Tanggal:14 May 2024

7 Bentuk Reflexive Pronoun Beserta Contoh Kalimatnya yang Perlu Kamu Tahu!

Saat menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari, pernahkah kamu menggunakan reflexive pronoun dalam setiap kalimat yang kamu ucapkan? 

Kursus online belajar grammar vocasia

Mungkin saat mempelajari grammar kamu sudah banyak memahami berbagai grammar, lalu bagaimana ketika kamu mendengar istilah reflexive pronoun? Secara sederhana, istilah reflexive pronoun merupakan kata ganti dari sebuah subjek dalam suatu kalimat. Sudah mengetahui pengertian dan penggunaannya?

Pengertian Reflexive Pronoun

Reflexive pronoun dalam bahasa Inggris adalah bentuk kata ganti merujuk pada kegiatan untuk pelaku sendiri dalam suatu kalimat yang memberi penekanan pada unsur subjek atau objek. Oleh karena itu, reflexive pronoun digunakan untuk menunjukkan orang atau benda yang sama dan dibicarakan.

Penggunaan reflexive pronoun secara sedehana hanya dilakukan dengan menambahkan “-self” atau “-selves” pada objek atau subjek yang dibicarakan dalam sebuah kalimat.

Reflexive pronoun terdiri atas bentuk tunggal dan jamak. Pada singular reflexive pronoun, seperti: “myself”, “yourself”, “herself”, “himself”, atau “itself” menunjuk pada satu individu makhluk hidup. Sementara itu, bentuk plural reflexive pronoun semacam “yourselves”, “ourselves”, atau “themselves” merupakan reflexive pronoun yang menunjuk lebih dari 1 individu makhluk hidup secara bersamaan. Namun dalam beberapa kasus, penggunaan reflexive pronoun juga sering diselipi dengan kata “own”.

Reflexive pronoun dapat digunakan pada ketika objek dan subjek berada dalam satu kalimat yang sama, contoh:

  • Abigail drive herself to campus today.

Contoh kalimat di atas menunjukkan Abigail merupakan subjek dan herself mengacu kepada Abigail yang merupakan objek dari kalimat tersebut. Reflexive pronoun digunakan untuk mengurangi kejanggalan dalam suatu kalimat dengan tidak mengulang atau menulis subjeknya lagi.

Baca Juga:

Setelah mengetahui bentuk-bentuk reflexive pronoun, mari kita simak di bawah ini contoh kalimat penggunaan reflexive pronoun.

1. Myself 

Penggunaan reflexive pronoun “myself”. Sumber: pexels.com

Sebagai bentuk singular reflexive pronoun, myself diartikan dengan “saya sendiri”. Berikut contoh kalimat yang dapat kamu gunakan. 

  • I‘m going to buy myself new jewelry. (Saya akan membeli perhiasan baru untuk saya sendiri.)
  • I’m in a hurry, so I drive the car by myself. (Aku terburu-buru, jadi saya mengendarai mobil sendiri)

Baca Juga:

2. Yourself/Yourselves

Penggunaan reflexive pronoun “yourself” dan “yourselves”. Sumber: pexels.com

Pada bentuk reflexive pronoun, yourself dan yourselves merupakan dua bentuk yang berbeda dan bisa kita lihat dengan akhirannya –self untuk tunggal dan –selves untuk jamak. Berikut di bawah ini contoh kalimat yang dapat kamu gunakan. 

  • It’s important to realize that you should finish your parts by yourself. (Penting untuk menyadari bahwa kamu harus menyelesaikan bagianmu sendirian.)
  • You need to find yourself a good partner to spend your life with. (Kamu perlu menemukan sendiri seorang pasangan hidup yang baik untuk menjalani hidup bersama.)
  • You are too young to travel abroad by yourselves. (Kalian terlalu muda untuk bepergian ke luar negeri sendirian)  
  • You should introspect yourselves(Kalian harus mengintrospeksi diri.)

Baca Juga: 

3. Herself

Penggunaan reflexive pronoun “herself”. Sumber: pexels.com

Sebagai bentuk singular reflexive pronoun, herself diartikan dengan “dia sendiri” untuk gender perempuan. Berikut di bawah ini contoh kalimat yang dapat kamu gunakan. 

  • She asked herself why she was easy to be angry. (Dia bertanya pada dirinya sendiri mengapa dulu dia mudah marah.)
  • Bella laughed at herself. (Bella menertawakan dirinya sendiri.)
  • On period, Dwyne thinks herself for not being good to her boyfriend. (Saat datang bulan, Dwyne berpikir dirinya tidak baik kepada kekasihnya.)

Baca Juga:

4. Himself

Penggunaan reflexive pronoun “himself”. Sumber: pexels.com

Sebagai bentuk singular reflexive pronoun, himself diartikan dengan “dia sendiri” untuk gender laki-laki. Berikut di bawah ini contoh kalimat yang dapat kamu gunakan. 

  • Hendri didn’t blame himself for the accident. (Hendri tidak menyalahkan dirinya sendiri terhadap kecelakaan tersebut.)
  • He decided to reward himself by looking for the new cap (Dia memutuskan untuk menghadiahi dirinya sendiri dengan mencari topi baru.)
  • Bobby made latte art by himself(Bobby membuat latte art sendiri.)

Baca Juga:

5. Itself

Penggunaan reflexive pronoun “itself”. Sumber: pexels.com

Sebagai bentuk singular reflexive pronoun, itself diartikan dengan “dia sendiri” yang merujuk pada benda atau binatang. Berikut di bawah ini contoh kalimat yang dapat kamu gunakan. 

  • My phone keeps on restarting by itself. (Ponsel saya selalu mengulang dengan sendirinya.)
  • The dog is licking itself. (Anjing itu sedang menjilati dirinya.)

Baca Juga:

6. Ourselves

Penggunaan reflexive pronoun “ourselves”. Sumber: pexels.com

Sebagai bentuk plural dalam reflexive pronoun, ourselves diartikan dengan “kami sendiri”. Berikut di bawah ini contoh kalimat yang dapat kamu gunakan. 

  • We should give ourselves to have a quality time. (Kita seharusnya memberikan diri kita sendiri untuk memiliki waktu yang berkualitas.)
  • We promise ourselves not to blame each other. (Kami menjanjikan diri kami sendiri untuk tidak saling menyalahkan.)

Baca Juga:

7. Themselves

Penggunaan reflexive pronoun “themselves”. Sumber: pexels.com

Sebagai bentuk plural dalam reflexive pronoun, themselves diartikan dengan “mereka sendiri”. Berikut di bawah ini contoh kalimat yang dapat kamu gunakan. 

  • The children ate cookies that they cooked by themselves. (Anak-anak tersebut makan kue yang mereka masak sendiri.)
  • Emily and John build the house by themselves. (Emily dan John membangun rumah mereka sendiri.)

Baca Juga:

Itu dia 7 bentuk reflexive pronoun dalam bahasa Inggris beserta contoh kalimatnya yang dapat kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari. Untuk membaca artikel lainnya kamu dapat mengakses tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Pelatihan tersebut akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tunggu apalagi! Segera ikuti untuk dapatkan banyak penawaran diskon kursus sampai dengan 80%! 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *