Tanggal:15 May 2024

Cara Mencari Kerja di LinkedIn Sesuai Dengan Preferensi Minat

LinkedIn merupakan platform media sosial yang dapat digunakan untuk mencari dan melamar pekerjaan. Berbeda dengan media sosial lainnya, LinkedIn sifatnya lebih profesional karena di dalamnya terdapat berbagai perusahaan atau instansi yang terverifikasi aman untuk melakukan hubungan kerja sama dalam mencari dan melamar pekerjaan.

LinkedIn juga merupakan platform yang dapat digunakan untuk mengembangkan karier karena beragam pekerjaan dari berbagai aspek dapat ditemukan di sana, dan para pencari kerja dapat mencari pekerjaan di manapun dan kapanpun sesuai dengan passion yang diminati masing-masing.

Keuntungan lain dari platform ini adalah pengguna dapat memilih bekerja sebagai pekerja lepas atau freelance sehingga sangat cocok bagi kamu yang memiliki keterbasan jarak, waktu atau lainnya. Sehingga kamu bisa tetap bekerja dan mendapat profit yang menguntungkan sesuai dengan kesepakatan dari kedua belah pihak terhadap pekerjaan yang akan diambil.

Berikut akan dipaparkan mengenai bagaimana cara menggunakan platform LinkedIn, lalu bagaimana cara mencari pekerjaan di LinkedIn, hingga bagaimana cara melamar pekerjaan di LinkedIn. Penasaran? simak selengkapnya berikut ini!

Baca juga: Fungsi LinkedIn Untuk Karir? Berikut Penjelasannya!

Cara Membuat Akun LinkedIn

Akun LinkedIn. (Sumber: freepik.com)

Cara menggunakan LinkedIn cukup mudah. Kamu tinggal mendaftar akun LinkedIn, kemudian menggunakan akun tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa menggunakan LinkedIn untuk menyimpan portofolio pekerjaan, membangun kredibilitas, hingga mencari karier baru lewat pekerjaan baru. Untuk bisa menggunakan LinkedIn, kamu harus mendaftarkan akun terlebih dahulu. Langkah daftar akun LinkedIn adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman pendaftaran LinkedIn di https://www.linkedin.com/reg/join
  2. Ketik nama depan dan nama belakang, alamat email, dan kata sandi yang akan kamu gunakan
  3. Kamu harus menggunakan nama asli ketika membuat profil LinkedIn
  4. Isi semua data diri, mulai dari pengalaman bekerja, latar belakang pendidikan, hingga keahlian secara lengkap
  5. Hal ini memudahkan perusahaan mengetahui kepribadian serta kemampuan kamu. Ikuti langkah selanjutnya secara lengkap
  6. Selesai.

Cara Mencari Pekerjaan di LinkedIn

LinkedIn. (Sumber: freepik.com)

Setelah memahami cara membuat akun LinkedIn, kamu bisa memulai mencari pekerjaan di LinkedIn yang sesuai dengan keahlian dan kualifikasimu. Cara mencari pekerjaan di LinkedIn bisa dilakukan lewat kolom pencarian pada bagian atas halaman utama. Kamu pun bisa menyesuaikan lokasi bekerja, jenis industri, serta jenis pekerjaan sesuai dengan yang kamu minati.

Berikut adalah rincian cara mencari pekerjaan di LinkedIn dikutip dari laman resmi LinkedIn:

  1. Klik ikon ‘Jobs’ di bagian atas halaman utama LinkedIn
  2. Klik kolom ‘Search jobs’ dan masukan kata kunci atau nama perusahaan. Kamu juga bisa memilih peran pekerjaan yang disarankan LinkedIn sesuai dengan kualifikasi setelah memperbarui profilmu
  3. Masukkan lokasi pekerjaan yang kamu inginkan di kolom ‘Cari’ lokasi dan klik ‘Cari’
  4. Gunakan opsi filter di bagian atas halaman hasil pencarian untuk memfilter hasil sesuai dengan preferensi
  5. Kamu akan menemukan banyak lowongan kerja sesuai dengan preferensi dan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca juga: Mengenal Fitur “Open To Work” Pada LinkedIn Dan Cara Memaksimalkannya

Cara Melamar Kerja Lewat LinkedIn

Kerjasama pebisnis dengan LinkedIn. (Sumber: freepik.com)

Setelah mencari pekerjaan di LinkedIn, kali ini akan dijelaskan mengenai cara melamar kerja lewat LinkedIn. Pada lowongan kerja yang kamu buka ketika mencari lowongan pekerjaan, kamu akan mendapatkan tombol ‘Easy Apply‘ atau ‘Apply‘. Melalui ‘Easy Apply‘, Kamu bisa melakukan proses melamar kerja langsung melalui LinkedIn. Jika melalui ‘Apply‘, kamu akan diarahkan ke website perusahaan tersebut atau pihak ketiga untuk melamar pekerjaan di luar website LinkedIn.

Secara lebih rinci, berikut adalah cara melamar kerja lewat LinkedIn melalui fitur ‘Easy Apply‘:

  1. Klik pada posisi pekerjaan untuk melihat detail
  2. Klik tombol Easy Apply pada pilihan Easy Apply/Apply di bagian atas
  3. Masukkan informasi yang diperlukan di layar pop up
  4. Klik ‘Tinjau’ untuk meninjau lamaran
  5. Klik ‘Kirim Aplikasi’

Setelah melamar kerja lewat LinkedIn, kamu tinggal menunggu balasan dari orang yang mengunggah lowongan kerja. Jika kamu melamar melalui fitur ‘Easy Apply‘, kamu akan mendapatkan update dan notifikasi yang memberitahu apakah orang yang mengunggah pekerjaan telah melihat dan men-download resume yang kamu masukan dalam lamaran.

Proses selanjutnya, bergantung pada pihak perusahaan yang membuka lowongan kerja, bisa langsung diterima atau wawancara terlebih dahulu atau bahkan tidak diterima. Namun, apabila berkas-berkas yang kamu ajukan sesuai dengan permintaan pengunggah lowongangan kerja, maka berpeluang besar untuk diterima.

Baca juga: Tips-Tips Untuk Akun LinkedIn Kamu Jadi Menarik!

Nah, itu dia artikel yang dapat digunakan sebagai referensimu sebagai pemula dalam menggunakan platform LinkedIn untuk mencari pekerjaan. Ingatlah bahwa mencari kerja merupakan hal yang mulia dan membutuhkan waktu, sehingga tetap semangat dan tetap untuk mencari informasi-informasi yang menunjang pekerjaanmu.

Vocasia memiliki beragam informasi penting dan faktual tentang dunia kerja yang cocok banget buat kamu yang sedang mencari pekerjaan. Silakan klik tautan berikut untuk mendapatkan informasi-informasi tentang dunia kerja lainnya, klik di sini. Selamat mencoba! dan semoga sukses selalu!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *