Tanggal:30 April 2024

Supra MK4, Mobil di Fast Furious, Ketahui Harga dan Spesifikasinya!

Toyota merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia. Lebih dari 8 juta unit mobil tiap tahunnya didistribusikan ke seluruh dunia oleh perusahaan asal Jepang ini. Begitu banyak jenis mobil yang dimiliki oleh Toyota.

Seperti Alphard yang sangat terkenal, atau Avanza yang banyak digunakan di Indonesia. Tidak hanya itu, ada juga mobil Toyota yang kehadirannya dikatakan paling ikonik. Tak lain, mobil itu adalah Supra MK4. Bagaimana spesifikasi dan harga dari mobil Supra MK4?

 Mobil yang digunakan mendiang Paul Walker dalam film Fast and Furious ini muncul pertama kali pada tahun 1978 dengan generasi pertamanya atau Supra MK1. Seiring waktu, Toyota terus melakukan pembaruan dengan mobil Supra supaya spesifikasi yang dimiliki mampu membuat nyaman dan memuaskan pengguna. 

Generasi pertama Toyota Supra sudah menggunakan mesin 6-silinder inline dengan kapasitas 2.800 cc. Mobil ini mampu menampilkan tenaga sebesar 116 dk @4800 Rpm dan torsi puncak 196 Nm @3600 Rpm.

Setelah melakukan beberapa perubahan terhadap tampilan, mesin, hingga fitur, akhirnya pada tahun 1993 Toyota Supra dengan kode bodi A80-pun hadir di pasar otomotif Jepang. Spesifikasi dari Toyota Supra MK4 sendiri dapat disimak di bawah!

Spesifikasi Toyota Supra MK4

Toyota Supra MK4 memiliki panjang 4.514 milimeter, lebar 1.811 milimeter, tinggi 1.275 milimeter, dan panjang wheelbase 2.550 milimeter. mobil ini hadir dalam versi targa dan coupe.

Toyota memberikan tiga pilihan jok yaitu recaro, full leather, dan fabric dengan interior hanya hitam untuk menambah kesan sporty pada interiornya. 

Generasi keempat dari Toyota Supra sudah dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang wishbones, coils, dan anti roll bars, steering rack dan pinion. Supra generasi keempat juga memiliki fitur modern pada masanya, yaitu traction control.

Toyota Supra MK4 didukung oleh 2 jenis mesin yaitu 2JZGE dan 2JZGTE. 2JZ adalah kode untuk Twin Cam (DOHC) 24 valves 6 silinder segaris. GE (Naturally aspirated / non Turbo) dan GTE (Twin Turbo). Jenis mesin 2JZGE memiliki output tenaga 225Hp@6000rpm, torsi 290Nm@4800rpm. Stasioner pada 650-700rpm. Kapasitas oli 5.2L. Kompresi rasio 1:10.0. Bore (86) x Stroke (86). Kapasitas mesin 2997cc. EFI. DOHC. 6Silinder segaris. 24 katup.

Sementara itu, untuk mesin 2JZGTE memiliki output tenaga 280Hp@5600rpm. Torsi 460Nm@3600rpm (VVT-i). Stasioner pada 600-700rpm. Kapasitas oli 5.0L. Kompresi rasio 1:8.5. Bore (86) x Stroke (86). Kapasitas mesin 2997cc. EFI. DOHC. 6Silinder segaris. 24 katup. Bahan Turbo CERAMIC.

Twin Turbo yang digunakan oleh mobil Supra ini menggunakan sistem sekuensial. Dalam sistem ini, exhaust sudah langsung diarahkan ke turbo pertama untuk mengurangi gejala Turbo Lag. Hasilnya, pada rpm 1800 torsi yang dihasilkan sudah tinggi yaitu 410Nm. Lalu saat rpm sudah mencapai 3500 sebagian gas buang diarahkan ke Turbo kedua sebagai langkah “pre-boost” walaupun pada momen ini Turbo kedua pun masih belum memberi tambahan tenaga.

Hingga saat rpm menyentuh 4000 Turbo kedua sudah full bekerja memberi tenaga tambahan. Dibandingkan dengan sistem kerja twin turbo pada umumnya yang secara paralel, sistem kerja ini menjadi lebih efektif, lebih responsif pada rpm bawah, dan mampu memberi tambahan tenaga lebih tinggi saat rpm tinggi.

Selain itu yang membuat rpm atas menjadi sangat bertenaga, Toyota Supra memasukkan teknologi Acoustic Control Induction System (ACIS) yaitu teknologi yang mengatur arah aliran udara saat dalam pipa intake untuk meningkatkan tenaga.

Untuk mesin 2JZGTE memiliki diameter katup intake 33.5mm, pengangkatan katup intake 7.8mm, diameter katup exhaust 29.0mm, pengangkatan katup exhaust 8.4mm, intake mulai membuka pada derajat BTDC (Before Top Dead Center) hingga 41 derajat ABDC (After Bottom Dead Center), dan exhaust mulai membuka pada 52 derajat BBDC (Before Bottom Dead Center) hingga 4 derajat ATDC (After Top Dead Center).

Untuk mesin 2JZGE memiliki diameter katup intake 33.5mm, pengangkatan katup intake 8.3mm, diameter katup exhaust 29.0mm, pengangkatan katup exhaust 8.4mm, intake mulai membuka pada derajat BTDC (Before Top Dead Center) hingga 52 derajat ABDC (After Bottom Dead Center), dan exhaust mulai membuka pada 52 derajat BBDC (Before Bottom Dead Center) hingga 4 derajat ATDC (After Top Dead Center).

Keunggulan Toyota Supra MK4

Selain mesin yang sangar dan gahar, bentuk mobil ini bisa dibilang paling perfect! Hampir semua orang dapat menerima desainnya. Body yang dimunculkan dibuat memiliki lengkungan halus yang membuat lebih aerodinamis. Lampu belakangnya terdiri dari 8 buah lampu (4 di kanan, dan 4 di kiri). 

Lampu ini membuat Supra jadi terlihat lebih garang, sporty, dan ikonik. Terlebih pada bagian depan, setiap lampu depannya terdiri dari 3 bagian. Sehingga jika ditotal jumlah lampunya mencapai 6 bulatan.

Selain itu, kabin Toyota Supra MK4 memiliki desain yang  mirip pesawat. Lubang AC dibuat seperti baling-baling dan tombol-tombol dibuat berbentuk bulat. Instrument clusternya pun juga seakan terlihat seperti mobil sport yang punya performa kencang.

Harga Toyota Supra MK4

Dengan spesifikasi yang sangat canggih, dikutip dari auto2000.co.id Toyota Supra dapat dibeli dengan harga mulai Rp2.188.400.000. Bagaimana? Setelah mengetahui harga dan spesifikasinya, apakah anda tertarik dengan mobil ini? Dengan spesifikasi dan tampilannya yang begitu indah, harga yang ditawarkan sangat sepadan dengan apa yang akan didapat. 

Ditulis Oleh Khansa Anindya Qutratu’ain (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *