Tanggal:17 May 2024

Mengenal Apa itu Base Twitter, Cara Kerja dan Fungsinya!

Kata siapa Twitter itu media sosial yang jadul dan ketinggalan zaman? Kini Twitter kembali naik daun setelah eksistensinya sempat tergeser oleh Instagram beberapa waktu yang lalu, lho.

Mungkin dahulu Twitter belum begitu ramai lantaran penggunanya yang cenderung pasif dalam menanggapi isu terkini. Mereka umumnya hanya me-retweet beragam quotes harian dari @viccent22 maupun dari @radityadika yang menyisipkan sedikit jenaka di tweet-nya. Sebenarnya, masih banyak lagi aktivitas lainnya. Namun, kita tak akan membahasnya satu-persatu di sini.

Seiring merebaknya jagat media sosial, Twitter tak mau kalah saing dengan kompetitornya. Mereka merancang beragam fitur baru untuk memuaskan penggunanya agar senantiasa royal dengan platform-nya. Nah, fitur-fitur tersebut bisa dimanfaatkan menjadi sebuah akun base Twitter, lho.

Ya, bagi kamu orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘akun base’ tiap kali menjelajahi Twitter, bukan? Maka dari itu, artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai apa itu base Twitter, bagaimana cara kerjanya, serta apa saja fungsinya. Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Apa itu base Twitter?

Base Twitter adalah sebuah akun tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki minat, hobi, dan interest yang sama untuk kemudian memberikan informasi atau mengirim pesan. Nah, ‘pesan’ yang dikirimkan tersebut memiliki julukan unik yaitu ‘menfess’. Bagi kamu yang sudah terbiasa berselancar di dunia Twitter, pasti sudah familiar dengan julukan tersebut ‘kan? Ya, menfess merupakan singkatan dari mention confess yang memiliki makna kurang lebih “surat kaleng” atau “pesan anonim”.

Sejarahnya, menfess awalnya dikenal dari lingkup role player. Role player atau RP ini merupakan kegiatan seseorang memainkan peran menjadi suatu tokoh lain, biasanya tokoh idola. Nah, dari kegiatan role player inilah istilah menfess mulai dikenal. Dalam menfess, satu akun mengirim pernyataan melalui akun confess terhadap seseorang. Istilah tersebut selaras dengan penggunaan base twitter. Orang bisa mengirimkan pesan atau menfess secara anonim ke akun base melalui fitur DM.

Base Twitter biasanya memiliki jumlah pengikut yang banyak yang memiliki beberapa dampak. Dampak baiknya, orang lain tidak akan tahu siapa si pengirim menfess (sender). Sehingga setiap orang bisa bebas berekspresi dan menjaga anonimitasnya. Namun hal ini bisa menjadi keburukan, karena biasanya dengan anonimitas, orang bebas memberikan menfess yang bahkan kadang menyinggung banyak pihak.

Baca juga: Mengenal Apa itu Twitter Ads?

Cara kerja base Twitter

Cara kerja base Twitter cukup mudah. Berikut panduan singkatnya:

  • Pertama kamu hanya perlu mengirim pesan (menfess) melalui DM ke akun base yang akan kamu tuju. Biasanya, orang-orang yang mendapatkan akses untuk mengirim menfess adalah orang-orang yang diikuti balik (di-followback) oleh akun base. Jadi, buat kamu yang ingin mendapatkan akses ini, tunggu saja sesi open follback di akun tersebut, ya.
  • Kedua, sisipkan kode triggered tiap kali kamu mengirim menfess. Setiap akun memiliki kode triggered yang berbeda. Misalnya, saat kamu ingin mengirim menfess ke @literarymenfess, kamu perlu menyisipkan kode triggered-nya yaitu /lt.

base twitter

  • Terakhir, tunggu sampai menfess kamu berhasil terposting secara anonim di akun base.

Awalnya, sebuah akun base mengirim menfess followers-nya secara manual. Orang mengirim menfess di jam yang sudah ditentukan admin, lalu admin menerima pesan dan mempostingnya. Dengan cara ini, keuntungannya admin bisa memilah mana menfess yang layak diposting dan mana yang bakal menimbulkan kegaduhan sehingga tidak perlu diposting. Setiap akun memiliki aturan yang berbeda. Namun, akun manual base ini memiliki kelemahan dari segi pengelolaan waktu dan tenaga. Followers harus menunggu admin membuka sesi menfess yang berarti tidak open 24 jam penuh. Kemudian admin juga harus sabar mengecek semua menfess yang masuk dan mempostingnya.

Namun, kini mulai muncul pihak-pihak penyedia bot untuk otomatisasi terkait pengiriman menfess ini. Salah satu kegunaan bot yakni melakukan cuitan otomatis, bisa juga mengunggah cuitan dari pesan di DM. Dari sinilah muncul akun auto-base atau auto-menfess.

Bot yang pertama kali digunakan oleh akun-akun auto-base adalah IFTTT (If This Then That). Cara pengoperasiannya cukup mudah dan gratis. Selain itu, penyedia bot untuk auto-menfess lainnya adalah biol.be yang memiliki cara kerja hampir sama, akan tetapi berbayar.

Fungsi akun menfess Twitter

Menjamurnya eksistensi akun base di Twitter adalah salah satu alasan Twitter kembali ramai saat ini, lho. Lalu, apa saja fungsi dari akun base? Berikut daftarnya:

  • Sebagai wadah berkumpulnya orang yang memiliki hobi, minat, dan interest yang sama.
  • Selain berkumpul, kamu dapat membagikan ide atau gagasan dengan mudah karena submisi terkirim melalui akun ber-follower banyak (base) dan tentunya secara anonim. Sehingga, kamu bisa mendapatkan jawaban dengan banyak sudut pandang.
  • Akun base juga bisa menjadi sarana untuk mencari informasi yang lebih spesifik dan relatable dengan kehidupan sehari-hari.
  • Fungsi base Twitter yang terakhir adalah sebagai ajang penambah relasi. Contohnya, saat kamu mengirimkan pertanyaan lewat akun menfess. Tentu akan banyak netizen yang menjawab. Kamu bisa mendapatkan relasi baru dari sana alias bisa menjadi teman, baik secara daring maupun dalam kehidupan nyata.

Baca juga: 8 Cara Memanfaatkan Twitter untuk Mengembangkan Karir

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *