak sabar dalam memilih produk yang diinginkan dan mudah terpengaruh rayuan petugas layanan apalagi disertai dengan argumentasi yang logis dan objektif.

Namun, biasanya pelanggan perempuan biasanya bertele-tele dalam memilih produk yang diinginkan; lebih mengutamakan tampilan fisik dibandingkan manfaatnya, bersifat romantis, tidak mudah terpengaruh rayuan, dan penjelasan petugas pelayanan, serta mudah meminta pandangan dan pendapat orang lain.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk dapat memberikan pelayanan yang tepat dan professional kepada pelanggan:

  • kemampuan untuk mengidentifikasi produk;
  • kemampuan untuk mengenali tipe-tipe pelanggan;
  • kemampuan untuk memperlakukan pelanggan dengan tepat;
  • kesabaran dalam keluhan; dan
  • kemampuan untuk memberiikan solusi.

Tak lupa, keberadaan pelanggan juga sangat krusial bagi perusahaan. Berikut ini beberapa arti penting pelanggan bagi perusahaan:

  • pelanggan tidak tergantung kepada perusahaan, tetapi perusahaan malah sebaliknya;
  • pelanggan adalah sarana promosi yang efektif jika mereka mendapatkan kepuasan atas layanan yang diberikan perusahaan;
  • pelanggan adalah penilai yang efektif bagi kualitas kinerja dan produk perusahaan; dan
  • pelanggan adalah pihak yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Demikian informasi seputar kolega. Nah, minvo mau berbagi info nih, untuk Sobat Vocasia yang ingin belajar cara mengatasi permasalahan di dunia kerja yang bisa menjadi potensi risiko menghambat karir sobat ke depannya.

Yuk mari ikut Kursus Rahasia Atasi 1001 Drama Kantor! Dengan mengikuti kursus ini, sobat akan mampu bekerja sama dengan lingkungan kerja, rekan kerja dan atasan. Kemampuan untuk mengatasi berbagai persoalan, menyelesaikan masalah, mengatasi masalah diri sendiri, dan menjaga hubungan dengan orang lain. Ini akan membantu dalam berbagai problematika dunia kantor sehingga dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas pekerjaan selain dapat memenangkan berbagai drama kantor.

Kalau sobat apply kursus di Vocasia, sobat akan dipertemukan dengan para pengajar hebat, lho. Klik tombol di bawah ini untuk mengikuti kursusnya!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *