Tanggal:20 June 2024

Fitur Adobe Illustrator Yang Wajib Diketahui Bagi Pemula

Illustrator for iPad review | Creative Bloq

Image Source: Creative Bloq

Adobe Illustrator merupakan program perangkat lunak yang biasa digunakan oleh editor grafis berbasis vektor. Hingga hari ini.

Adobe Illustrator terus menjadi pilihan utama desainer grafis untuk mendesain logo, karakter, desain web, dan lainnya.

Adobe Illustrator memiliki berbagai fitur yang dapat membantu kamu untuk membuat gambar yang indah dan menarik. Tak hanya itu, fitur-fitur yang ada di Illustrator ini membantu editor untuk lebih produktif dan efisien dalam pekerjaannya.

Sangat penting bagi editor/pengguna untuk mengetahui nama fitur-fitur yang ada di Illustrator dan cara menggunakan fitur-fitur tersebut.

Nah, bagi kamu yang masih awam atau pemula dalam menggunakan Illustrator. Tenang saja, pada artikel ini penulis akan membahas 5 fitur dasar Ilustrator yang harus diketahui bagi pemula.

Berikut 5 fitur dasar pada Adobe Illustrator:

1. Toolbox (Panel Tools)

Toolbox adalah peran menu yang paling banyak digunakan di Adobe Illustrator karena memiliki berbagai fungsi menu untuk membuat objek berbeda dalam dokumen Illustrator.

Fitur ini terdapat di sisi kiri dan berisi lebih dari 50 ikon tools di dalamnya. Beberapa diantaranya seperti Pen Tool (P), Type Tool (T), Scale Tool (S), dan masih banyak lagi fitur yang terdapat di Toolbox.

2. Transparency Palette

Transparency Palette merupakan sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk dapat menyesuaikan opasitas objek yang dibuat. Fitur terbaru dari Adobe Illustrator ini, telah ditingkatkan lebih lanjut dengan menyediakan penggeser objek atau lapisan.

Palet ini juga menampilkan kontrol topeng opasitas baru yang menutupi objek di bawahnya menggunakan nilai cahaya dari warna isian objek. Contohnya, warna gelap tampak lebih buram daripada warna terang. Pada dasarnya, topeng opasitas ini meningkatkan kompleksitas efek transparansi dan opasitas.

3. Multiple Artboards

Fitur Multiple Artboards berguna untuk membuat banyak halaman dalam satu file. Kamu dapat dengan mudah menambah atau menghapus artboards dengan mengklik ikon di panel layer.

Fitur ini sangat berguna ketika kamu ingin membuat design template yang sama dalam ukuran berbeda atau beberapa desain dalam satu file.

4. Clipping Mask

Clipping Mask adalah fitur yang berguna untuk memindahkan ataupun memisahkan suatu gambar/pola dan warna dari satu objek ke objek lainnya.

Cara kerja dari fitur Adobe Illustrator ini adalah dengan menyalin warna atau gambar/pola dari satu objek. Setelah itu, seret/drag dan tempatkan pada objek lain yang ingin kamu tentukan.

Clipping Mask sangat berguna saat membuat jika kamu ingin membuat gambar yang kompleks dengan lapisan berbeda atau memperbaiki gambar yang rusak.

5. Live Trace

Fitur terakhir pada artikel kali ini adalah Live Trace, fitur ini merupakan salah satu fitur Illustrator yang sangat efisien dan berguna bagi para Editor.

Sebelum fitur ini direlease, desainer grafis atau ilustrator harus memindai dokumen untuk mengubahnya menjadi format digital. Setelah itu, mereka harus menggambar ulang dengan pen tool.

Namun, setelah fitur Live Trace direlease oleh Illustrator. Kamu dapat mengonversi gambar dan format foto menjadi vektor. Jika bentuknya sudah berubah, kamu hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Setelah mengetahui fitur-fitur Illustrator yang sudah dijelaskan diatas, tentunya kamu ingin langsung mencobanya bukan? Tapi buat kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Adobe Illustrator dan fitur-fiturnya, kamu bisa untuk mengikuti kursusnya lho.

Di kursus “Kelas Auto Jago Desain Grafis” kamu akan diajak untuk mempelajari seluruh tools dari 3 aplikasi editing termasuk Adobe Illustrator. Setelah mengetahui toolsnya kamu akan langsung mempraktikannya.

Tunggu apalagi?  Daftarkan dirimu sekarang juga dan ikuti kursusnya! Klik link di bawah ini untuk info lebih lanjut yaa..

https://bit.ly/3N4beAX

Penulis : Ilham Mahdika Saputra – Kelompok B

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

autocad
adobe illustrator

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *