Tanggal:23 April 2024
cara menampilkan ruler di word

7 Cara Menampilkan Ruler Di Word dan Merubah Ukurannya

Jika Anda ingin membuat dokumen Microsoft Word yang rapi dan presisi, fitur ruler atau penggaris dapat membantu Anda. Namun, terkadang fitur ruler tidak muncul secara otomatis di bagian menu bar pada Word. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan 7 cara menampilkan ruler di Word dan mengubah ukurannya.

Apa Itu Ruler di Microsoft Word?

Fitur ruler di Microsoft Word adalah sebuah fitur yang berfungsi seperti penggaris untuk merapikan margin atau garis tepi paragraf. Selain itu, ruler juga dapat difungsikan untuk mengontrol indentasi paragraf, menyesuaikan letak gambar, dan mengatur tabel yang ada dalam dokumen Word. Dengan demikian, teks, penomoran, gambar, serta tabel akan terlihat lebih terstruktur dan tepat. Fitur ruler secara default tersedia di bagian atas Word, namun tidak jarang program pengolah kata Word pengguna tidak memunculkannya.

Cara Menampilkan Ruler di Microsoft Word

Inilah langkah-langkah untuk menampilkan ruler di Microsoft Word:

  • Buka program Microsoft Word.
  • Jika fitur ruler tidak terlihat, pilih tab “View” yang terletak pada bagian atas layar.
  • Langkah berikutnya adalah mencentang kotak yang terdapat di ruler untuk mengaktifkan fitur ruler.
  • jika sudah, maka penggaris akan terlihat di bagian atas serta sisi dokumen.

Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan fitur ruler dengan cara yang lebih cepat, yaitu dengan mengklik ikon ruler yang berada di pojok kanan atas tampilan halaman Microsoft Word.

Fitur ruler yang ada dalam Microsoft Word memiliki manfaat penting dalam menyusun dokumen dengan rapi. Seperti namanya, ruler ini berperan sebagai alat untuk merapikan margin dan garis tepi paragraf. Selain itu, penggaris juga berfungsi untuk mengelola indentasi paragraf, menyesuaikan penempatan gambar, dan mengatur tabel yang ada dalam dokumen Word. Dengan adanya fitur ini, dokumen dapat disusun dengan lebih teratur dan akurat, menjadikan tampilan teks, penomoran, gambar, serta tabel menjadi lebih terstruktur dan presisi.

Cara Mengubah Ukuran Ruler di Word

Untuk mengubah ukuran ruler pada Microsoft Word, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer.
  2. Klik menu “File” yang berada di pojok kiri atas.
  3. Klik opsi menu “Options”.
  4. Pilih “Advanced”.
  5. Gulir ke bawah hingga menemukan menu “Show measurements in units of”.
  6. Pilih satuan ukuran yang diinginkan, seperti inch, cm, atau lainnya.
  7. Klik “Ok” untuk menyimpan perubahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, pengguna dapat mengubah satuan ukuran ruler pada Microsoft Word sesuai dengan kebutuhan.

Jadi Microsoft Word Specialist Hanya Di Vocasia

Vocasia menyediakan beberapa kursus Microsoft Word yang dapat membantu kamu memahami fitur-fitur yang ada pada Microsoft Word. Berikut adalah rekomendasi kursus dari Vocasia:

  1. Langkah Praktis Belajar Ms Office Word: Kursus ini cocok untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasar Microsoft Word. Materi kursus mencakup pengenalan Ms Word, pengelolaan dokumen, pemformatan teks, perataan dan indentasi paragraf, border, shading, spasi, tabel dan grafik, tata letak halaman, header dan footer, page break, daftar isi otomatis, daftar gambar otomatis, dan mail merge.
  2. Paham Fitur di Microsoft Word dengan Cepat: Kursus ini cocok untuk pengguna yang sudah memiliki dasar-dasar Microsoft Word dan ingin mempelajari fitur-fitur yang lebih kompleks. Materi kursus mencakup penjelasan mengenai berbagai macam fitur yang ada pada Microsoft Word, seperti fitur ruler, fitur styles, fitur table of contents, dan fitur mail merge.

Kedua kursus tersebut dapat diikuti oleh siapa saja, tanpa memandang tingkat keterampilan mereka.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan 7 cara untuk menampilkan ruler di Word dan mengubah ukurannya. Fitur ruler atau penggaris yang ada di Microsoft Word sangat bermanfaat untuk merapikan dokumen dan membuatnya lebih presisi. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat dengan mudah menampilkan ruler di Word dan mengubah ukurannya sesuai kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan keterampilan dalam menggunakan Microsoft Word.

Penulis : Asep – Vocasia

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *