Tanggal:26 July 2024
merchandiser adalah

Merchandiser : Tugas, Skill, Jenis, Gaji dan Tipsnya

Mengungkap Peran Merchandiser

Merchandiser adalah profesi yang bertanggung jawab atas tata letak produk dan strategi untuk meningkatkan penjualan barang. Seorang merchandiser harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, terorganisir, dan kreatif. Jika Anda tertarik untuk meniti karir sebagai merchandiser, berikut adalah beberapa informasi yang dapat membantu Anda.

Pengertian

Seorang merchandiser adalah individu yang bertanggung jawab atas pengelolaan produk yang baru saja tiba di toko ritel atau supermarket.Tugas seorang merchandiser meliputi memastikan produk tiba tepat waktu, mengatur tata letak produk agar menarik untuk dibeli oleh pelanggan di toko, dan bekerja dengan tim purchasing atau Sales bekerja untuk memperkirakan, merencanakan, dan mengawasi persediaan barang, serta memastikan produk didistribusikan hingga sampai di toko. Selain itu, merchandiser juga bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan produk, seperti harga, penempatan produk di ruang displai, tata letak toko, papan nama, hingga event promosi.

Tugas dan Tanggung Jawab

Berikut adalah tugas dan tanggung jawab seorang merchandiser berdasarkan beberapa sumber:

Tugas:

  • Memeriksa kelayakan produk
  • Merancang strategi display
  • Memprediksi trend market
  • Memeriksa ketersediaan barang
  • Menerapkan strategi promosi produk
  • Memajang, mendisplay, merapikan, dan menata produk
  • Menjaga kebersihan produk yang dipajang
  • Mengatur rencana tata letak toko
  • Menganalisa tren market produk
  • Menjalankan strategi promosi atau campaign iklan
  • Menjamin pengiriman produk hingga mencapai lokasi toko.
  • Memeriksa produk yang terpajang

Tanggung Jawab:

  • Bertanggung jawab atas semua aspek yang terkait dengan produk.
  • Bekerja sama dengan tim purchasing atau sales dalam mengestimasi, merencanakan, dan mengontrol persediaan barang.
  • Memastikan produk tiba tepat waktu
  • Bertanggung jawab atas harga, penempatan produk di ruang displai, tata letak toko, papan nama, hingga event promosi
  • Membuat penampilan yang menarik guna memberikan pengalaman visual yang memuaskan bagi pelanggan.
  • Memiliki peran sentral dalam industri ritel, karena kesuksesan perusahaan sangat bergantung pada sejauh mana mereka berhasil mengelola tugas-tugas mereka.
  • Mungkin diperlukan untuk melakukan perpindahan dari satu tempat atau cabang ke cabang lain dalam perusahaan.

Tugas dan tanggung jawab seorang merchandiser dapat bervariasi tergantung pada industri tempat mereka bekerja. Namun, secara umum, tanggung jawab mereka meliputi memeriksa stok barang, menata rak, mempersiapkan display, label harga, dan promosi.

Jenis

Berikut adalah beberapa jenis merchandiser berdasarkan beberapa sumber:

  1. Retail merchandiser: Bertugas menata produk eceran di minimarket, supermarket, dan berbagai jenis toko ritel lainnya.
  2. Visual merchandiser: Bertanggung jawab atas tampilan visual produk di toko, termasuk tata letak, pencahayaan, dan dekorasi.
  3. Digital merchandiser: Bertanggung jawab atas tampilan produk di situs web atau platform e-commerce, termasuk gambar, deskripsi, dan harga.

Selain itu, terdapat juga beberapa jenis merchandiser lainnya, seperti sales merchandiser, merchandiser garment, dan minimarket merchandiser.

Jenis-jenis merchandiser dapat bervariasi tergantung pada industri tempat mereka bekerja. Namun, secara umum, jenis-jenis merchandiser tersebut dapat memberikan gambaran tentang spesialisasi yang mungkin dimiliki oleh seorang merchandiser.

Skill

Berikut adalah beberapa skill yang dibutuhkan oleh seorang merchandiser :

  1. Communication
  2. Organization
  3. Planning
  4. Time management
  5. Customer service
  6. Sales
  7. Marketing
  8. Creativity
  9. Fashion sense
  10. Eye for detail
  11. Analyzing sales figures, customers reactions, and market trends
  12. Negotiation skills
  13. Visual merchandising
  14. Up-to-date with the latest merchandising trends and best practices
  15. Excellent verbal and written communication skills
  16. Strong listening skills
  17. Physical stamina
  18. Self-confidence

Skill yang dibutuhkan oleh seorang merchandiser dapat bervariasi tergantung pada industri tempat mereka bekerja. Namun, secara umum, skill yang dibutuhkan tersebut meliputi kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, mengatur tata letak produk, merencanakan strategi promosi, menganalisis tren pasar, dan bekerja dengan tim purchasing atau Sales bertugas mengestimasi, merencanakan, dan mengawasi persediaan barang.

Jenjang Karir dan Gaji

Berikut adalah informasi mengenai jenjang karir dan gaji seorang merchandiser :

Jenjang karir:

  • Junior merchandiser
  • Senior merchandiser
  • Manager merchandiser
  • Head of sales/retail

Gaji:

  • Gaji seorang merchandiser dapat bervariasi tergantung pada industri tempat mereka bekerja, pengalaman, dan lokasi kerja.
  • Gaji seorang merchandiser di Indonesia berkisar antara Rp 2,5 juta hingga Rp 10 juta per bulan, tergantung pada level karir dan perusahaan tempat mereka bekerja.
  • Seorang merchandiser di Indonesia juga dapat menerima bonus penjualan yang menarik.

Meskipun demikian, informasi mengenai jenjang karir dan gaji seorang merchandiser dapat bervariasi tergantung pada perusahaan tempat mereka bekerja dan industri yang mereka geluti. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan riset lebih lanjut mengenai perusahaan dan industri yang Anda minati untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Tips 

Berikut adalah beberapa tips untuk seorang merchandiser:

  1. Berkomunikasi dengan baik: Seorang merchandiser harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan pelanggan, rekan kerja, dan pihak lain yang terkait dengan pekerjaannya.
  2. Terorganisir: Seorang merchandiser harus terorganisir dalam mengatur tata letak produk, mengelola stok barang, dan menjalankan strategi promosi.
  3. Merencanakan dengan baik: Seorang merchandiser harus mampu merencanakan dengan baik untuk memastikan produk tiba tepat waktu dan tersedia dalam jumlah yang cukup.
  4. Mengelola waktu dengan baik: Seorang merchandiser harus mampu mengelola waktu dengan baik untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dengan efisien.
  5. Memberikan pelayanan pelanggan yang baik: Seorang merchandiser harus mampu memberikan pelayanan pelanggan yang baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
  6. Meningkatkan penjualan: Seorang merchandiser harus mampu meningkatkan penjualan dengan menjalankan strategi promosi yang efektif dan menarik.
  7. Mengikuti tren dan praktik terbaik dalam merchandising: Seorang merchandiser harus selalu mengikuti tren dan praktik terbaik dalam merchandising untuk memastikan produk selalu menarik bagi pelanggan.
  8. Kreatif: Seorang merchandiser harus kreatif dalam merancang tampilan produk agar menarik perhatian pelanggan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, seorang merchandiser dapat meningkatkan keterampilan dan kinerjanya dalam pekerjaan.

Dalam profesi merchandiser, terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan, seperti menata produk dengan baik, merencanakan strategi promosi, dan menganalisis tren pasar. Jenjang karir seorang merchandiser meliputi junior merchandiser, senior merchandiser, manager merchandiser, dan head of sales/retail. Gaji seorang merchandiser dapat bervariasi tergantung pada industri tempat mereka bekerja, pengalaman, dan lokasi kerja. Jika Anda ingin meningkatkan keahlian Anda sebagai merchandiser, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengikuti kursus di Vocasia atau mengembangkan keahlian-keahlian yang dibutuhkan dalam profesi tersebut.

Penulis : Asep – Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *