Tanggal:23 July 2024

Present Value (PV): Pengertian, Manfaat, Rumus dan Contohnya

Hallo sobat Vocasia!

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan hal-hal ekonomi. Namun apa yang kalian ketahui tentang ilmu tersebut? Pada dasarnya, ekonomi adalah ilmu yang mempelajari strategi manusia dalam mengelola sumber daya dengan jumlah terbatas. Oleh sebab itu, ekonomi mempunyai peran penting karena langsung berhubungan dengan manusia.

Ilustrasi present value. Sumber: unsplash.com (Markus Winkler)

Ilmu ekonomi mempunyai berbagai rumus untuk menghitung hal-hal tertentu. Sebagai contoh adalah rumus present values. Namun apa itu present value? Mari kita lihat penjelasannya di bawah!

Pengertian Present Value

Present value merupakan konsep yang memaparkan bahwa nilai uang di masa kini lebih besar daripada di masa yang mendatang meskipun jumlah nominal yang mirip.
Present Value dinilai dari cara menghitung seberapa besar pengembalian yang telah ditentukan sebelumnya dan yang sudah disebut dengan “tingkat diskonto”. Jadi, cara menilainya adalah dengan memahami future value atau tingkat diskonto. 
Dalam pengertian lain, present value adalah nilai saat ini dari uang yang akan diterima di masa mendatang. Seharusnya uang yang diterima di masa mendatang akan didiskonto memakai suatu tingkat diskonto tertentu supaya menghasilkan nilai uang di masa kini.

Manfaat Present Value

Setelah mengetahui pengertian present value, kamu juga harus mengetahui present value. Present value mewakili nilai diskonto saat ini berdasarkan arus kas di masa mendatang. Manfaatnya dari present value adalah untuk membantu para investor dalam mengetahui kesesuaian harga yang mereka bayarkan di suatu investasi dengan harapan mereka.
Sebagai contoh, bila kamu berinvestasi sebesar 200 ribu, maka nilainya akan lebih besar daripada di masa mendatang. Dengan pengertian kedua di atas, present value juga bisa digunakan untuk mengetahui berapa nilai 200 ribu di masa mendatang.
Tak hanya itu, mengutip dari WallStreetMojo yang menyebutkan bahwa setidaknya ada empat hal yang membuat present value menjadi penting dipahami:
  • Analisis bisnis
  • Konsep dasar/fundamental
  • Time-value dari uang
  • Mempersiapkan Inflasi

Rumus Present Value

Para investor selalu mengandalkan present value dalam menilai tingkat pengembalian investasi (Return of Investment). Prinsip dasarnya adalah investasi dengan tingkat diskonto yang lebih rendah cenderung mempunyai present value yang lebih tinggi.

Menghitung present value bisa kamu lakukan dengan mudah, yaitu menggunakan berbagai tools yang telah tersedia, Namun Anda juga harus memahami rumus dasarnya.

Berdasarkan buku Studi Kasus Perencanaan Sistem dan Teknik Transportasi Udara di Indonesia oleh Iman Haryanto dan Wiryanta (2018:165), secara umum rumus untuk perhitungan nilai present value adalah sebagai berikut:

PV = FV/(1+r)^n

Catatan

PV: nilai uang saat ini

FV: nilai proyeksi uang di masa mendatang

r: tingkat pengembalian hasil, tingkat diskonto, tingkat bunga, atau tingkat inflasi

n: jumlah periode

Contoh Penghitungan Present Value

Kamu ingin mengambil keuntungan nilai investasi sebesar Rp30 juta dalam 10 tahun mendatang. Diketahui investasi tersebut mempunyai tingkat pengembalian tahunan senilai 5%. Berapa besar modal yang kamu butuhkan untuk meraih nilai investasi Rp30 juta tersebut?

Berikut adalah cara penghitungannya

PV = 30 juta / (1+5%)^10

PV = Rp18,4 juta

Jadi, untuk bisa mengantongi investasi senilai Rp30 juta pada 10 tahun mendatang, kamu membutuhkan modal sebesar Rp18,4 juta.

Meskipun sudah memahami present value, harus selalu ingat dalam diri kamu bahwa tidak ada satu hal pun yang bisa menjamin pengembalian hasil di masa depan. Semua investasi pasti memiliki resiko masing-masing.

Perhitungan dari present value hanyalah bersifat perkiraan, tetapi tidak menjamin nilainya akan sama persis karena ada tingkat inflasi.

Biasanya investor kerap memakai present value sebagai dasar dalam menghitung net present value, yaitu menghitung perkiraan nilai yang dimiliki saat ini berdasarkan semua arus kas di masa mendatang. Hal ini membantu investor dalam mengevaluasi serta membandingkan peluang-peluang investasi yang mungkin diambil.

Berikut pembahasan mengenai pengertian dari present value, manfaat present value, cara menghitung present value, dan terakhir contoh dari perhitungan present value. Bagaimana? apakah kalian sudah bisa mengaplikasikan present value saat berinvestasi?

Mau belajar tentang investasi beserta istilah-istilah pentingnya? Ayo ikuti kursus “Investing 101: Cara Cepat Belajar Reksa Dana, Saham, Deposito, dan Emas”. Kebetulan sekarang ada promo diskon bulan Ramadhan. Segera bergabung dengan menekan tombol di bawah ini!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *