Tanggal:29 April 2024

Vlogger: Tugas, Jenis, Skill, Gaji dan Tipsnya

Apa itu Vlogger?

Vlogger sendiri merupakan singkatan dari video blogger. Namun, alih-alih mengupload karyanya dalam bentuk tulisan seperti yang dilakukan blogger, konten yang dibuat vlogger adalah dalam bentuk video.

Menjadi seorang vlogger telah menjadi salah satu profesi yang menarik dan menguntungkan di era digital saat ini. Vlogger dapat berbagi pengalaman, pengetahuan, dan kreativitas mereka dengan jutaan orang di seluruh dunia melalui platform seperti YouTube, Instagram, dan TikTok. 

Namun, menjadi seorang vlogger sukses bukanlah hal yang mudah. Artikel ini akan memberikan panduan tentang tugas-tugas, jenis-jenis, keterampilan yang diperlukan, perkiraan gaji, dan tips-tips untuk sukses dalam dunia vlogging.

Tugas Seorang Vlogger

Tugas seorang vlogger bukanlah hanya membuat konten, banyak orang yang mengira bahwa vlogger hanya bermodal menyalakan kamera, berbicara di depan kamera dan sudah. 

Tetapi sebenarnya ada beberapa tahapan teknis yang perlu dilakukan oleh para vlogger sebelum membuat konten. Tugas yang harus dilakukan seorang vlogger adalah sebagai berikut.

  1. Mencari topik yang bisa dijadikan ide konten.
  2. Menulis script atau storyboard
  3. Shooting, mengedit, dan mengupload konten
  4. Mengelola akun yang digunakan untuk mempublikasikan konten sekaligus mempromosikannya.
  5. Meninjau traffic konten dengan analytics tools
  6. Melakukan evaluasi strategi marketing yang telah dilakukan.

Jenis Jenis Vlogger

Ada berbagai jenis vlogger yang dapat Anda pilih sesuai minat dan keahlian Anda. Beberapa jenis vlogger yang populer antara lain:

Travel Vlogger

Travel Vlogger adalah vlogger yang berbagi video rekaman perjalanannya kepada para penontonnya. Sehingga biasanya seorang travel vlogger selalu berbagi pengalaman dan petualangan perjalanan di berbagai tempat di seluruh dunia.

Beauty Vlogger

Vlog kecantikan atau make up adalah tempat vlogger berbagi tips kecantikan dengan pengikutnya. Jenis vlog ini bisa apa saja yang berhubungan dengan merek makeup apa yang akan dibeli, cara mengaplikasikannya, memberikan tips kecantikan, tutorial makeup, dan ulasan produk kosmetik.

Gaming Vlogger

Sekarang–sekarang ini banyak orang yang beralih menjadi seorang gaming vlogger. Karena sudah banyak cabang-cabang esport yang sudah berprestasi. Biasanya seorang gaming vlogger akan membagikan konten tentang bermain game, ulasan game, dan tutorial gameplay.

Food Vlogger

Selain ketiga vlogger diatas salah satu jenis vlogger yang juga sedang ramai di media sosial saat-saat ini adalah food vlogger, biasanya food vlogger membuat konten tentang mengunjungi restoran yang sedang viral, mencoba makanan-makanan baru ataupun makanan khas daerah, dan berbagi resep dalam memasak.

Skill Yang Dimiliki Seorang Vlogger

Kemampuan Komunikasi

Seorang Vlogger memiliki tugas untuk menyampaikan informasi melalui konten. Maka tentunya kamu harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, sehingga informasi yang didapatkan dapat disampaikan secara jelas dan terperinci.

Manajemen Waktu

Vlogger merupakan profesi yang tidak mengenal waktu kerja. Sebagai seorang Vlogger tentunya kamu harus siap untuk membuat konten kapanpun dan dimanapun. maka sangat penting bagi seorang Vlogger untuk memiliki kemampuan manajemen waktu agar seluruh pekerjaan yang dikerjakan dapat selesai tepat waktu.

Kemampuan Menulis

Menulis merupakan kemampuan dasar seorang Vlogger. Sebagai seorang Vlogger pastinya, kamu akan menuliskan scripts ataupun konten dalam berbagai media sosial mulai dari Tiktok, Youtube, dan Instagram.

Skill Editing Video

Dalam membuat konten, pastinya seorang vlogger harus memiliki skill editing video yang baik. Karena dengan editing video yang baik konten yang kalian hasilkan akan lebih menarik, sehingga dapat menarik penonton dan meningkatkan engagement social media.

Gaji Vlogger

Gaji seorang vlogger Indonesia dapat bervariasi mulai dari beberapa juta rupiah hingga puluhan juta rupiah per bulan, tergantung pada sejauh mana mereka sukses dalam membangun pengikut yang besar dan terlibat serta tingkat popularitas mereka di kalangan penggemar. 

Penting untuk diingat bahwa tidak semua vlogger menghasilkan jumlah yang sama, dan ada banyak faktor yang mempengaruhi pendapatan mereka.

Tips Menjadi Vlogger 

Untuk menjadi seorang vlogger tentunya kamu harus menguasai skill yang akan mendukung pekerjaan sebagai vlogger. Kamu dapat berlatih menulis di media massa elektronik, berlatih mewawancarai orang, ataupun mengikuti kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh banyak vlogger.

Atau kalian bisa mengambil kursus yang ada di Vocasia, Kisi-kisi Menjadi Content Creator. Dengan mengikuti kursus ini kalian akan belajar tentang cara kerja seorang vlogger atau content creator. Mulai dari merencanakan konten, memilih angle kamera, menulis konten, melakukan riset dan menyunting skrip konten.

Selain itu, kalian bisa mengikuti kelas online Vocasia lainnya yang membahas tentang banyak hal dan materi-materi yang mengedukasi lainnya. Yuk, mumpung lagi ada promo langsung aja daftar, yaitu caranya langsung KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *