Tanggal:31 May 2024

Apa Itu Inisiatif? Kemampuan Dalam Dunia Kerja Yang Dapat Mendukung Diri Kita!

Dalam dunia kerja dan bisnis, inisiatif adalah salah satu sikap yang penting dan wajib kamu miliki, demi mendukung karir ke arah yang lebih maju. Sebab orang yang menunjukkan inisiatif biasanya dapat berpikir sendiri dan mengambil tindakan bila diperlukan, walaupun dalam keadaan mendesak. Hal itu terjadi secara natural menggunakan pikiran.

Baca Juga : Cara Berkomunikasi di Dunia Kerja

Pada dasarnya, kemampuan inisiatif juga termasuk ke dalam kemampuan manajemen diri atau self management. Kemampuan ini sendiri dapat dikembangkan secara sendiri secara perlahan-lahan. Dengan inisiatif, dipastikan produktivitas kerjamu akan meningkat dan kemungkinan besar orang-orang di lingkunganmu akan menyukai sosok kepribadianmu. Nah, berikut di bawah ini kami telah uraikan definisi dari inisiatif beserta cara dan contohnya untukmu. Yuk, simak!

Baca juga : Kenali Teamwork dalam Dunia Kerja!

Apa itu Inisiatif?

Apa Itu Inisiatif? Sumber: pexels.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inisiatif adalah membuat langkah pertama dalam mengusahakan sesuatu. Dengan kata lain, inisiatif adalah bentuk kesadaran diri dari individu atau pribadi yang berpikir bahwa kamu harus melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhanmu atau memenuhi suatu hal.

Secara sederhana, seseorang dengan kemampuan ini sudah pasti banyak akal atau resourceful. Dengan kemampuan ini, seseorang tidak akan pernah berhenti belajar dan terus berusaha untuk mengembangkan dirinya. Ketika menunjukkan inisiatif di dalam dunia kerja, kamu akan memecahkan suatu masalah yang mungkin tidak terlalu diperhatikan orang lain, terus mencari ide-ide yang bagus, dan lain-lain.

Baca Juga : Meningkatkan Produktivitas Kerja

Seseorang yang mempunyai sikap inisiatif pun biasanya lebih mudah terlihat, dikenal banyak orang karena ide-idenya yang berbeda, dan lebih mudah mendapatkan promosi jabatan. Apalagi kalau disertai dengan kemampuan berpikir sistematis, memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif, dan bisa bekerja produktif.

Baca juga : 12 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Cara Meningkatkan Kemampuan Inisiatif

Cara Meningkatkan Kemampuan Inisiatif. Sumber: pixabay.com

1. Membuat Career Plan

Mengetahui apa tujuan dan proyeksi karir akan membantu kamu mendapatkan kepercayaan diri yang dibutuhkan dalam bekerja. Setelah menentukan tujuan jangka panjang dan bagaimana mencapainya, nilailah di mana kamu melihat peluang dalam peranmu untuk membangun keterampilan dan pencapaian yang diperlukan.  Maka kamu perlu proaktif dalam mencapai target tersebut selama menguntungkan kinerja dan lintasan karir serta tidak merugikan pihak tertentu.

Baca Juga : Fleksibel Dalam Dunia Kerja

2. Membangun Rasa Percaya Diri

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan inisiatif adalah dengan membangun rasa percaya diri. Saat menunjukkan ide dalam tim, terkadang ada rekan kerja yang tidak setuju dengan hal tersebut. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap ide tersebut agar rasa inisiatif kian tumbuh untuk mewujudkannya.

Untuk dapat menumbuhkan kepercayaan diri, kamu dapat membangunnya dengan terus-menerus menetapkan dan mencapai tujuan-tujuan kecil. Kemudian kamu dapat mendorong dirimu sendiri untuk mengambil tindakan untuk mengejar pencapaian yang lebih besar di tempat kerjamu.

Baca Juga : Tips Memasuki Dunia Kerja Untuk Fresh Graduate

3. Berani Melakukan Hal Baru

Karena hal baru itu membutuhkan segudang inisiatif, maka sudah pasti ketika dihadapkan pada hal-hal menantang yang belum pernah kamu lakukan, kamu tidak akan gentar. Tidak terlalu sulit meningkatkan inisiatif dalam bekerja. Bila kamu berani melakukan hal-hal baru dengan konsisten, maka bisa secara cepat membentuk dirimu menjadi pribadi yang penuh inisiatif.

Baca Juga : Tips WFH Agar Tetap Produktive

4.  Mengembangkan Mental dalam Teamwork

Meskipun tujuan akhir kamu harus melibatkan peningkatan prospek karir, kamu perlu memotivasi orang lain yang membutuhkan mentalitas dalam tim yang kuat. Melihat diri kamu sebagai anggota tim daripada sebagai individu, akan menunjukkan kepada orang lain bahwa kamu dapat bekerja dengan baik tanpa perlu diminta terlebih dahulu.

Baca Juga : Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill

5. Membuka Diri

Hal ini mungkin terdengar sepele, namun pada praktiknya saat seseorang mendapatkan masukan, kritik, ataupun saran seringkali akan merasa paling benar dan tidak mau mendengar. Menginisiasikan diri untuk meminta kritik dan saran dari rekan kerja akan membuka pandanganmu akan hal-hal yang baru, maka dari itu bersifat terbuka akan mempermulus proses level-up inisiatif.

Baca Juga : Manfaat OKR Dalam Dunia Kerja

Baca juga : Contoh Jawaban Motivasi Kerja 

Contoh Sikap Inisiatif

Contoh Sikap Inisiatif. Sumber: pexels.com

Misalnya kamu baru saja pindah kantor dengan pekerjaan yang sama namun gaji yang lebih tinggi, perusahaan di mana kamu sekarang bekerja merupakan tempat yang lebih bonafit dibanding sebelumnya. Kamu juga telah mendengar bahwa perusahaan ini sangat memperhatikan kinerja serta memiliki jenjang karir setiap karyawannya. Tentu dengan segala kelebihan yang ada dibanding kantor sebelumnya kamu perlu menambah inisiatifmu.

Hal pertama yang kamu lakukan adalah memahami apa yang menjadi tugas utamamu, seberapa banyak beban pekerjaan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Setelah beberapa minggu melaksanakan pekerjaanmu, biasanya setiap pekerja mulai mendapatkan gambaran yang cukup jelas memahami kewajibannya. Setelah ini, kamu bisa mulai membuat mind map hal yang bisa kamu tambah dan hal yang harus lebih efisien dalam pekerjaan. Dengan begini kamu akan menjadi ahli dan tahu apa yang kamu kerjakan.

Berikutnya, mulailah melakukan action plan atas apa yang telah dipetakan pada tahap sebelumnya. Perlu dipahami pada praktiknya hal ini merupakan praktik terus-menerus dan tidak ada absolut benar maupun salah, semua level pekerjaan perlu mengaplikasikan inisiatif yang tinggi untuk perbaikan pribadi, tim, dan perusahaan akan berdampak positif pada efektifitas kerja.

Baca juga : 7 Cara Membuat Action Plan

Itulah pengertian dari inisiatif dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi individu yang selalu berinisiatif, beserta contohnya untuk kamu pahami lebih dalam. Inisiatif sangat diperlukan untuk dapat mencapai kesuksesan di dalam dunia kerja atau bisnis. Jadi, yuk mulai asah kemampuan inisiatifmu mulai dari sekarang!

Baca Juga : Pekerjaan Paling di Butuhkan 2022

Menulis Surat Lamaran - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *