Tanggal:13 May 2024

Mengenal OEM, Apa Itu, Kualitas dan Bedanya dengan Original

Siapa disni yang suka berbelanja atau melihat-lihat produk di pasaran? Pasti kalian sudah tidak asing dengan istilah barang OEM. Namun apa sebenarnya maksud dari OEM tersebut? Apakah OEM merupakan merek brand tertentu?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, pada kesempatan kali ini Vocasia akan menjelaskan secara detail apa itu oem, kualitas dari OEM dan perbedaan OEM dengan original. Untuk pembahasan lebih detail, mari kita simak penjelasan di bawah ini!

Ilustrasi penjualan barang. Sumber: unsplash.com (Yunming Wang)

Apa Itu OEM (Original Equipment Manufacturer)

OEM merupakan perusahaan yang menghasilkan produk untuk digunakan perusahaan lain sebagai komponen untuk menambah nilai dalam produknya. Fokus dari OEM terdapat pada penjualan. Perusahaan yang membuat produk tersebut merupakan original equipment manufacturer.

Value Added Reseller (VAR) merupakan perusahaan yang membeli produk dari OEM untuk menambah nilai produk dengan cara menggabungkannya ke dalam produk perusahaan.

OEM adalah perusahaan pertama yang sudah membuat bahan utama untuk membuat suatu produk. Kamu akan menggunakan komponen utama yang sudah dibeli untuk membuat produk yang sama dengan barang yang perusahaan sebelumnya sudah produksi.

Akan tetapi untuk pemakai brand, produk yang sudah jadi tidak dapat menunjukan brand sebelumnya. Alhasil menciptakan desain dan merek kemasan baru.

Barang OEM sendiri berbeda dengan barang KW. KW adalah dimana orang tersebut meniru dari brand yang sudah ada. Produk KW biasanya menyerupai produk asli, tetapi kualitas yang disajikan berbeda.

Kualitas Produk OEM

Ketika kamu membeli produk OEM, maka kamu akan mendapatkan keuntungan yang tidak kamu temui saat membeli produk di tempat lain. Ada tiga alasan mengapa kamu perlu melakukan pembelian produk di OEM. Berikut di antaranya :

1) Kualitas yang Tinggi

Produk dari OEM memiliki kualitas yang tinggi. Produk OEM lebih unggul dibandingkan dengan produk aftermarket lainnya. Alasan produk OEM memiliki kualitas yang tinggi adalah karena telah menjalani pengujian industri yang ketat sebelum memenuhi syarat untuk digunakan. Pengujian ini diulang untuk membuat kecocokan daya tahan dari produk dapat terjamin.

2) Daya Tahan yang Lebih Kuat

Dengan kualitas yang tinggi, tentunya menandakan produk dari OEM terjamin dan memiliki daya tahan yang lebih kuat. Dengan daya tahan yang kokoh, kamu tidak perlu khawatir untuk menggunakannya dalam waktu yang lama. Original Equpment Manufacturer adalah pemasok yang memberikan kamu perkiraan periode penggantian suku cadang sehingga kamu tidak perlu melakukan perencanaan lebih baik.

3) Umur yang Lebih Panjang

Manfaat lainnya dari pembelian Original Equipment Manufacturer adalah umur yang lebih panjang daripada suku cadang dari aftermarket karena sudah terjamin kualitasnya. Nilai dari suku cadangnya berasal dari kemampuan untuk bertahan selama durasi tertentu dan cukup tangguh untuk bertahan. Maka dari itu, umur dari pemakaian produk ini akan memiliki jangka waktu yang lama.

Perbedaan OEM dan Original

Mungkin teman-teman vocasia masih berpikir bahwa barang OEM sama dengan barang yang original. Namun tentu saja berbeda, barang OEM dan original memiliki perbedaan. Berikut beberapa perbedaan barang OEM dan original:

1) Pihak yang Melakukan Produksi

Perbedaan barang OEM dan original yang pertama adalah barang original diproduksi oleh produsen yang resmi dan dipasarkan dalam bentuk yang asil. Sementara itu, untuk barang OEM diproduksi oleh pihak lain yang kemudian dikemas dan diolah lagi oleh pihak yang berbeda.

2) Cara Pemasaran

Perbedaan kedua antara barang OEM dan original adalah bagaimana cara memasarkannya. Produk OEM biasanya lisensinya akan dijual oleh perusahaan. Alhasil, perusahaan OEM bisa memproduksi atau mengolah ulang bahan baku yang didapatkan dari produsen original.

3) Harga Barang

Perbedaan ketiga antara barang original dan OEM terletak pada harganya. Produk original biasanya dijual dengan harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk OEM.

Itu adalah tiga perbedaan antara produk berjenis OEM dan original. Sekian artikel mengenai “OEM dalam bisnis”.

Baca artikel menarik lainnya dengan mengunjungi Blog Vocasia.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *