Tanggal:22 June 2024
pengalaman organisasi di cv

Pengalaman Organisasi Di CV, Ini Tips Hingga Contohnya

Pengalaman organisasi dapat menjadi nilai tambah dalam CV Anda. Namun, mencantumkan pengalaman organisasi di CV tidak semudah itu. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar pengalaman organisasi Anda dapat menarik perhatian HRD. Selain itu, contoh pengalaman organisasi juga dapat membantu Anda dalam menulis CV. Berikut adalah tips dan contoh yang dapat Anda jadikan referensi.

Pentingnya Mencantumkan Pengalaman Organisasi di CV

Mencantumkan pengalaman organisasi di CV sangat penting karena dapat menampilkan soft skill atau kemampuan yang dimiliki oleh pelamar kerja. Pengalaman organisasi juga dapat membantu pelamar kerja mendapatkan kredibilitas yang lebih baik dan menunjukkan bahwa mereka aktif berorganisasi. Beberapa alasan mengapa pelamar kerja perlu mencantumkan pengalaman organisasi di CV antara lain:

  • Menambah kredibilitas dan menunjukkan kemampuan melalui pengalaman kerja dan organisasi yang dimiliki.
  • Menunjukkan kontribusi pelamar kerja untuk lingkungan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan organisasi.
  • Membantu pelamar kerja mengisi kekosongan pengalaman kerja yang dimiliki.

Pelamar kerja dapat mencantumkan berbagai jenis pengalaman organisasi di CV, seperti pengalaman mengikuti organisasi tertentu, pengalaman terkait kerelawanan, jabatan eksekutif kepemimpinan, atau pengalaman mengajar secara sukarela. Saat menuliskan pengalaman organisasi di CV, pastikan untuk menuliskan nama organisasi, posisi dan masa jabatan di organisasi tersebut, serta deskripsi tanggung jawab selama berperan dalam organisasi dan pencapaian jika ada.

Pengalaman Organisasi yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Berikut adalah beberapa pengalaman organisasi yang dibutuhkan di dunia kerja:

  • Project management: Kemampuan untuk mengelola proyek dan mengatur sumber daya sangat penting di dunia kerja. Pengalaman organisasi dalam mengelola proyek dapat membantu pelamar kerja menunjukkan kemampuan manajerial mereka.
  • Mengelola keuangan: Kemampuan untuk mengelola keuangan dan anggaran juga sangat penting di dunia kerja. Pengalaman organisasi dalam mengelola keuangan dapat membantu pelamar kerja menunjukkan kemampuan keuangan mereka.
  • Kepemimpinan: Kemampuan untuk memimpin dan bekerja dalam kelompok sangat penting di dunia kerja. Pengalaman organisasi dalam memimpin dan mengkoordinasi tim dapat membantu pelamar kerja menunjukkan kemampuan kepemimpinan mereka.
  • Kemampuan bersosialisasi: Kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain sangat penting di dunia kerja. Pengalaman organisasi dalam berinteraksi dengan orang lain dapat membantu pelamar kerja menunjukkan kemampuan sosial mereka.
  • Keterampilan teknis: Pengalaman organisasi dalam bidang teknis tertentu, seperti pengembangan web atau desain grafis, dapat membantu pelamar kerja menunjukkan keterampilan teknis mereka yang relevan dengan pekerjaan yang mereka lamar.

Pengalaman organisasi dan kepanitiaan yang dilakukan selama masa kuliah memiliki nilai lebih karena dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh pelamar kerja. Selain itu, pengalaman organisasi juga dapat membantu pelamar kerja mengisi kekosongan pengalaman kerja yang dimiliki. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencantumkan pengalaman organisasi di CV dan menuliskannya dengan jelas dan terperinci.

Cara 

Berikut adalah beberapa tips cara menulis pengalaman organisasi di CV:

  • Tuliskan nama organisasi dengan jelas dan pastikan nama organisasi yang kamu ikuti disertakan di kolom pengalaman organisasi.
  • Tuliskan posisi apa yang kamu miliki saat berada di organisasi tersebut.
  • Tuliskan berapa lama masa jabatanmu di organisasi tersebut.
  • Jabarkan tanggung jawab dan pencapaian yang kamu lakukan selama berperan dalam organisasi.
  • Urutkan pengalaman organisasi mulai dari yang terbaru hingga yang paling lama, menggunakan format CV kronologi terbalik.
  • Jangan menuliskan semua pengalaman organisasi yang kamu miliki, pilih pengalaman organisasi yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.
  • Jangan hanya menuliskan nama organisasi saja, tetapi sertakan juga deskripsi tanggung jawab dan pencapaian yang kamu lakukan selama berperan dalam organisasi.

Contoh 

Berikut adalah beberapa contoh pengalaman organisasi yang dapat dicantumkan di CV:

  • Anggota organisasi mahasiswa, seperti Himpunan Mahasiswa Psikologi, Badan Eksekutif Mahasiswa, dan lain-lain.
  • Anggota tim advokasi mahasiswa.
  • Anggota organisasi pecinta alam, seperti Blue Hikers.
  • Kepemimpinan dalam organisasi, seperti ketua atau sekretaris.
  • Kepanitiaan dalam acara atau event, seperti panitia seminar atau panitia acara kampus.
  • Pengalaman kerelawanan, seperti menjadi relawan di lembaga sosial atau lingkungan.
  • Pengalaman mengajar secara sukarela, seperti mengajar di tempat belajar anak jalanan.

Pastikan untuk menuliskan nama organisasi, posisi dan masa jabatan di organisasi tersebut, serta deskripsi tanggung jawab selama berperan dalam organisasi dan pencapaian jika ada.

Tambah Pengalaman dan Skill Anda di Vocasia

Vocasia menyediakan berbagai kursus untuk membantu Anda meningkatkan pengalaman dan keterampilan Anda dalam mencari pekerjaan. Anda dapat mengikuti kursus Menyusun CV atau Resume yang Menarik dan Cara Mendapatkan Pekerjaan Pertama Setelah Lulus Kuliah untuk memperbaiki CV Anda dan mendapatkan tips untuk meraih pekerjaan pertama. Selain itu, Vocasia juga menyediakan berbagai kursus untuk meningkatkan keterampilan Anda, seperti kursus public speaking dan kursus quality control. Dengan menambah pengalaman dan keterampilan Anda di Vocasia, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selain itu, dengan mencantumkan pengalaman organisasi di CV, Anda dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki serta menambah kredibilitas dalam mata HRD.

Dengan mengikuti tips dan contoh pengalaman organisasi di CV yang telah disebutkan, diharapkan dapat membantu Anda dalam menulis CV yang menarik dan memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Jangan lupa untuk menutup surat lamaran pekerjaan dengan kalimat yang sopan dan menarik agar meninggalkan kesan yang baik pada HRD. Semoga sukses dalam mencari pekerjaan dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *