Tanggal:14 May 2024

7 Jenis dan Contoh Penggunaan Adverb dalam Bahasa Inggris

Adverb diartikan sebagai kata keterangan yang secara sederhana digunakan untuk menjelaskan atau memberikan informasi tambahan mengenai kata kerja, kata sifat, atau bahkan adverb itu sendiri.

Kursus online IELTS Vocasia

Adverb dalam bahasa Inggris memiliki akhiran -ly untuk menjelaskan kata kerja atau sifat yang ada di depannya.

Agar lebih jelas, artikel di bawah ini akan membahasa mengenai adverb dalam bahasa Inggris.

Pengertian Adverb

Adverb atau kata keterangan merupakan bagian dari parts of speech untuk memberikan keterangan tambahan pada adjective dan adverb itu sendiri. Di samping itu, adverb juga dapat menjelaskan verb dan bahkan kalimat. Jadi adverb dapat digunakan untuk menjelaskan adjective, adverb, verb, dan sentence.

Biasanya kita menggunakan adverb untuk memperjelas kata di depannya atau memperjelas adverb itu sendiri. Biasanya adverb memiliki akhiran -ly seperti: clearly, quickly, locally, dan seterusnya. Namun, ada beberapa yang tidak memiliki akhiran -ly. Selain itu, adverb dalam bahasa Inggris memiliki fungsi sebagai berikut.

  • Emphasis (penekanan)
  • Negation (negasi atau penyangkalan)
  • Conjunctive adverb (penyambungan)

Baca Juga:

Untuk mengetahui 7 jenis adverb dalam bahasa Inggris, simak penjelasan artikel di bawah ini ya!

1. Adverb of Place and Direction

Adverb of place and direction digunakan untuk menyatakan tempat dan arah untuk memberikan jawaban atas pertanyaan ‘where’ dalam Bahasa Inggris.

Beberapa contoh kata adverb place and direction adalah above, away, below, down, here, home, inside, near, outside, south, there, up, dan sebagainya. Berikut contoh kalimat penggunaan adverb of place and direction.

  • I’m not allowed to play outside the house after 6 PM. (Saya tidak diizinkan untuk bermain di luar rumah setelah pukul 6 sore.)
  • I’ve to go south to get to grandma’s house. (Saya harus keluar kea rah selatan untuk sampai ke rumah nenek.)
  • Debby is sitting there (Debby duduk disana.)

Baca Juga:

2. Adverb of Manner

Adverb of manner digunakan dalam menyatakan informasi mengenai kondisi atau bagaimana sebuah peristiwa terjadi untuk menjawab pertanyaan seputar ‘how.’

Beberapa contoh kata adverb of manner ini adalah badly, better, bravely, cheerfully, fast, hard, quickly, slowly, healthy, well, dan sebagainya. Berikut contoh kalimat penggunaan adverb of manner.

  • I can do better than him. (Saya bisa mengerjakan lebih baik darinya.)
  • Jessica always late because her mom drives very (Jessica selalu telat karena ibunya mengendari dengan sangat pelan.)

Baca Juga:

3. Adverb of Degree

Adverb of degree adalah adverb untuk menunjukkan makna tingkatan atau intensitas yang menyatakan seberapa kuat, lemah, sering, besar, dan sebagainya. Adverb of degree dapat menjelaskan kalimat dengan adjective maupun adverb.

Beberapa contoh kata adverb of degree ini adalah so, very, highly, extremely, rather, just, enough, too, more, dan sebagainya. Berikut contoh kalimat penggunaan adverb of degree.

  • Mom told me she missed my brother too. (Ibu menjelaskan kepada saya dia juga rindu kakak saya.)
  • Sometimes love just isn’t (Terkadang, cinta saja tidak cukup.)
  • It soundsvery awkward. (Kedengarannya sangat canggung.)

Baca Juga:

4. Adverb of Time

Adverb of Time adalah adverb untuk  menunjukkan waktu dan kapan suatu peristiwa terjadi untuk menjawab pertanyaan seputar ‘when’. Waktu yang dijelaskan dapat berupa waktu pasti, tak pasti, dan memiliki urutan kejadian. Berikut contoh kalimat penggunaan adverb of time.

  • I can finish all of my tasks and go home early. (Saya bisa menyelesaikan semua tugas saya dan pulang secepatnya.)
  • I am studying 16 tenses now. (Saya sedang belajar 16 tenses sekarang.)
  • She will go to San Fransiscotomorrow (Dia akan pergi ke San Fransisco besok malam.)

Baca Juga:

5. Adverb of Frequency

Adverb of frequency adalah adverb yang menyatakan frekuensi mengenai seberapa sering suatu kegiatan dilakukan atau sesuatu terjadi

Beberapa contoh kata adverb of frequency ini adalah always, usually, normally, often, sometimes, seldom, never, dan sebagainya. Berikut contoh kalimat penggunaan adverb of frequency.

  • My parents frequently ask about my thesis progress. (Orang tua saya acapkali menanyakan tentang kemajuan tesis saya.)
  • My dad makes sure that I always finish my breakfast before I go to school. (Ayah saya memastikan bahwa saya selalu menyelesaikan sarapan saya sebelum saya pergi ke sekolah.)
  • Sometimes I wish I had never been born. (Terkadang saya berharap saya tidak pernah dilahirkan.)

Baca Juga:

6. Interrogative Adverb

Interrogative adverb sebagaimana yang kamu tahu dalam pembahasan artikel disini, digunakan untuk membentuk kata tanya seperti how, when, why, dan where. Berikut contoh kalimat penggunaan interrogative adverb.

  • Why are you crying? (Kenapa kamu menangis)
  • When is it going to stop? (Kapan berhentinya?)
  • How much money do I have to set aside every week? (Berapa banyak uang yang harus saya sisihkan setiap minggu?)

Baca Juga:

7. Conjunctive Adverb

Conjunctive adverb berfungsi sebagai kata transisi yang menggabungkan serta mengaitkan klausa-klausa independen.

Beberapa contoh kata conjunctive adverb antara lain accordingly, also, alternatively, certainly, consequently, finally, nevertheless, moreover, previously, therefore, dan sebagainya. Berikut contoh kalimat penggunaan conjunctive adverb.

  • I can’t leave the house today, therefore I can only have meetings in the house. (Saya tidak bisa keluar rumah hari ini, oleh karena itu saya hanya bisa melakukan meeting di rumah.)
  • She certainly has what it takes to become a cabin crew. (Dia pasti memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi kru kabin.)

Baca Juga:

Itu dia 7 jenis adverb dalam bahasa Inggris beserta contoh penggunaan kalimatnya yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan kosakata dalam percakapanmu sehari-hari  menggunakan bahasa Inggris.

Untuk membaca artikel lainnya kamu dapat mengakses tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Pelatihan tersebut akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tunggu apalagi! Segera ikuti untuk dapatkan banyak penawaran diskon kursus sampai dengan 80%!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *