Tanggal:18 May 2024

Kenapa Saldo Rekening Berkurang Tanpa Melakukan Transaksi? Perlu Anda Perhatikan Hal-hal di bawah ini!

Tahukah Anda bahwa saldo rekening bisa berkurang karena adanya biaya administrasi bank itu sendiri. Nah, pada artikel ini, kita akan melihat lebih dalam lagi mengenai biaya administrasi bank yang perlu diketahui dan anda perhatikan!

Dalam dunia perbankan, biaya administrasi adalah jumlah pembayaran yang dibebankan kepada pemegang rekening setiap bulan dan per transaksi . Namun, jika nasabah memiliki saldo minimum tertentu, maka tidak akan dikenakan biaya administrasi . Pada dasarnya , biaya administrasi terkait dengan fungsi administrasi umum perusahaan .

Beban administrasi berkaitan dengan kegiatan usaha dan pengawasan umum kegiatan usaha . Jenis pengeluaran ini dirancang untuk mendukung kelangsungan operasi bisnis . Uang yang dihabiskan untuk keperluan administrasi biasanya konstan dan berulang, sehingga memudahkan pemilik bisnis untuk berkreasi anggaran bisnis .

Pengusaha dapat menanggung biaya administrasi bahkan dengan perubahan kecil , seperti kenaikan sewa gedung dan peralatan kantor . Biaya administrasi secara luas dapat dibagi menjadi tiga kategori: biaya tetap , biaya variabel , dan biaya semi variabel . Biaya tetap adalah ketika total biaya yang dikeluarkan tetap sama dengan bulan sebelumnya . Contohnya adalah gaji karyawan . Biaya variabel nominal dapat bervariasi karena mengikuti perubahan harga .  

Adapun hal yang perlu diketahui, bahwa rekening bank akan berkurang karena biaya administrasi bank tersebut. Biaya Admin bulanan BCA tahun 2023 menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh calon nasabah sebelum membuka rekening. Hal ini karena biaya potongan atau biaya admin bank mengurangi uang yang ada di rekening nasabah setiap bulannya.

Besaran biaya pengurus sistem BCA dibedakan menurut jenis tabungan. Jenis tabungan BCA adalah Tabungan Tahapan, Tabungan Tahapan Xpresi, Tabungan Tapres atau Tabungan Prestasi, Tabunganku, Tabungan Pelajar dan LAKU.

Setiap jenis tabungan memiliki biaya pengelolaan yang berbeda karena layanan yang ditawarkan berbeda. Lantas berapa biaya administrasi bank BCA per bulan di tahun 2023? Berikut informasi lengkapnya di bawah ini.

Biaya Admin BCA per Bulan Tahun 2023

  1. Tahapan BCA

Tabungan Tahapan BCA merupakan tabungan dengan karakteristik yang berbentuk rekening dalam mata uang rupiah. Tabungan ini telah dilengkapi Paspor BCA yang berfungsi sebagai kartu ATM, debit, dan tunai.

Kartu ATM untuk tabungan Tahapan BCA dibedakan lagi menjadi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis kartu ATM pun memiliki biaya admin per bulan yang berbeda-beda. Berikut rinciannya:

  • Tahapan BCA Mastercard

Kartu Paspor Blue: Rp 15.000

Kartu Paspor Gold: Rp 17.000

Kartu Paspor Platinum: Rp 20.000

  • Tahapan BCA GPN

Kartu Paspor Blue: Rp 14.000

Kartu Paspor Gold: Rp 16.000

Kartu Paspor Platinum: Rp 19.000

Tak hanya itu, nantinya para nasabah akan menerima potongan sebesar Rp 5.000 jika saldo rata-rata yang ada di tabungan tidak mencapai saldo minimum.

  1. Tahapan Xpresi

Tahapan Xpresi BCA adalah tabungan yang diperuntukkan bagi generasi muda. Jenis tabungan ini merupakan pengembangan dari Tabungan Tahapan. Untuk tabungan Xpresi BCA, para nasabah nantinya akan dikenakan potongan tiap bulannya sebesar Rp 7.500.

  1. TabunganKu

Sementara untuk potongan bagi nasabah yang memiliki jenis tabungan seperti TabunganKu, tak perlu khawatir karena tabungan ini tidak dikenakan biaya admin bulanan.

  1. SimPel

SimPel atau Simpanan Pelajar adalah jenis tabungan yang menyasar para pelajar. Oleh karena itu, bank BCA tidak mengenakan biaya administrasi bagi pelajar yang ingin memiliki tabungan ini.

  1. Tapres

Tapres atau Tabungan Prestasi adalah tabungan yang memiliki suku bunga lebih. Tabungan ini memiliki biaya admin sebesar Rp 17.000 dan biaya penalti sebesar Rp 10.000

  1. LAKU

Tabungan LAKU adalah tabungan yang pada tabungan yang pada proses penarikan uang tidak perlu datang ke bank, hanya cukup ke agen LAKU yang tersebar. Adapun tabungan ini tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.

Biaya Admin BCA Berdasarkan Transaksi

Selain biaya admin bulanan, BCA juga mengenakan biaya admin untuk transaksi ATM dan BCA Mobile Banking. Berdasarkan laman resmi BCA, berikut rincian lengkapnya:

Biaya admin BCA di ATM

Biaya Admin BCA tarik tunai: Gratis.

Biaya Admin BCA cek saldo: Gratis.

Biaya Admin Transfer ke sesama BCA: Gratis.

Biaya Admin Transfer ke antar bank: Rp 6.500.

Biaya Admin BCA VA: bergantung kebijakan merchant.

Biaya Admin BCA Tagihan: bergantung kebijakan merchant.

Biaya admin BCA di m-Banking

Biaya Admin Transfer ke sesama BCA: Gratis.

Biaya Admin Transfer ke antar bank: Rp 6.500.

Biaya Admin BCA VA: bergantung kebijakan merchant.

Biaya Admin BCA Tagihan: bergantung kebijakan merchant.

Nah sekarang anda tidak perlu khawatir lagi kemana uang tersebut hilang dengan anda mengetahui informasi ini, anda bisa lebih memperhatikan lagi mengenai rekening saldo tersebut. Karena pada setiap rekening akan di kenakan biaya administrasi bank.

Ditulis Oleh Fani Nurafni (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4)

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *