Tanggal:06 May 2024

4 Aturan Penggunaan Tanda Baca Ellipsis Mungkin Belum Kamu Tahu, yuk Simak!

Apakah kamu mengenal tanda baca (…) dalam sebuah tulisan dan disebut apa tanda baca tersebut? 

Kursus online IELTS Vocasia

Untuk kamu yang belum mengetahuinya, ternyata tanda baca ini memiliki nama yaitu ellipsis.

Tanda baca seringkali kamu temukan dalam tulisan yang tidak utuh. Hal ini juga sering digunakan untuk menandakan adanya kutipan seseorang yang hilang sehingga kutipan tersebut tidak lengkap.

Tahukah kamu kapan tanda baca ellipisis ini bisa digunakan? Selain itu, apa fungsi lain dari tanda baca ellipsis? Artikel ini akan membahas seputar tanda baca ellipsis. 

Baca Juga:

Pengertian Ellipsis

Pengertian Ellipsis. Sumber: pexels.com

Ellipsis yang memiliki istilah lain bernama omission marks atau suspension adalah sebuah tanda baca atau punctuation yang digunakan untuk menunjukkan adanya bagian yang hilang pada suatu kutipan langsung (direct quotation) dan untuk memutus suatu kutipan perkataan (quote speech) di dalam tulisan.

Penggunaan dan bentuk ellipsis sangat jarang diajarkan dalam pelatihan menulis. Namun, tanda baca yang satu ini akan sangat penting dalam dunia akademis. 

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas bahwa bentuk ellipsis adalah tiga tanda titik dalam satu baris (…). Ellipsis dalam dunia akademis sering digunakan untuk mengutip sebuah sumber namun dalam versi lebih singkat. Oleh sebab itu, beberapa kata atau bagian dari kalimat yang dihilangkan dari versi aslinya.

Fungsi lain dari tanda baca ellipsis adalah untuk menghindari informasi yang tidak relevan atau bersifat mengulang yang akan berakibat pada plagiarisme. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk menciptakan efek jeda (pause) atau terdiam (silence). Biasanya tanda baca ini digunakan pada karya seni berupa cerita, lirik lagu, atau puisi.

Terdapat 4 aturan penggunaan yang perlu kamu tahu saat menggunakan tanda baca ellipsis dalam tulisan, apa saja ya? Simak di bawah ini yuk!

Baca Juga: 

1. Jika ellipsis berada di tengah kalimat 

Aturan ini digunakan dengan mengapit huruf atau kata, maka diantara tanda baca ini diberikan satu spasi (l … r) . Biasanya aturan ini digunakan untuk menunjukkan bahwa ada bagian yang dihilangkan pada kutipan langsung (direct quotation). Contoh kalimat penggunaan ellipsis dapat digunakan sebagai berikut. 

The Mariana Trench … located in the western Pacific Ocean is the deepest part of the world’s ocean.
(Palung Mariana … berlokasi di barat Samudera Pasifik adalah bagian terdalam dari laut di dunia.)

Baca Juga:

2. Jika tanda baca ellipsis berada di akhir kalimat

Aturan ini digunakan dengan huruf terakhir pada suatu kalimat diikuti oleh ellipsis dengan satu spasi (l …). Biasanya kondisi ini digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu kutipan perkataan (quoted speech) ditinggalkan dengan tidak diselesaikan untuk menyingkat bagian-bagian yang dibutuhkan. Contoh kalimat penggunaan ellipsis dapat digunakan sebagai berikut. 

“Nobody can imagine …”, Lia said. (Tak seorangpun dapat membayangkan …”,  kata Lia.)

Baca Juga:

3. Jika ellipsis diikuti oleh tanda baca lain

Aturan ini digunakan dengan diikuti oleh tanda baca atau punctuation yang lain. Khusus tanda baca koma, tidak ditambahkan spasi setelah tanda baca ellipsis. Contoh kalimat penggunaan ellipsis dapat digunakan sebagai berikut.

Doing exercise regularly in the morning, jogging or brisk walking, … boosts our mood.
(Berolahraga secara teratur di pagi hari, jogging atau berjalan, … menaikkan mood kita.)

Baca Juga:

4. Jika ellipsis berada setelah koma dan sebelum huruf atau kata

Aturan ini digunakan dengan memberikan spasi setelah koma dan sebelum huruf atau kata (, … r). 

Itu dia 4 aturan penggunaan tanda baca ellipsis untuk membantu kamu menciptakan efek jeda (pause) atau terdiam (silence) dalam sebuah tulisan. Untuk membaca artikel lainnya kamu dapat mengakses tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Baca Juga:

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Pelatihan tersebut akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tunggu apalagi! Segera ikuti dan daftarkan kursus di Vocasia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *