Tanggal:17 September 2024

Mengenal Fitur “Open to Work” pada LinkedIn dan Cara Memaksimalkannya

Mungkin beberapa dari kalian tidak asing dengan LinkedIn. LinkedIn adalah sebuah platform yang berguna untuk menemukan pekerjaan atau tempat magang, menghubungkan, dan memperkuat hubungan profesional, juga mempelajari keterampilan untuk bisa sukses dalam karir.

Baca Juga: Cara Mencari Kerja di LinkedIn Sesuai Dengan Preferensi Minat

LinkedIn menawarkan banyak fitur yang dapat membantu upaya dalam mencari pekerjaan atau tempat magang. Selain membuat koneksi dan melamar posisi secara langsung, kamu juga bisa mengiklankan bahwa kamu sedang aktif mencari pekerjaan menggunakan fitur Open To Work (Terbuka untuk Bekerja). 

Apa Itu Open To Work?

Open to Work (Terbuka untuk Bekerja) dalam LinkedIn adalah fitur yang terbilang baru, fitur ini memungkinkan kamu memberi tahu kepada seluruh koneksi bahwa profil kamu siap berada di pasar kerja. Ada dua opsi yang dapat digunakan untuk mengiklankan profil:

1. Semua Anggota LinkedIn

Opsi ini memungkinkan semua orang mengetahui bahwa kamu sedang mencari pekerjaan. Fitur ini menambahkan bingkai foto Open to Work di sekitar gambar foto profil yang kamu gunakan. Opsi ini dianggap sebagai cara yang lebih pasif untuk mencari pekerjaan, dan beberapa perekrut menyebutkan bahwa cara ini kurang efektif.

2. Hanya Perekrut

Opsi ini hanya akan memberitahu mereka yang menggunakan fitur LinkedIn Recruiter. Jika pencari kerja sudah memiliki pekerjaan penuh waktu, opsi ini dapat mencegah mereka yang bekerja di perusahaan pencari kerja melihat pemberitahuan tersebut. Meskipun membantu menjaga pencarian Anda tetap pribadi (banyak perusahaan yang tidak ingin kamu aktif mencari kerja padahal sudah memiliki pekerjaan tetap). LinkedIn mengatakan hal itu tidak menjamin privasi secara lengkap.

Baca Juga: Tips-Tips Untuk Akun LinkedIn Kamu Jadi Menarik!

Cara Mengaktifkan Open to Work pada LinkedIn

Gunakan fitur ini untuk mengiklankan profil kepada perekrut bahwa kamu sedang mencari pekerjaan. Open to Work dapat memudahkan perekrut untuk mencari profil orang yang sedang mencari pekerjaan sehingga pencari kerja akan dengan cepat terhubung dengan perekrut. Aktifkan fitur Open to Work dengan mengikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Pilih Saya pada ikon di sudut kanan atas halaman utama LinkedIn.
  2. Pilih Tampilkan Profil.
  3. Pilih Terbuka untuk > Mencari Pekerjaan Baru.
  4. Pilih jenis pekerjaan yang sedang dicari, kamu dapat memilih dari mulai dari judul pekerjaan potensial, tempat kerja, lokasi pekerjaan, dan tanggal mulai bekerja. Filter ini juga memungkinkan anda untuk memilih jenis pekerjaan antara penuh waktu, kontrak, paruh waktu, magang, atau pekerjaan sementara.
  5. Setelah itu kamu dapat menentukan siapa yang bisa melihat pemberitahuan tersebut, pilih panah bawah dan tentukan antara Semua anggota LinkedIn atau Perekrut saja.
  6. Pilih Tambahkan ke Profil, fitur tersebut sudah digunakan dalam profil LinkedIn kamu.

Sebagian besar perekrut akan menghubungi kamu melalui fitur InMail dan LinkedIn, pastikan kamu merespons, meski hanya untuk memberi tahu mereka bahwa kamu tidak tertarik. Gagal menanggapi pesan akan mengakibatkan pihak LinkedIn menghubungi kamu untuk melakukan konfirmasi bahwa kamu masih tertarik. Jika pesan tersebut masih tidak ditanggapi, pihak LinkedIn akan menghapus Open to Work dari profil kamu.

Baca Juga | Memahami Surat Rekomendasi Kerja, Contoh Dan Cara Mendapatkannya

Risiko Menggunakan Open to Work

Pencari kerja harus berhati-hati ketika menggunakan fitur ini. Meskipun fitur ini dapat menjadi alat yang berguna untuk menemukan peluan kerja baru. Ini juga dapat membahayakan pekerjaan kamu yang sedang dijalankan.  Namun, jika kamu seorang pekerja kontrak atau pekerja lepas, fitur ini hampir bebas risiko, kamu tidak memiliki kewajiban atau berharap untuk terus bekerja pada satu klien yang sama secara khusus.

Jika kamu seorang pekerja penuh waktu, memulai pencarian kerja memiliki risiko. Perusahaan tempat kamu bekerja dapat menggunakan pencarian kamu yang memiliki status Open to Work pada LinkedIn, dan memutuskan hubungan kerja sama dengan kamu. Ini harus menjadi perhatian pengguna LinkedIn yang sudah memiliki pekerjaan. Opsi hanya perekrut akan memberikan beberapa privasi, dibandingkan opsi semua pengguna LinkedIn. Ini dapat meminimalisir risiko yang kamu dapat ketika menggunakan LinkedIn.

Cara Memaksimalkan Fitur Open to Work. (Image: Freepik)

Baca Juga: Fungsi LinkedIn Untuk Karir? Berikut Penjelasannya!

Cara Memaksimalkan Fitur Open To Work

Atur profil LinkedIn kamu semenarik mungkin. Perekrut akan meliriknya hanya beberapa detik sebelum memutuskan untuk menggali lebih dalam atau melanjutkannya. Gunakan momen tersebut untuk membuat kesan yang baik dan membuat mereka lebih dalam lagi tentang kamu. Saat perekrut meneruskan profil kamu ke manajer perekrutan, pengoptimalan itu akan memberi kamu peluang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan.

Mulailah dengan mengatur foto profil. Pilih foto profesional yang setidaknya memiliki kualitas 400 x 400 piksel. Foto profesional harus menunjukkan wajah secara jelas dan berpenampilan rapi. Dalam opsi privasi, pastikan foto profil kamu terlihat oleh semua anggota LinkedIn

Agar profil Anda lebih menarik, manfaatkan secara maksimal headline LinkedIn. Ini adalah deskripsi yang berisi setidaknya 220 karakter mengenai siapa kamu. Sertakan laporan singkat tentang apa yang kamu lakukan dan posisi kamu saat ini. Jika Anda seorang freelancer, sertakan email atau nomor telepon akan sangat membantu perekrut ketika hendak menghubungi kamu.

Atur profil LinkedIn dengan mencantumkan kisah-kisah kamu, jelaskan tentang siapa diri kamu, apa yang membuat kamu terinspirasi, dan pencapaian yang telah anda lakukan pada masa lalu. Kamu memiliki 2000 karakter untuk bagian ini, tulislah secara jujur, gunakan kata kunci dan perbarui bagian ini seiring pertumbuhan karir kamu.

Baca Juga: Ini Dia, Cara Membuat Akun Linkedin Perusahaan Dengan Mudah!

Ingatlah bahwa pembaca akan melihat sekitar 265 karakter awal sebelum mereka memilih “Lihat Selengkapnya”. Memaksimalkan penggunaan karakter awal tersebut akan membuat profil lebih menarik dan membuat perekrut ingin membaca lebih dalam tentang apa yang kamu katakan.

Isi bagian pengalaman kerja, jangan ragu untuk meninggalkan posisi sebelumnya yang tidak relevan dengan penelusuran kamu Jika sedang membangun karir sebagai desainer grafis, tidak apa-apa jika tidak mencantumkan pengalaman kerja kamu sebagai seorang masinis. Namun, jika ditanya dalam sebuah wawancara kerja, jujurlah tentang riwayat pekerjaan yang pernah kamu jalankan.

Terakhir edit URL profil Anda agar profil kamu dapat lebih menonjol dan dilirik oleh pengguna LinkedIn dengan cara berikut.

  1. Pilih Saya > Tampilkan Profil.
  2. Lihat pada pojok kanan atas dan pilih Edit Profil & URL Publik.
  3. Pilih ikon pensil di sebelah URL LinkedIn dan masukan URL baru, lalu pilih Menyimpan.

URL dapat terdiri dari 100 karakter. Pilihan terbaik ketika membuat URL profil LinkedIn adalah membuatnya dengan singkat dan sederhana. Optimalkan profil sebelum memulai pencarian pekerjaan. 

Baca Juga | 8 Cara Membatalkan Interview Kerja Dengan Benar Dan Profesional, Beserta Contohnya

Cara Menghapus Status Open to Work pada Profil LinkedIn. (Image: Freepik)

Cara Menghapus Open to Work

Ketika sudah mendapatkan pekerjaan yang tepat, ada baiknya untuk menghapus status Open to Work dari profil kamu agar tidak menyesatkan perekrut yang masih mencari calon. Kamu dapat mengedit status ini baik di situs web maupun pada aplikasi seluler.

Baca Juga: Cara Membangun Personal Branding Di Linkedin Dan Manfaatnya

Cara Menghapus Open to Work di LinkedIn pada PC

Untuk menghapus status Open to Work dari profil LinkedIn pada PC, ikuti langkah-langkah ini.

  1. Buka LinkedIn dan LogIn ke akun LinkedIn milik kamu. Akses profil kamu dengan memilih ikon kamu pada sisi kiri layar. Kamu juga dapat mengklik ikon profil kamu pada menu atas, pilih Lihat Profil.
  2. Status Open to Work ditampilkan pada kotak tepat di bawah foto profil kamu. Klik ikon pensil pada pojok kotak info Open to Work. 
  3. Jendela pop-up akan terbuka. Temukan opsi Hapus dari Profil pada bagian bawah jendela. Pilih Hapus di pop-up, dan status Open to Work akan dihapus dari profil LinkedIn kamu.

Cara Menghapus Open to Work pada Aplikasi Seluler LinkedIn

Selain menggunakan PC atau pada website LinkedIn, kamu juga dapat mengubah atau menghapusnya melalui aplikasi seluler LinkedIn. Berikut adalah cara menghapus status dari profil kamu di iOS dan Android.

  1. Buka aplikasi LinkedIn di iOS atau Android. Ketuk gambar profil kamu di feed utama.
  2. Pilih Lihat Profil di bawah nama kamu. Kamu akan melihat status Open to Work pada kotak di bagian atas profil kamu.
  3. Ketuk ikon pensil. Gulir ke bawah untuk menemukan opsi Hapus dari Profil. Ketuk Hapus sekali lagi pada pop-up.

Jika ingin tetap membuka posisi baru tanpa memberitahu anggota LinkedIn lainnya, ubah preferensi dengan cara berikut.

  1. Buka pengaturan Open to Work seperti pada langkah-langkah di atas.
  2. Ketuk Semua Anggota LinkedIn ubah menjadi Hanya Perekrut.
  3. Simpan perubahan.

Baca Juga | Jurusan Sastra Indonesia: Mata Kuliah Dan Prospek Kerjanya

Fitur Open to Work pada LinkedIn memudahkan perekrut menemukan kandidat yang cocok dengan posisi yang ditawarkan. Kamu bisa memberitahu perekrut dan jaringan Anda di LinkedIn bahwa sedang mencari peluang kerja baru. 

Semoga artikel ini bermanfaat, ingatlah bahwa mencari kerja terkadang membutuhkan waktu. Tetap semangat untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, maksimalkan profil LinkedIn kamu agar segera mendapatkan pekerjaan yang tepat!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *