Tanggal:15 May 2024

Apa Itu Brand Activation? Manfaat, Bentuk, dan Contohnya

Dewasa ini, semakin meningkatnya kompetisi bisnis membuat pemilik brand sulit untuk mengembangkan produk, apalagi mempertahankan ciri khas dan keunikan yang dimilikinya, lantaran biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya mengapa ada sebuah produk yang berkualitas tapi kurang dilirik oleh masyarakat ? atau mengapa ada produk yang biasa saja tapi bisa djual dengan mahal bahkan menjadi incaran para customer ?

Maka dari itu, strategi brand activation sangat berperan penting untuk kemajuan bisnis. Sederhanya tujuan brand activation adalah agar customers lebih dekat dengan brand. Brand harus melakukan kegiatan promosi dengan pengalaman yang nyata demi mendapatkan kepercayaan customer.

Untuk penjelasan lebih dalam bisa disimak artikel dibawah ini :

Apa Itu Brand Activation ?

Brand Activation (Pixabay)

Econsultancy menjelaskan bahwa brand activation adalah sebuah proses untuk membuat brand lebih dikenal orang, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan engagement melalui beberapa jenis kegiatan brand.

Brand activation adalah suatu bentuk kegiatan promosi merek dengan berinteraksi lebih dekat ke penggunanya melalui berbagai kegiatan pengalaman akan suatu merek yang menarik perhatian mereka. Bukan hanya itu, brand harus menciptakan kesan yang kuat dan membuktikan bahwa janji yang disebut dalam iklan mereka itu benar.

Dalam menciptakan brand activation ini, brand tentunya harus mampu membangun hubungan emosional dengan konsumen. Semakin kuat hubungan emosional, maka interaksi pun akan lebih berkualitas, misalnya saja konsumen akan lebih sering lagi membeli produk.

Ada berbagai bentuk dalam melakukan brand activation. Bentuk-bentuk ini pun akan berubah-ubah seiring dengan berkembangnya keinginan customers. Maka dari itu, jika kamu ingin melakukan brand activation, mengetahui apa yang disukai calon pelanggan sangatlah penting. Kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Brand activation akan memberikan dampak secara jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka pendek diharapkan akan meningkatkan jumlah pejualan dan pendapatan, sedangkan jangka panjang lebih dari itu, yaitu akan meningkatkan brand awareness, brand switching, dan brand loyalty dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Apa Itu Brand Image? Pengertian, Pentingnya, Contoh Dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis

Manfaat Brand Activation

Manfaat brand activation (Pixabay)

1. Memperkuat Posisi Brand

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa fungsi dari brand activation adalah meningkatkan brand awareness, brand switching, dan brand loyalty. Dengan meningkatnya ketiga unsur tersebut, posisi brand kamu di pasar akan semakin kuat secara otomatis. Audiens akan semakin mengenal brand-mu dan kemungkinan besar akan membeli lagi produkmu.

2. Menjangkau Pelanggan Baru

Selain meningkatkan brand awarness dan engagement dari pelanggan sebelumnya, brand activation juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan pelanggan baru. Mereka akan sadar dengan kehadiran serta kualitas yang ada pada produkmu dan akan memutuskan untuk membelinya atau menjadi customer baru.

Mendapatkan pelanggan baru mungkin hal yang sulit. Namun, kamu bisa melakukannya dengan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan yang sudah ada, agar pelanggan lama bisa merekomendasikan produkmu kepada calon pelanggan lain.

3. Mendapatkan Feedback

Suatu hal yang menarik dari brand activation, kamu bisa mendapatkan feedback secara langsung dari pelanggan. misal testimoni produk yang telah mereka pakai. Dari feedback tersebut juga kamu bisa mengevaluasi bisnis mu karena saran atau kritik yang diberikan oleh pelanggan.

4. Meningkatkan Kualitas Produk

Seperti yang telah dijelaskan dari poin sebelumnya, mendapatkan feedback dari pelanggan merupakan suatu hal yang penting. Kamu bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan dari saran atau feedback yang diberikan, sehingga kamu terdorong untuk mengevaluasi bisnismu dan mengembangkan produk agar lebih disukai oleh pelanggan.

Baca juga: 9 Strategi Promosi Untuk Mengembangkan Bisnismu!

Bentuk-bentuk Brand Activation

1. Experimental activation

Experimental activation adalah salah satu bentuk dari brand activation yang perlu kamu coba. Bentuk dari brand activation ini akan menggabungkan pengalaman digital dan fisik ke para pelanggan.

Contohnya, kamu bisa membuat suatu tantangan di TikTok yang bisa diikuti oleh siapa saja. Tantangan tersebut adalah menggunakan produk terbaru dari brand Anda.

Nantinya, pengguna TikTok pun akan tertarik untuk membeli produk baru kamu dan mencobanya. Bentuk yang satu ini dianggap paling sukses karena pelanggan bisa secara langsung merasakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

2. Social Media Activation

Pasti kamu sering mendengar kata endorse. Aktivitas promosi produk yang biasanya dilakukan oleh para influencer, selebram, public figure ternyata lebih berpengaruh besar terhadap peningkatan jumlah pelanggan. Oleh karena itu bentuk brand activation jenis ini sering dilakukan oleh para pemilik brand.

Bukan hanya itu, pemilik brand juga melakukan social media marketing di akun resminya, seperti pemasangan iklan, Campaign, mengadakan giveaway dll

Baca juga: Apa Itu Digital Branding? Kunci Sukses Dalam Penerapan Bisnis Online

3. Marketing Event Activation

Bentuk brand activation yang lain adalah marketing event activation. Dalam bentuk ini, brand berusaha menggaet pelanggannya melalui sebuah event marketing yang dapat mereka ikuti secara langsung. Misalnya, kamu membuat brand activation dalam sebuah pameran, expo, kompetisi, dan sebagainya.

4. Sponsorship Activation

Selain empat bentuk di atas, brand activation juga dapat dilakukan dengan sponsorship activation. Tentu kamu pernah, kan, melihat sebuah pertandingan olahraga yang dipenuhi oleh tulisan sponsor bergengsi? Atau, kamu mungkin pernah melihat poster sebuah festival musik yang terdapat logo berbagai sponsor?

Itulah salah satu bentuk brand activation yang banyak dipilih oleh brand. Kamu bisa mendapat perhatian banyak orang,  khususnya dari peserta atau penonton acara yang disponsori brand-mu.

Contoh Brand Activation

Kegiatan dibwah ini yang mungkin sering kamu liat ketika brand melakukan promosi :

  1. Pameran
  2. Endorse
  3. Sponsor
  4. Giveaway
  5. Campaign
  6. Talkshow
  7. Konser musik

Nah, itu dia sekilas informasi mengenai brand activation. Semoga bermanfaat

Baca juga: Kenali Digital Activation Dan Penggunaannya Dalam Dunia Marketing

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *