Tanggal:10 May 2024

Startup Edutech Indonesia, Kamu Wajib Tahu!

Era teknologi telah membawa perubahan yang signifikan di berbagai bidang. Tidak hanya di bidang ekonomi, tetapi juga di bidang pendidikan. Digitalisasi dalam dunia pendidikan nasional tercermin dari pertumbuhannya yang terus meningkat seperti Startup Edutech Indonesia.

Lalu, seperti apa itu Startup Edutech Indonesia, jenis dan contohnya? Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Startup Edutech Indonesia?

Edutech adalah kombinasi dari dua kata bahasa Inggris, education dan technology. Dengan kata lain, edutech dapat dipahami sebagai metode pembelajaran berbasis teknologi. 

Cara kerjanya sama dengan lembaga pendidikan lain pada umumnya, yaitu memiliki mentor atau pembimbing yang akan memberikan materi atau pembelajaran kepada pengguna atau siswa.

Dengan demikian, startup edutech adalah startup yang berkomitmen pada pendidikan dengan menyediakan metode pembelajaran berbasis teknologi. Saat ini sudah banyak startup teknologi pendidikan di Indonesia, apalagi pembelajaran biasanya dilakukan di rumah. 

Kamu wajib tahu! Bahwa ada platform di Vocasia.id yang juga menyediakan kursus online terintegrasi yang merevolusi cara pendidikan berbasis kompetensi dan keterampilan.

Vocasia.id adalah marketplace pendidikan online dan platform manajemen pembelajaran untuk berbagi keahlian dan informasi terstruktur. Vocasia dapat digunakan secara luas baik untuk individu maupun komunitas dengan harga pelatihan yang terjangkau. 

Jenis-Jenis dan Contoh Layanan Edutech

Mungkin sebagian dari kalian menganggap bahwa sistem atau metode layanan Startup Indonesia Edutech hanya satu jenis. 

Sebenarnya, ada banyak jenis layanan dalam beberapa jenis. Jenis Layanan Edutech ini seperti e-learning, sistem manajemen pembelajaran, perangkat lunak sebagai layanan untuk kursus online terbuka besar-besaran. Ketahui juga contohnya dan lihat penjelasan di bawah ini! 

1) Platform E-learning

Platform pembelajaran online adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mempelajari dan mengakses materi pembelajaran di mana saja dan kapan saja melalui internet.

2) Aplikasi Pembelajaran Seluler

Aplikasi pembelajaran seluler adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk belajar melalui perangkat seluler seperti smartphone atau tablet.

3) Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS)

Lalu ada sistem manajemen pembelajaran ‘LMS’. tidak hanya menyediakan pembelajaran online, tetapi juga membantu siswa dan pengguna untuk merencanakan studi mereka. Bahkan, sistem atau tipe seperti ini sering digunakan oleh lembaga pendidikan seperti sekolah yang telah menerapkan manajemen pembelajaran digital. 

4) Kursus Daring Terbuka Masif (MOOC)

MOOC adalah metode pendidikan jarak jauh berskala besar yang gratis dan dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja.

Teknologi pendidikan semacam ini nantinya akan menawarkan program studi tingkat universitas yang berbeda untuk mendapatkan sertifikat dari berbagai universitas terkenal di Indonesia. Saat ini sudah banyak startup teknologi pendidikan seperti Udacity, Coursera, edx, Duolingo, dan Khan Academy. 

Adapun contoh dari layanan edutech Indonesia, diantaranya:

5) Ruang Guru

Ruangguru adalah startup teknologi pendidikan terkemuka di Indonesia yang menyediakan platform belajar mandiri secara online.

Startup yang didirikan pada tahun 2014 ini menawarkan berbagai macam produk, seperti ruang kelas dengan video dan latihan pendidikan. Kelas Online menawarkan konseling online dengan berbagai tutor dan kelas privat dengan tutor.

Platform teknologi pendidikan dengan sistem berlangganan ini juga menawarkan Brain Academy dan Skills Academy untuk mengembangkan soft skill dan teknik. 

6) Vocasia

Vocasia adalah Situs kursus online yang tersertifikasi terbaik untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan di berbagai bidang bagi pelajar, profesional maupun masyarakat umum.  

Vocasia menyediakan kursus online terintegrasi yang bisa  membantu memudahkan pendidikan berbasis keahlian. 

Nah, Sobat! Jadi, platform apa yang ingin dipelajari untuk menambah pengetahuan dan kemampuan Anda? Jangan lupa kunjungi laman Vocasia untuk mengetahui kursus-kursus yang disediakan oleh platform Vocasia. Semoga bermanfaat!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *