Tanggal:18 May 2024

Mudahkan Transaksi Dengan Dompet Elektronik

Di era digital ini, dimana penggunaan dompet elektronik semakin marak, penggunaan dompet elektronik dipandang lebih praktis dan menguntungkan. Karena Anda dapat melakukan semua transaksi hanya dengan ponsel Anda.

Banyak inovasi yang hadir seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, termasuk hadirnya dompet elektronik ini sebagai alternatif dalam bertransaksi. Dompet digital atau biasa disebut dompet elektronik membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran dengan lebih praktis dan cepat. 

Inovasi teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi tanpa harus pergi ke bank atau ATM untuk mengambil uang tunai. Lantas, apa saja kelebihan dari dompet elektronik? Serta, bagaimana tata cara menggunakan dompet elektronik ini dengan lebih efisien? Mari kita simak informasi lengkapnya berikut ini.

Apa itu Dompet Elektronik?

Melansir laman resmi Bank Indonesia, dompet digital atau dompet elektronik merupakan layanan elektronik untuk menyimpan data-data instrumen pembayaran, antara lain pembayaran dengan menggunakan kartu maupun uang elektronik, yang bisa menampung dana untuk melakukan berbagai jenis pembayaran. 

Sederhananya, dompet elektronik adalah fasilitas pembayaran berbasis online dalam wujud aplikasi di smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi non-tunai. 

Dengan banyaknya kemudahan yang hadir dari dompet digital, membuat fasilitas yang satu ini kian diminati oleh berbagai kalangan. Fasilitas berupa aplikasi ini menyediakan cara yang lebih efektif dan aman bagi penggunanya untuk menyimpan dan menggunakan informasi saat berbelanja secara online. 

Kelebihan Memiliki Dompet Elektronik

Berbeda dengan transaksi konvensional, umumnya fasilitas seperti dompet digital memberikan kemudahan lebih banyak yang bisa Anda rasakan. 

Berikut ini beberapa kelebihan jika Anda memiliki dompet digital:

  • Transaksi lebih efisien 

Di zaman yang serba cepat, Anda diharapkan bisa melakukan berbagai hal lebih efisien dan praktis, termasuk saat melakukan pembayaran. Dengan menggunakan dompet digital, Anda bisa bertransaksi kapan saja dan di mana saja, asalkan didukung dengan jaringan internet yang memadai. Sebelum berbelanja, Anda bisa mengunduh aplikasi dompet digitalnya, kemudian mengisi saldo yang cukup, dan saatnya melakukan pembayaran. Cukup mudah, bukan?

  • Terdapat riwayat transaksi secara otomatis

Saat melakukan transaksi konvensional, Anda mungkin harus mencatat sendiri riwayat pembayaran yang telah dilakukan. Hal ini pasti akan memakan waktu yang lebih lama. Sedangkan, jika Anda menggunakan dompet digital, seluruh riwayat transaksi sudah tercatat secara otomatis. Jadi, Anda bisa dengan mudah melihat dan memantau transaksi apa saja yang telah dilakukan sebelumnya. 

  • Sistem keamanan lebih optimal

Dalam melakukan berbagai macam transaksi, sistem keamanan jadi salah satu aspek penting yang wajib Anda perhatikan. Pastikan Anda menggunakan aplikasi dompet digital yang sudah terdaftar dan mendapat izin dari Bank Indonesia (BI) agar semua data dan proses transaksi lebih terjamin keamanannya.

Selain itu, pastikan juga Anda memakai PIN atau password sebagai syarat akses aplikasi agar bisa sembarang diakses melalui smartphone lain. Namun, Anda juga tidak perlu khawatir jika smartphone hilang karena Anda bisa langsung melapor ke perusahaan dompet digital terkait untuk melakukan pemblokiran akun.

  • Tersedia berbagai promo menarik

Kelebihan lain yang membuat dompet digital lebih menarik yaitu adanya berbagi promo yang menarik. Promo yang ditawarkan pun sangat bervariasi, mulai dari diskon pembayaran, penambahan poin, cashback, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya bisa menguntungkan Anda sebagai pengguna e-wallet. 

  • Transaksi sesuai harga

Kekurangan dari transaksi konvensional yaitu sulitnya mendapatkan uang kembalian saat berbelanja. Hal ini bisa membuat transaksi yang dilakukan jadi tidak sesuai harga asli, terkadang lebih atau bahkan kurang. Dengan menggunakan dompet elektronik, Anda bisa bertransaksi sesuai dengan harga hasil tanpa harus repot perihal uang kembalian. 

Itu dia beragam kemudahan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki dompet elektronik. Selain itu, sebenarnya Anda juga bisa melakukan transaksi secara online dengan menggunakan Sakuku dari BCA. 

Apa itu BCA Sakuku?

Sakuku adalah layanan dompet digital yang digunakan untuk transaksi elektronik dari BCA. Fasilitas ini dibuat untuk memfasilitasi kebutuhan nasabah seperti berbelanja, isi pulsa, serta membayar keperluan sehari-harinya hanya melalui satu aplikasi di ponsel.

Dompet Elektronik atau e wallet di Indonesia semakin banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, saat ini sudah banyak bank konvensional yang mulai membuat e walletnya masing-masing. Salah satu bank konvensional yang membuat e wallet adalah BCA yang membuat produk digital Sakuku.Sakuku memiliki dua jenis program, yakni reguler dan plus. Kedua program tersebut dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran secara daring (dalam jaringan), membeli pulsa, bahkan mengecek mutasi pengeluaran.

Hanya saja, program plus milik Sakuku memiliki fitur yang lebih beragam daripada regular, di antaranya adalah transfer, split bill, serta tarik tunai. Tidak hanya itu, batasan saldo yang dimiliki fitur plus juga lebih tinggi daripada regular, yaitu Rp 10 juta. Sedangkan fitur regular Sakuku hanya dapat menampung Rp 2 juta saja.

Kegunaan Sakuku

Apa saja sih kegunaan Sakuku milik BCA ini? Berikut ulasannya.

  1. Proses registrasi Sakuku terbilang mudah karena dapat diunduh pada aplikasi perangkat Android dan iOS. Persyaratannya hanya perlu menyiapkan data diri dan nomor telepon yang aktif untuk didaftarkan.
  2. Transaksi melalui Sakuku lebih cepat dan praktis yang bisa kamu lakukan dimanapun dan kapan pun.
  3. Sakuku menawarkan berbagai promo potongan harga menarik yang bisa digunakan pengguna untuk berbelanja.

Cara Registrasi Sakuku

Bagaimana cara registrasi atau mendaftar akun di Sakuku? Sebagai informasi, meski Sakuku merupakan platform milik BCA, tetapi tetap bisa digunakan oleh yang bukan nasabah BCA.

Cara registrasi akun di Sakuku sangat gampang, berikut caranya.

  1. Pertama, download aplikasi Sakuku di Play Store atau Apple Store.
  2. Setelah itu, buka aplikasi dan isi data diri dengan lengkap.
  3. Lakukan verifikasi dan buat 6 digit PIN.
  4. Setelah kamu membuat PIN, kamu dapat melakukan top-up saldo dengan total maksimal Rp2.000.000.
  5. Setelah memiliki saldo, maka kamu sudah dapat menggunakan aplikasi dompet digital BCA.

Cara Top-Up Sakuku

Untuk melakukan top up saldo Sakuku, caranya juga sangat gampang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna, yaitu melalui mobile banking BCA, serta melalui merchant yang bekerja sama dengan BCA seperti Alfamart.

Cara top-up Sakuku lewat BCA Mobile

  1. Buka aplikasi BCA Mobile, pilih M-Transfer.
  2. Pilih menu “Transfer Sakuku” dan masukkan nomor ponsel yang sesuai dengan akun kamu.
  3. Pilih nominal top-up, konfirmasi akun, dan masukkan pin BCA Mobile kamu.

Cara top-up lewat ATM BCA

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN, kemudian pilih menu “Transaksi Lainnya”.
  2. Pilih menu “Transfer”, dan pilih menu “Transfer ke Sakuku”.
  3. Masukkan nomor ponsel, lalu masukkan nominal saldo yang ingin diisi.
  4. Cek layar konfirmasi, jika sudah sesuai lalu pilih “Ya”.

Cara top-up Sakuku lewat Alfamart

  1. Pertama kunjungi Alfamart terdekat, kemudian menuju ke kasir dan bilang ingin top-up Sakuku.
  2. Sebutkan nomor ponsel dan nominal saldo yang kamu inginkan, kemudian serahkan uang tunai dan transaksi selesai.
  3. Setelah itu, tinggal tunggu saldo yang kamu beli sudah masuk atau belum.

Seperti yang sudah dijelaskan menurut artikel dari referensi yang saya ambil, BCA Sakuku bisa jadi pilihan yang tepat jika Anda ingin isi ulang dompet elektronik tanpa harus ribet memasukkan kode tertentu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar BCA Sakuku di sini.

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *