Tanggal:21 February 2024

Saat tiba-tiba merasa kesulitan untuk berpikir, mungkin saja itu pertanda kamu terkena mental block. Kondisi tersebut tentunya akan mengganggu aktivitas dan produktivitas kamu apabila tidak segera diatasi.

Lantas, sebenarnya apa itu mental block? Dalam artikel berikut ini akan dibahas tentang mental block secara detail. Selamat membaca hingga akhir!

Pengertian Mental Block

Pengertian Mental Block (freepik)

Mental block adalah kondisi ketika seseorang tidak bisa mengendalikan otak yang sedang melakukan penolakan pada pikiran atau ingatan tertentu. Layaknya sebuah mesin, otak dapat mengalami gangguan fungsi sementara. Hal itu membuat otak bekerja lebih lambat daripada biasanya. Ketika mental block terjadi, kamu tidak mampu untuk berpikir dengan baik.

Definisi lain mental block adalah suatu hambatan psikologis yang mampu mencegah seseorang melakukan hal tertentu. Mental block akan membuat seseorang kesulitan untuk berkonsentrasi dan mengendalikan pikirannya. Kondisi ini dapat dialami oleh setiap orang.

Baca juga | Quarter Life Crisis: Arti, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis Mental Block

Ternyata mental block terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut jenis-jenis dari mental block yang perlu kamu ketahui:

  • Self doubt : Keadaan ketika seseorang merasa ragu pada kemampuan yang ada dalam dirinya sendiri.
  • Comparison : Kondisi saat seseorang yang cenderung membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain.
  • Tunnel Vision : Seseorang yang selalu mengurung diri dan menghindar dari kenyataan.
  • Indecision : Keadaan seseorang yang merasa was-was ketika ingin membuat keputusan.
  • Uncertainly : Kondisi seseorang yang merasa kesulitan untuk menemukan solusi atau cara saat diminta membuat keputusan.
  • Fixed mindset : Seseorang dengan pemikiran kaku dan merasa sulit untuk keluar dari zona nyaman.
  • No limits : Keadaan seseorang yang merasa dirinya serba bisa dan multitasking.

Penyebab Mental Block

Mental block terjadi tentu karena ada penyebabnya. Adapun penyebab terjadinya mental block adalah sebagai berikut:

1. Istirahat yang kurang

Kurangnya waktu untuk istirahat membuat tubuhmu terasa letih. Hal itu ternyata dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya mental block.

2. Suka menunda sesuatu

Kebiasaan selalu menunda sesuatu akan menimbulkan perasaan cemas. Kamu harus membuang kebiasaan tersebut dan mulailah untuk menyelesaikan segalanya secara tepat waktu. Dengan begitu, potensi terkena mental block pun semakin minim.

3. Perfeksionisme 

Perfeksionis adalah sikap seseorang yang selalu terobsesi dengan kesempurnaan. Sikap perfeksionis akan membuat kamu menjadi lebih lambat dalam menyelesaikan sesuatu. Sebab, kamu tidak ingin suatu hal tersebut melenceng dari ekspektasimu.

4. Imposter syndrome

Sindrom imposter adalah suatu sindrom yang menyebabkan penderitanya menganggap dirinya tidak berkompeten.

5. Pesimisme 

Pesimis adalah sikap tidak percaya terhadap diri sendiri. Tentunya hal tersebut akan menghambat produktivitas kamu. Untuk itu, kamu harus berusaha meningkatkan kepercayaan diri dan hentikan sikap pesimis dalam diri.

Baca juga | 20 Ciri Mental Breakdown, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gejala Mental Block

Gejala Mental Block (freepik)

Berikut ini beberapa gejala yang dialami jika kamu terkena mental block:

1. Sensitif dan mudah tersinggung

Ketika kamu mengalami mental block, rasa frustasi pasti akan menghampiri. Bagaimana tidak? Hal yang biasanya mudah kamu lakukan, saat mengalami mental block menjadi terasa begitu sulit untuk dilakukan. Dampaknya adalah perasaanmu menjadi lebih sensitif terhadap sekitar dan mudah tersinggung.

2. Merasa tertekan

Kamu akan merasa tertekan saat mengalami mental block meskipun sebenarnya tidak ada yang memberimu tekanan. Perasaan ini bisa jadi berujung pada stres dan depresi jika tidak segera ditangani.

3. Tidak berenergi

Mental block akan membuatmu tidak berenergi. Tubuh menjadi tidak termotivasi untuk beraktivitas dan melakukan apa pun. Tentunya hal tersebut akan mengacaukan segalanya jika terjadi pada hari-hari penting.

4. Penurunan gairah seksual

Perasaan dan energi dalam diri akan berpengaruh pada gairah seksual seseorang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seseorang yang terkena mental block kehilangan energi dalam dirinya. Itulah sebabnya, mental block juga akan mengakibatkan seseorang mengalami gangguan berupa penurunan gairah seksual.

Baca juga | Kenali Burnout beserta Gejala dan Cara Mengatasinya!

Cara Mengatasinya

Jika merasakan gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi mental block.

  • Kenali berbagai tanda gangguan psikologis dengan baik.
  • Ubah cara berpikir dan mulailah melihat sesuatu dari berbagai perspektif.
  • Belajar kendalikan diri ketika dihadapkan dengan banyak masalah.
  • Berdamai dengan masa lalu dan fokus dengan masa kini.
  • Jangan memendam emosi dan perasaan. Cobalah untuk bercerita atau menuangkan keluh kesahmu pada orang yang kamu percaya.
  • Terapkan gaya hidup sehat.

Baca juga | 7 Jenis Penyakit Mental Yang Wajib Kamu Ketahui!

Itulah pembahasan lengkap mengenai mental block. Semoga setelah membacanya, kamu jadi tahu apa itu mental block, ya. Kenali gejala-gejala dari mental block. Jika kamu merasakannya, segera terapkan cara yang sudah dijelaskan di atas. Jangan lupa jaga kesehatan!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *