Tanggal:08 September 2024

Pelajari 10 Jenis Determiner Agar Kalimat Bahasa Inggris Kamu Utuh!

Setiap bahasa yang kita pelajari memiliki pola dan struktur yang berbeda. Hal ini pasti kamu temukan juga saat belajar bahasa Inggris dan mengenal struktur kalimat yang wajib dipelajari. 

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Subject, noun, verb, dan sebagainya merupakan salah satu materi dasar yang perlu kamu ketahui saat belajar bahasa Inggris. Melewatkan salah satu bagiannya akan berakibat dalam kesulitan kamu saat menyusun suatu kalimat bahasa Inggris yang benar.  

Sebuah kalimat bahasa Inggris ada frasa yang dinamakan sebagai determiner dan biasanya selalu disisipkan di depan noun atau kata benda. Pernah dengar mengenai determiner? Jika belum simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Pengertian Determiner

Pengertian determiner merupakan kata atau kelompok kata (frasa) yang biasanya diletakkan di depan noun untuk membatasi makna noun tersebut. 

Kegunaan determiners adalah untuk memperkenalkan atau menyediakan konteks pada suatu kata benda. Menyediakan konteks dapat berupa bentuk kuantitas (three apples) atau kepemilikan (my apple).

Pada suatu kalimat, kehadiran determiners akan membantu kamu dalam melakukan percakapan sehari-hari, karena dalam berbagai kondisi ketiadaan determiners justru akan membuat kalimat tersebut tidak utuh.

Pertanyaan yang sering muncul, apakah semua yang diletakkan di depan noun merupakan sebuah determiner? Tentu saja tidak.

Perlu digarisbawahi, bahwa tidak semua yang diletakkan di depan noun adalah determiner, melainkan suatu adjectives atau adjective yang bisa diletakkan di depan nouns. Perbedaanya adalah apabila adjectives berguna untuk menunjukan kata sifat dalam kalimat yang lebih spesifik seperti beautiful dan memiliki tingkatan pembanding, sedangkan determiners tidak.

Berikut di bawah ini 10 jenis determiners yang perlu kamu ketahui untuk menyusun kalimat bahasa Inggris secara utuh. Simak, yuk!

Baca Juga: Macam-macam tenses beserta kegunaannnya

1. Definite article

Definite article. Sumber: pexels.com

Penggunaan determiner jenis definite article untuk menunjukkan suatu benda tunggal yang dapat dideskripsikan kuantitasnya. Bisa juga tidak dapat ditentukan kuantitasnya, tetapi penutur dan lawan bicara telah mengetahui benda apa yang dibicarakan tersebut.  

Karena jenisnya merupakan sebuah article jadi tidak dapat dimaknai sama sekali, berbeda dengan determiner lain yang dapat dimaknai walaupun tidak tergabung dalam suatu kalimat. Definite article digunakan untuk benda yang telah diketahui dan satu-satunya definite article adalah “the”. Berikut contoh kalimat penggunaan “the”:

  • Can you read the letter  for me, please? (Apakah kamu bisa membacakan suratnya untuk saya?)
  • I don’t think I can’t pass the final test. (Aku tidak berpikir aku tidak bisa lulus ujian akhir.)

Baca Juga: Contoh kalimat Offering Help beserta artinya

2. Possessives

Possessives. Sumber: pexels.com

Determiner ini digunakan untuk menyatakan kepemilikan atau kepunyaan terhadap suatu benda baik secara fisik maupun abstrak.  Contoh kata yang dapat digunakan antara lain my, your, her, his, its, our, their, dan whose. Adapun contoh kalimat yang dapat digunakan dalam determiner jenis possessives:

  • Your high heels are very incredible. (Sepatu hak tinggimu sangat menakjubkan.)
  • Her mother is so beautiful with 90’s style. (Ibunya sangat cantik dengan gaya 90’s)

Baca Juga: Pengertian dan contoh penggunaan Demonstrative Pronoun sebagai kata tunjuk

3. Demonstratives

Demonstratives. Sumber: pexels.com

Determiner ini digunakan sebagai penunjuk atau menunjuk benda pada satu titik. Contoh kata yang dapat digunakan antara lain that, this, those, these. Adapun contoh kalimat yang dapat digunakan dalam determiner jenis demonstratives.

  • I want to take these cute furniture for my room. (Aku ingin mengambil perbotan yang lucu untuk ruanganku.)
  • That kittens are sick. (Anak-anak kucing itu sakit.)

Baca Juga: Pengertian dan contoh penggunaan adverb of place

4. Interrogatives

Interrogatives. Sumber: pexels.com

Determiner ini digunakan dalam sebuah pertanyaan yang biasanya memberikan jawaban atas kalimat tanya “which”. Contoh penggunaan kalimatnya adalah:

  • Which key do I need to open the door? (Kunci yang mana yang aku butuhkan untuk membuka pintu?)
  • Which one of dresses will you buy? (Mana di antara gaun-gaun ini yang akan kamu beli?)

Baca Juga: Jenis-jenis Interrogative Sentences

5. Indefinite Articles

Indefinite articles. Sumber: pexels.com

Kebalikan dari definite articles, indefinite articles digunakan secara tidak tentu untuk menunjukkan benda tunggal. Contoh kata indefinite articles adalah a dan an. Adapun penggunaan kalimat indefinite articles sebagai berikut:

  • He lost a job for a while. (Dia kehilangan pekerjaan untuk sementara waktu.) 
  • Anna found an accessory on the table. (Anna menemukan aksesori di atas meja.) 

Baca Juga: Pengertian adverb dan contohnya

6. Quantifiers 

Quantifiers. Sumber: pexels.com

Quantifiers adalah jenis determiner untuk menyatakan ukuran secara kuantitas tetapi bukan kuantitas yang benar-benar sama persis. Determiner ini dapat digunakan untuk countable noun atau uncountable noun. Contoh kata quantifiers antara lain all, much, few, many, and some. Adapun penggunaan kalimat quantifiers sebagai berikut:

  • Many people think she’s the protagonist in the story. (Banyak orang berpikir bahwa ia adalah pelaku utama di dalam cerita.)
  • Don’t forget to eat some snacks, you’ll be recover. (jangan lupa untuk makan beberapa camilan, kamu akan menjadi pulih.)

Baca juga: Bentuk-bentuk reflexive pronoun dan contoh penggunaannya

7. Number

Number: Sumber: pexels.com

Number sebagai bentuk determiner digunakan dengan menyatakan suatu angka atau nilai pasti yang telah terukur dan hanya bisa digunakan untuk countable noun saja. Berikut contoh kalimat number sebagai determiner sebagai berikut.

  • I need 4 kilos of sugar, please? (Saya butuh 4 kilo gula)
  • Sinta is looking for a cat to adopt (Sinta mencari satu kucing untuk diadopsi.)

Baca juga: Pengertian dan contoh penggunaan Adverb of Place

8. Distributives

Distributives. Sumber: pexels.com

Distributives sebagai determiner digunakan untuk menunjuk satu atau seluruh bagian yang ada dalam sebuah grup. Contoh kata distributives meliputi each, any, either, or, every, nor, neither. Adapun penggunaan kalimat dalam distributives adalah sebagai berikut. 

  • Each of the students do the exam. (Setiap siswa mengerjakan ujian.)
  • Neither you nor I have washed the dishes today. (Baik kamu maupun saya tidak mencuci piring hari ini.)

Baca Juga: Jenis-jenis Adverb of Time

9. Difference Words

Difference words. Sumber: pexels.com

Different words digunakan dalam determiner untuk menunjukkan adanya bagian lain dari noun yang dibicarakan. Difference words meliputi kata other, another, else, any else.

  • I don’t care if my friend or other stranger say I’m arrogant. (Aku tidak peduli kalau teman saya atau yang lainnya mengatakan saya sombong.)
  • I wouldn’t meet another guy like my father ever. (aku tidak akan pernah bertemu pria lain seperti ayahku.)

Baca Juga: Cara penggunaan Expressin Hope beserta contohnya

10. Pre-determiners

Pre-determiners. Sumber: pexels.com

Pre-determiners sering dianggap serupa dengan quantifiers, padahal yang menjadi pembeda dalam pre-determiners adalah penggunaan untuk menunjukkan kualitas benda. Contoh kata pre-determiners antara lain what, such, quite, rather, a bit. Berikut contoh kalimat penggunaan dalam pre-determiners di bawah ini. 

  • What a cool jacket! Where did you bought it? (Keren banget jaketnya! Dimaka kamu membelinya?)
  • I just realized that He’s such a gorgeous boy! (Aku baru sadar bahwa dia cowok yang sangat tampan.)

Baca Juga: Aturan penggunaan tanda baca Ellipsis dalam Bahasa Inggris

Itu dia 10 jenis determiner untuk membantu kamu menyusun kalimat dalam bahasa Inggris secara utuh. Selain itu, artikel ini lengkap beserta contoh kalimat penggunaan determiner yang dapat kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari. Untuk membaca artikel lainnya kamu dapat mengakses tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Pelatihan tersebut akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tunggu apalagi! Segera ikuti untuk dapatkan banyak penawaran diskon kursus sampai dengan 80%!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *