Tanggal:21 February 2024
Meningkatkan skill dan kemampuan diri

Ini dia cara meningkatkan skill dan kemampuan diri

Salah satu kunci sukses dalam berkarir yaitu mempunyai skill yang memadai. Apa itu skill, dan kenapa skill itu penting bagi kita semua khususnya bagi pekerja. Sebelum membahas lebih mendalam, mari kita cermati definisi dari skill itu apa. Menurut Gordon, skill adalah kemampuan untuk mengoperasikan pekerjaan secara mudah dan cermat. Sedangkan menurut Nadler, skill merupakan kegiatan yang memerlukan praktek atau pun dapat diartikan sebagai implikasi dari aktivitas.

Meningkatkan skill atau kemampuan diri merupakan tugas kita masing – masing, ini menjadi tanggung jawab diri sendiri, bukan menjadi tanggung jawab orang lain. Setiap orang memiliki keterampilan atau skill yang berbeda – beda. Namun, kita bisa meningkatkan skill menjadi jauh lebih baik lagi.

Seseorang yang memiliki kemampuan yang luar biasa dalam berbagai hal tentu saja akan membuat banyak orang terkesan. Tidak hanya kemampuan hardskill, softskill juga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki seseorang.

Belajar skill baru yang belum pernah kalian miliki merupakan sesuatu hal yang menjadi kebutuhan setiap orang. Buat kalian yang masih pelajar, skill baru sangatlah penting agar kita punya kesempatan untuk mengeksplorasi bakat, minat, dan kemampuan yang mungkin selama ini tidak kita ketahui. Bagi kalian yang bekerja mengasah skill merupakan hal yang terpenting untuk saat ini, karena semakin bertambahnya skill, pola pikir yang dimiliki pun nantinya akan semakin membaik dan meningkat.

Kamu bisa meningkatkan skill dengan berbagai cara yang sangat mudah, lalu bagaimana caranya untuk meningkatkan skill atau kemampuan diri dengan mudah, penasaran apa saja ? Nah, berikut ini adalah tips untuk meningkatkan skill ataupun kemampuan diri dengan mudah.

1. Mengikuti kursus online

Bagi kamu yang sibuk dengan pekerjaan di kantor ataupun sibuk dengan hal lainnya, tetapi kamu ingin meningkatkan skill agar keahlian kamu semakin meningkat, tidak stay di situ – situ saja. Kursus secara online adalah pilihan yang tepat. Di zaman Sekaran ini sudah banyak lembaga yang menyediakan program kelas keahlian yang ditawarkan secara online guna untuk meningkatkan skill. Ada banyak kursus yang bisa kamu pilih, kamu bisa memilih mana kursus online terbaik untuk diri kamu sendiri. Misalnya saja kamu bisa kursus bahasa Inggris, belajar digital marketing, ataupun kursus yang lainnya melalui VOCASIA. Selain skill kamu meningkat, kursus online juga mendapatkan sertifikat loh, yang bisa menambah portofolio kalian dan nantinya bisa kalian gunakan untuk bekerja.

2. Memperbaiki cara berkomunikasi

Coba kamu intropeksi diri kamu sendiri, tanya pada diri sendiri. Bagaimana cara kamu berkomunikasi ? Apakah komunikasi yang kamu lakukan atau komunikasi yang kamu sampaikan dapat dipahami oleh lawan bicara dengan baik, atau bahkan malah sering terjadi miskomunikasi ? Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan komunikasi atau berbicara yang baik dan lebih professional, coba kamu bisa belajar online di VOCASIA. Di vocasia ada banyak sekali program kelas untuk meningkatkan skill komunikasi kamu, dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Cari mentor yang tepat

Mentor merupakan seseorang yang memiliki suatu keahlian pada bidang tertentu lalu berkenan memberikan ilmu dan pengalamannya dalam berbagai bentuk, seperti mengadakan pelatihan, bimbingan, maupun sharing. Jadi jika nanti kamu mendapatkan masalah ataupun kendala, mentor bisa diandalkan untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Dan tentu saja seorang mentor harus bisa diandalkan.

4. Perbanyak relasi

Tinggalkan dulu urusan kamu. Kini, saatnya kamu untuk bersosialisasi dan menambah relasi di luar sana. Relasi bisa kamu dapatkan dengan cara bergabung dengan komunitas profesional di luar posisi karier, namun tetap bisa meningkatkan kualitas kinerja kamu.

5. Memanfaatkan teknologi

Teknologi bisa menjadi salah satu media belajar yang menyenangkan dan yang pastinya dengan harga yang terjangkau. Dengan teknologi kamu bisa mengikuti kursus online dari VOCASIA.

Selain itu kamu juga bisa mengasah skill kamu dengan cara mempelajari di youtube channel. Cari youtube channel yang sekiranya sesuai dengan skill yang kamu mau tingkatkan. Perlu kalian ketahui, belajar skil baru ataupun mengasah skill secara mandiri dibutuhkan kedisiplinan diri yang baik. Kita harus pandai – pandai dalam Menyusun jadwal belajar mandiri dan kita juga harus mengetahui tuntutan materi yang harus dipelajari agar kemampuan ataupun skill kita sungguh – sungguh berkembang dan meningkat dari sebelumnya.

6. Mengikuti organisasi dan kepanitiaan

Dengan kita mengikuti organisasi ataupun kepanitiaan softskill kita akan meningkat. Terutama softskill komunikasi. Karena dengan organisasi kita dituntut untuk berbicara di depan orang banyak dan berdiskusi. Selain cara berkomunikasi kamu meningkat, kepercayaan diri juga akan meningkat. Dengan meningkatnya softskill tersebut kitab isa dengan mudah memperoleh koneksi ataupun relasi baru.

7. Positive thinking

Kemampuan berpikir suatu hal yang sangat penting bagi setiap orang. Pada saat kita belajar hal baru yang bisa meningkatkan skill atau kemampuan, ada kalanya kegagalan pasti datang kapan saja. Dengan kita selalu berpikir positif, kita tidak akan takut akan kegagalan, karena kita berpikir bahwa kegagalan adalah suatu proses keberhasilan yang tertunda.

Pikiran yang baik dapat membangun mental dan membantu kamu untuk bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan skill dan kemampuan diri kita. Cara yang paling ampuh untuk meningkatkan skill yaitu mengikuti kursus online di VOCASIA. Di sana banyak sekali program kursus yang ditawarkan, baik itu kursus hardskill maupun softskill, dan yang pastinya dengan harga yang terjangkau.

Penulis: Alipia Salsabilah (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *