Sebagai pegawai kantoran, pasti kamu memiliki kelebihan dan kekurangan yang didapatkan. Tentunya setiap pegawai memiliki jawaban yang berbeda-beda. Contohnya saja kelebihannya, mungkin ia bisa menjawab hal yang sebaliknya dari apa yang dikatakan oleh pegawai yang menyebutkan kekurangannya.
Pegawai kantoran sendiri terdapat dua jenis, yaitu pegawai tetap dan juga pegawai yang berikat kontrak. Perbedaanya adalah pegawai kontrak memiliki kontrak kerja yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak, antara bulan hingga tahun lamanya. Sedangkan pegawai tetap tidak memiliki kontrak kerja.
Lalu plus-minusnya ada apa aja sih? Tentunya banyak, tetapi kali ini kita akan membahas kekurangan yang mungkin akan kamu rasakan sebagai pegawai kantoran. Yuk kita simak list berikut, jangan sampai di skip ya!
1. Penghasilan Stabil
Penghasilan merupakan salah satu hal yang pastinya dicari saat kita bekerja. Tidak hanya melakukan pekerjaan yang seharusnya kita lakukan, tetapi juga mendapatkan apa yang telah kita kerjakan. Penghasilan yang stabil pastinya sudah cukup bagi beberapa orang. Tapi banyak juga yang berpikir bahwa kestabilan dari penghasilan itu tidak cukup. Apalagi kalau nominalnya tidak seberapa dan tidak kunjung bertambah.
2. Bekerja Untuk Orang Lain
Sebagai pegawai kantoran, kamu pasti akan bekerja untuk seseorang selama kamu bekerja di perusahaan tersebut. Kamu akan diperintahkan dan diberikan tugas layaknya atasan ke bawahan. Maka dari itu, kamu harus menyiapkan sikap dan mental kamu untuk atasan kamu saat bekerja nanti.
3. Pekerjaan Yang Itu-Itu Saja
Pekerjaan yang pastinya akan sama terus menerus harus siap kamu hadapi. Pegawai kantoran pasti akan mengalami ini. Kamu juga harus melakukan banyak inisiatif, agar menghindari hal ini terjadi. Kalau kamu hanya ingin menyelesaikan pekerjaan tanpa adanya inovasi dan inisiatif, maka akan sulit untuk berkembang.
4. Dibawahi Oleh Atasan
Sering sekali pegawai akan merasa sangat dibawahi oleh atasan. Kamu mungkin akan merasa bosan, kesal, sedih, hingga akhirnya kamu sudah tidak kuat lagi dan resign. Kamu harus siap-siap mempersiapkan hal ini untuk dilewati ya!
5. Jam Kerja Yang Tidak Fleksibel
Jam kerja yang dimiliki oleh pegawai kantoran sangat stabil dan hampir tidak berubah. Berbeda sekali dengan orang yang memiliki usaha sendiri seperti online shop atau pemilik usaha kuliner yang bisa kapan saja dan dimana saja kerjanya. Mungkin poin ini bisa menjadi pertimbangan kamu ya.
6. Butuh Kerja Keras Yang Lebih
Terkadang, kamu akan merasakan bahwa sebagai pegawai kantoran, sangat dibutuhkan sekali kerja keras yang lebih untuk mendapatkan hasil yang lebih juga. Contohnya saja seperti promosi jabatan, hingga kenaikan gaji.
7. Memiliki Waktu Sedikit Untuk Liburan
Kalau kamu sering liburan dan melakukan aktivitas lainnya di luar jam kantor, lebih baik jangan jadi karyawan ya! Mengapa begitu? Karena waktu kamu bekerja itu sangat banyak. Rata-rata saja kamu akan bekerja lima hari seminggu, di mulai dari jam 8 atau 9 hingga 5 sampai 7 malam. Itu juga belum termasuk lembur. Kebayang tidak lamanya?
Baca juga :
Berikut Ciri-Ciri Pegawai Yang Produktif!
Lebih Pilih Mana, Pegawai Negeri Atau Pegawai Swasta?
Karyawan Dan Staff, Berikut Perbedaan-Perbedaannya!
Leave a Reply