Tanggal:30 April 2024

Macam Model Mobil Toyota, Mana Pilihanmu?

Toyota merupakan merek otomotif yang sudah tidak asing lagi didengar. Banyaknya model dan pengguna dari Toyota di Indonesia membuat merk mobil ini banyak diminati. Harga dan model dari mobil Toyota juga bervariasi sesuai dengan spesifikasinya. Mobil Toyota terbagi menjadi beberapa pilihan yaitu SUV, Sedan, Hatchback, MPV, Commercial, Sport hingga Hybrid. Untuk penjelasan lebih lanjut, cek di bawah!

Mobil Toyota SUV

SUV (Sport Utility Vehicle) adalah mobil yang dibuat dengan tujuan bisa memuat banyak penumpang dan dapat melakukan aktivitas offroad. Dengan tujuan seperti itu, mobil SUV lebih cocok digunakan di daerah perkotaan. Secara keseluruhan mobil SUV Toyota rata-rata memiliki kapasitas mesin hingga 1500cc.

Toyota Rush

Rush dikenal sebagai mobil Toyota dengan desainnya yang kokoh, elegan dan gagah. Selain itu jenis mobil Toyota ini dianggap ekonomis. Dari sisi mesin mobil Rush cukup bertenaga karena dibekali dengan  mesin 1.4966 cc bertransmisi otomatis dan manual. Tenaga yang dihasilkan sebesar 104 Ps untuk 6000 Rpm dengan torsi 139 Nm. Untuk 1 liter mobil ini dapat menghabiskan 16,4 km. 

Toyota Fortuner

Mobil satu ini memiliki prestise di mata masyarakat sehingga sering dijadikan pilihan untuk digunakan. Selain karena hal tersebut, suku cadang dari Fortuner juga mudah didapatkan. Mobil ini dikatakan memiliki performa yang cukup kuat. 

Toyota Land Cruiser

Jenis mobil Toyota SUV ini memiliki tampilan super gagah dan mewah yang cocok  digunakan di berbagai medan. Toyota Land Cruiser ini berkapasitas 4.5 liter, memiliki tenaga maksimal 235 Hp/3200 rpm dan torsi 628 Nm/2200 rpm. Dimensi dari mobil ini berukuran  1950 x 1970 x 1945 mm yang membuat Toyota Land Cruiser terlihat lebih gagah. Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang, mobil ini diperlengkapi  dengan SRS Airbbag berjumlah 10 buah. 1 liter bensin mobil ini  dapat mencapai 7.9 l/100km. 

Mobil MPV Toyota

Mobil MPV Toyota hampir semuanya didesain sesuai dengan kebutuhan jumlah penumpang yang banyak. Tidak hanya dari segi ukuran kabin, keiritan mesin hingga performa mobil yang bertenaga juga menjadi keunggulan jenis mobil ini. 

Toyota Calya

Toyota Calya adalah salah satu mobil penumpang yang sudah mengalami beberapa penyegaran dari sisi eksterior, interior dan fitur-fiturnya. Dari segi interior, Toyota Calya mengusung konsep desain modern dan cukup sporty untuk digunakan keluarga. Dengan nuansa fresh dan modernnya, mobil ini memang ditujukan menjadi mobil keluarga masa kini.

Toyota Avanza

Mobil Avanza ini sangat banyak digunakan di Indonesia. Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang canggih seperti rem ABS dan juga fitur entertainment. Memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 45 liter, Toyota Avanza tergolong irit untuk pemakaian di daerah perkotaan.  Mobil ini dinilai menjadi MPV yang banyak digunakan masyarakat karena tergolong irit. 

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova adalah MPV berkapasitas 7 kursi yang cocok untuk mobil keluarga. Mobil ini memiliki performa yang kuat juga dapat diandalkan dalam wilayah perkotaan hingga pedesaan. 

Toyota Alphard

Mobil MPV yang tergolong mobil mewah ini sudah menjadi mobil pilihan bagi para keluarga-keluarga di kota besar. MPV premium ini sudah ada sejak 2008 lalu. Mobil ini berteknologi dual VVT-i dan memiliki kapasitas 2494 cc sehingga dipastikan cukup bertenaga. 

Mobil Hatchback Toyota

Hatchback adalah jenis mobil yang dipadukan antara SUV dan Sedan, jadi seringkali konsep mobil Hactchback disamakan dengan mobil Sedan. Mobil Hatchback, biasanya dididesain utnuk target pasar anak muda atau wanita.

Toyota Yaris

Jenis mobil Toyota yang satu ini menjadi mobil yang digandrungi oleh generasi muda. Mobil Yaris sendiri terdieri dari 7 pilihan warna mulai dari Citrus Mica Metalic, Silver Metalic, Gray Metalic, Red Mica Metalic, Orange Metalic, Super White dan Attitude Black Mica. Hal unggul dan menarik dari Yaris adalah desainnya yang terlihat sangat sporty. Tidak hanya itu, desain interior dari mobil Yaris sebagai mobil Hatchback ini sangat diprioritaskan untuk anak muda. 

Toyota Agya

Toyota Agya adalah salah satu mobil yang masuk kedalam kategori mobil Low Cost Green Car yang memiliki banyak peminat. Dikenal sebagai mobil hatchback yang juga populer di tengah anak muda karena desainnya yang simpel dan sporty

Mobil Sedan Toyota

Mobil sedan adalah salah satu mobil yang dinilai permium dan berkelas, dari segi harga sendiri tentunya cukup mahal. Biasanya fungsi dari mobil ini digunakan sebagai penunjang performance.

Toyota Vios

Mobil ini menjadi salah satu sedan pilihan dikarenakan untuk ukuran keiritan Vios terbilang cukup irit. Untuk 8.2 liter bensin dapat menempuh 100km. 

Dari banyaknya jenis mobil dan model dari Toyota, sudahkah ada mobil yang berhasil menarik perhatian? Pastikan mobil yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. 

Ditulis Oleh Khansa Anindya Qutratu’ain (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *