Tanggal:04 May 2024

Mudah! Setor dan Tarik Tunai Tanpa Kartu Di Era Digital

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, industri perbankan pun terus beradaptasi dan mengadopsi inovasi-inovasi yang muncul khususnya inovasi yang bisa mempermudah urusan nasabah mereka.

Di era digital saat ini, sebagian besar orang sudah menerapkan sistem cardless atau metode transaksi tanpa menggunakan kartu debit.

Metode tersebut adalah salah satu metode yang diadaptasi oleh industri perbankan. Fasilitas tersebut mempermudah nasabah untuk bertransaksi kapanpun dimanapun bahkan ketika kartu ATM rusak, hilang, atau tidak terbaca oleh mesinnya.

ATM adalah Automatic Teller Mchine. ATM diciptakan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi sehingga tidak perlu selalu datang ke bank.

ATM juga menjadi solusi untuk memberikan pelayanan optimal kepada nasabah tanpa terbatas waktu operasional.

Salah satu industri perbankan yang sudah menerapkan metode tersebut adalah BCA. Syarat yang harus dipenuhi adalah dengan menggunakan mobile banking pada handphone nasabah.

Tetapi sebelum itu, pastikan bahwa akun pengguna sudah terdaftar pada aplikasi mobile banking.

Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat dijadikan alternatif untuk menarik saldo tanpa kartu secara tunai, ialah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile.
  2. Klik menu ‘Cardless’ dan lanjutkan dengan memilih opsi ‘Tarik Tunai’.
  3. Masukkan nominal saldo yang akan ditarik.
  4. Masukkan PIN m-BCA dan kamu akan memperoleh enam digit kode transaksi
  5. Cari ATM BCA terdekat, lalu pilih ‘Transaksi Tanpa Kartu’.
  6. Selanjutnya, masukkan nomor HP yang terdaftar di BCA Mobile dan kode transaksi yang telah didapatkan sebelumnya.
  7. Tunggu hingga mesin ATM memproses transaksi yang diajukan.
  8. Selesai, tarik tunai tanpa kartu BCA melalui ATM berhasil dilakukan.

Untuk menunjang fasilitas tersebut, ATM Setor Tunai saat ini dapat beroprasi 24 jam dengan keamanan yang terjamin sehingga mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi diluar jam kerja.

Sedikit tambahan informasi, ATM Setor Tunai hanya menerima uang pecahan yaitu Rp 50.000 dan Rp 100.000 dengan kondisi fisik baik (tidak robek, basah, lecek, dan lainnya).

Tidak hanya menarik uang, nasabah BCA juga bisa memanfaatkan ATM ini untuk menyetor tabungan hingga membayar tagihan kapanpun dimanapun tanpa perlu mengantre di teller bank.

Setor tunai dapat dilakukan menggunakan rekening sendiri dengan atau tanpa kartu ATM.

Jika nasabah tidak membawa kartu, nasabah tetap bisa menyetorkan dana lewat ATM. Berikut merupakan langkah-langkah dalam melakukan setor tunai di ATM tanpa menggunakan kartu debit, yaitu :

  1.   Siapkan ponsel, buka aplikasi mobile banking BCA milikmu
  2.   Login dan pilih menu “Cardless”
  3.   Pada opsi berikutnya, tekan “Setor Tunai” lalu pilih rekening tujuan (apakah itu rekeningmu atau rekening orang lain). Konfirmasi transaksi dan kamu akan mendapatkan kode berupa 6 digit angka yang akan digunakan di ATM
  4.   Selanjutnya, pergi ke ATM BCA setor tunai terdekat lalu pilih “Transaksi Tanpa Kartu”
  5.   Ketikkan nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftarkan diri di mobile banking BCA kemudian tekan “Benar”
  6.   Kamu akan diminta memasukkan 6 digit angka yang kamu terima sebelumnya lewat ponsel. Masukkan ke dalam kolom di mesin ATM kemudian pilih “Benar”
  7.   Setelah box terbuka, masukkan uang kemudian pastikan jumlahnya sudah sesuai dengan yang kamu masukkan. Klik “Setor”.
  8.   Itulah cara setor tunai di ATM BCA dengan menggunakan kartu ATM atau tanpa kartu ATM.

Langkah-langkah diatas dapat digunakan untuk rekening pribadi. Jika ingin melakukan penyetoran ke rekening orang lain, Langkah-langkahnya tidak beda jauh.

Bedanya, pada saat masuk pada pilihan rekening tujuan, nasabah harus memilih “Rekening Lain” lalu memasukkan nomer rekening yang dituju.

Jangan lupa menambahkan kode bank apabila rekening yang dituju non-BCA. Setelah itu lakukan transaksi sesuai dengan langkah-langkah diatas.

Sama halnya dengan transaksi keuangan lainnya, setor tunai tentu memiliki kemungkinan kegagalan dalam melalukan transaksi. Kegagalan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

  1. Pastikan ATM yang didatangi memang ATM BCA, bukan bank lain
  2. Uang yang disetorkan dalam kondisi tidak baik/layak (misalnya terlipat, robek, rusak, basah, ada bagian yang hilang atau bahkan palsu). Perbaiki posisi uang dan ulangi lagi transaksimu. Jika ada lembaran yang masih tertolak, artinya mesin memang tidak bisa menerima uang tersebut
  3. Mesin ATM sudah penuh. Nasabah dapat membaca tanda mesin ATM penuh pada layar di atas mesin ATM BCA. Jika pada bagian setor tunai sudah berwarna merah atau bertanda silang, artinya kamu sudah tidak bisa menyetor di mesin itu. Carilah mesin lain.

Selain hal-hal di atas, kegagalan setor lain yang mungkin terjadi adalah uang sudah disetor tapi saldo tidak bertambah. Hal ini terjadi ketika uang sudah masuk ke dalam mesin namun ada pemberitahuan transaksi masih diproses. Cek terlebih dahulu saldo pada rekening. Jika tidak bertambah, maka segera ke bank terdekat untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Referensi :

  https://www.linkaja.id/artikel/setor-tunai-bca-tanpa-kartu

  https://flip.id/blog/cara-setor-tunai-di-atm-bca-super-gampang

Ditulis Oleh KETUT DIAH PURNAMI WIDHIANTARI (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *