Tanggal:26 February 2024
manfaat digital marketing

Manfaat Digital Marketing Untuk Perkembangan Bisnis

Digital marketing merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh oleh perusahaan  untuk memasarkan bisnis yang sedang dijalankan.

Kegiatan pemasaran dianggap penting dalam perusahaan karena pemasaran menentukan keberlangsungan suatu bisnis. Tanpa adanya digital marketing untuk bisnis yang sedang dijalankan, tentu akan sangat sulit untuk berkembang.

Di era sekarang ini, kegiatan pemasaran digital ini menjadi suatu strategi baru yang sangat bermanfaat dan penting dalam memasarkan bisnis, khususnya ialah bisnis jual beli online (online shop).

Digital marketing dinilai dapat membangun, meningkatkan, dan mempertahankan reputasi bisnis secara online, pada semua platform digital.

Karena akses ke Internet saat ini lebih mudah, jumlah pengguna Internet meningkat setiap hari. Orang-orang lebih sering menghabiskan waktu di internet. Kegiatan berbelanja juga saat ini lebih banyak dilakukan secara online, ini berarti kegiatan pemasaran tentu saja perlu memanfaatkan teknologi dan internet yang jauh lebih menguntungkan.

Pada faktanya, hampir semua orang di dunia, khususnya di Indonesia, lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget, teknologi terkini, yang semuanya terhubung ke internet.

Oleh karena itu, untuk menerapkan pemasaran digital, semua bentuk pemasaran bertujuan untuk menggunakan media sosial, situs web, platform e-commerce, aplikasi, dan sebagainya.

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis Kamu!

1. Menghubungkan Anda dengan Konsumen di Internet

Saat ini konsumen sudah tidak lagi mencari informasi mengenai suatu produk barang atau jasa melalui iklan di banner, poster, billboard, dan iklan-iklan tradisional lainnya. Saat ini, Setidaknya 80% konsumen saat ini menggunakan Internet untuk mengetahui produk atau layanan dengan lebih mudah dan nyaman.

Dengan banyaknya alat dan saluran yang tersedia untuk memanfaatkan pemasaran digital, pengusaha dapat menjangkau pelanggan target mereka yang menghabiskan waktu rata-rata untuk mencari informasi di internet. (Rachmadi, Tri 2020).

2. Mengaktifkan Layanan Pelanggan Real-Time

Digital marketing memberikan salah satu mekanisme respon konsumen atau pelanggan secara real-time. Tentu saja, menurut laporan eMarketer, hal ini berdampak besar pada kesuksesan suatu bisnis.

Keuntungan dari chanel pelayanan yang disediakan oleh digital marketing diantaranya seperti menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan layanan terhadap konsumen.

3. Pasar yang lebih luas dan sesuai target

Dengan memanfaatkan digital marketing, tentunya dapat menjangkau target pasar yang lebih luas karena tidak terikat dengan lokasi geografis.

Kemudian, dengan cakupan pasar yang lebih luas, perusahaan yang sedang di jalankan atau di kelola dapat dikenal tidak hanya di daerah sendiri, tetapi juga di daerah lain.

Lebih daripada itu, digital marketing juga dapat menargetkan sasaran customer seperti apa yang ingin di targetkan sebagai target promosi, baik dari profesi, usia, lokasi, hobi, dan sebagainya. Agar target promosi bisa tercapai sesuai keinginan,

Tentunya kita perlu membuat konten promosi yang menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan calon pelanggan yang sudah tertarget. Karena setiap pelanggan itu unik. Sudah pasti memiliki ketertarikan terhadap produk atau jasa yang pasti berbeda.

Misalnya, membidik pasar milenial jelas membutuhkan pendekatan, sumber daya, jenis konten, dan media yang berbeda.

4. Biaya promosi yang lebih hemat

Keunggulan digital marketing yang diminati para pengusaha adalah dapat dilaksanakan dengan murah dan sangat ekonomis, yaitu menghemat biaya promosi.

Oleh karena itu, dengan menggunakan digital marketing untuk bisnis yang sedang dijalankan, tak cuman bisa menolong pemilik bisnis dalam menghasilkan konsumen. Namun juga dapat menghemat anggaran iklan yang telah dikeluarkan.

5. Dapat bersaing dengan perusahaan besar

Sebelum perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat seperti saat ini, sangat sulit bagi banyak usaha kecil atau start-up untuk bersaing di dunia usaha bisnis. Tetapi, tidak untuk di era sekarang ini.

Banyak brand dan bisnis saat ini saling bersaing dengan campaign  mereka. Para pebisnis menggunakan bermacam-macam chanel seperti display, PPC, dan penggunaan media sosial.

Dengan pemanfaatan digital marketing, tak hanya membuat posisi pebisnis kecil atau pemula sejajar dengan pesaing, namun juga sangat memungkinkan  untuk bersaing head to head dengan brand atau bisnis yang sudah besar.

Dengan menjalankan strategi yang efektif dan tepat sasaran dengan menerapkan berbagai platform/media yang ada.

Setelah mengetahui manfaat digital marketing, kamu ingin segera mempraktikannya? Sabar, sebelumnya yuk ikuti kursusnya dulu.

Kalau kamu ingin belajar lebih jauh mengenai digital marketing,  jangan ragu untuk ikut kursus “Digital Marketing Untuk Pemula” di Vocasia!

Karena di kursus ini kamu akan akan belajar mempraktikkan digital marketing. melalui media sosial Facebook, Instagram, iklan dengan Facebook dan Instagram, pemasaran melalui Google My Business, pemasaran web dengan WordPress, riset kata kunci, optimasi web pada mesin pencari atau SEO.

Klik link dibawah ini, dan ikuti kursusnya sekarang juga!

https://bit.ly/3NpsceL

Penulis : Ilham Mahdika Saputra – Kelompok B

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *