Tanggal:17 May 2024
metaverse adalah

Mengenal Metaverse dan Cara Kerjanya

Metaverse adalah salah satu topik yang sedang ramai diperbicangkan akhir-akhir ini. Bagaimana tidak? Dunia virtual ini digadang-gadang akan bertumbuh dengan sangat pesat di masa depan. Bahkan salah satu media sosial raksasa, yaitu Facebook, telah memutuskan untuk mengubah nama Facebook menjadi Meta.

Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook, ingin menciptakan dunia virtual yang menggabungkan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality melalui Metaverse.

metaverse adalah

source: freepik

AR atau augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda tersebut secara realitas dalam waktu nyata. Sedangkan virtual reality (VR) adalah teknologi yang mampu menciptakan simulasi. Simulasi ini bisa mirip seperti dunia nyata, seperti suasana saat pengguna berjalan-jalan di sebuah tempat.

Lantas sebenarnya metaverse itu apa? Dan bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasan mengenai Metaverse dalam artikel berikut ini.

Pengertian metaverse

Metaverse adalah dunia virtual yang memungkinkan antar pengguna bisa saling terhubung, dapat berkomunikasi, dan beraktivitas layaknya di dunia nyata. Istilah metaverse pada dasarnya belum ada yang mendefinisikan secara pasti sampai saat ini.

metaverse adalah

source: freepik

Sederhananya, metaverse adalah sebuah konsep dunia virtual yang dapat dimiliki dan diisi dengan berbagai benda dan kegiatan selayaknya dunia nyata. Seperti yang sudah disinggung di atas, konsep ini adalah kombinasi dari beberapa elemen teknologi, termasuk virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Jadi, alih-alih hanya melihat layar, kamu yang menggunakan metaverse dapat merasakan kehidupan di Meta secara nyata dan real-time.

Dilansir dari situs resmi Meta, metaverse dapat membantu orang terhubung, menemukan komunitas, dan bahkan mengembangkan bisnis secara virtual. Metaverse memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan secara virtual bersama pengguna lain.

Baca juga: Mengenal AI Engineer dan Kemampuan yang Harus Dikuasai

Bagaimana cara kerja metaverse?

Seperti penjelasan di atas, metaverse adalah sebuah kegiatan dunia internet yang dihadirkan dalam sebuah platform virtual. Pengguna pun dapat melakukan beragam aktivitas pada platform tersebut, mulai dari investasi hingga melaksanakan pekerjaan secara remote layaknya di dunia nyata.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan supaya kamu bisa terjun ke dalam dunia metaverse. Pertama, metaverse tidak akan pernah bisa lepas dari internet sebagai akses utamanya. Hal tersebut didukung oleh perkembangan teknologi yang saat ini semakin canggih.

Selain itu, proses kerja dalam metaverse perlu didukung oleh berbagai perangkat modern yang mumpuni, seperti headphone dan kacamata AR atau VR. Eksistensi dua perangkat ini merupakan sebuah hal yang harus dimiliki jika kamu ingin terjun di dunia metaverse yang sudah serba virtual serta menggunakan sistem AR dan 3D.

metaverse adalah

source: pexels

Seperti yang sudah disinggung bahwa dalam perkembangan metaverse itu sendiri, aneka produk yang menunjang sistem augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) berpotensi untuk digunakan. Hal itu seperti tangan robot atau kacamata VR berteknologi tinggi. Beragam pilihan perangkat ini nantinya diperlukan pengguna untuk melakukan aktivitas di metaverse semakin terasa nyata dan mudah dieksekusi.

Contoh metaverse

source: freepik

Perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan adanya metaverse di masa depan. Dengan adanya kecerdasan buatan (AI) yang sudah semakin canggih, metaverse juga tak diragukan lagi pertumbuhannya. Berikut ini beberapa contoh perusahaan yang sudah menerapkan teknologi metaverse:

1. Meta

Pada Oktober 2021, Mark Zuckerberg mengumumkan adanya perubahan nama pada platform raksasa di dunia, yaitu Facebook yang berubah menjadi Meta. Meta mengembangkan berbagai jenis produk berbasis VR, di antaranya adalah game dengan menggunakan teknologi VR dan kantor dengan teknologi VR (Horizon Workrooms).

Dalam dunia virtual tersebut, pengguna dapat merasakan kehadiran orang lain. Harapannya adalah pengguna akan mendapatkan pengalaman unik yang belum pernah didapatkan sebelumnya.

2. Microsoft Metaverse

Contoh metaverse selanjutnya adalah Microsoft Metaverse. Perusahaan ini telah menggunakan hologram dan sedang terus mengembangkan aplikasi mixed and extended reality (XR) dengan menggunakan Microsoft Mesh.

Microsoft menggabungkan dunia nyata menggunakan augmented reality dan virtual reality. Perusahaan teknologi software ini juga sudah berencana menghadirkan realitas campuran termasuk hologram dan avatar virtual ke Microsoft Teams di tahun ini.

3. Roblox

Selain dari Meta dan Microsoft, contoh metaverse lainnya yaitu Roblox. Platform ini dibentuk pada 2004 lalu dan telah menampung banyak game buatan pengguna, termasuk penawaran permainan peran seperti Bloxburg dan Brookhaven. Permainan tersebut membuat pengguna bisa membangun rumah, bekerja, dan bermain cerita tertentu.

Itu dia pembahasan seputar metaverse. Saat metaverse berhasil diluncurkan nanti, aktivitas apa yang sangat ingin kamu lakukan di dunia virtual tersebut? Komen di bawah, ya!

Baca juga: Pekerjaan yang Akan Digantikan oleh Teknologi

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *