Tanggal:25 April 2024

Cara Membuat Kopi Americano tanpa Mesin

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer dan diminati oleh banyak orang tak terkecuali pada lingkungan kantor.

Tak jarang kita melihat pekerja kantor mengkonsumsi kopi setiap harinya karena dianggap kopi bisa menghilangkan rasa kantuk ketika bekerja maupun beraktivitas sehari-hari.

Walaunpun kopi merupakan minuman yang mengandung zat yang kurang baik untuk kesehatan tubuh, tetapi kopi tetap menjadi pilihan minuman sehari-hari bagi orang dewasa. Data menunjukan terdapat rata-rata 80% sampai 90% populasi orang yang ada di dunia tetap menyukai atau mengkonsumsi kopi.

Baca Juga :

Kopi memiliki berbagai macam jenis seperti americano, capucion, mocacino, kopi susu dan lain sebagainya.

Buat kamu yang sering merasa ngantuk saat bekerja dan salah satu penikmat kopi, merasa beruntunglah karena sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan memberi tahu cara Membuat Kopi Americano tanpa Mesin.

Baca Juga :

Sebelum memasuki ke panduan pembuatan kopi americano tanpa mesin, ada baiknya kamu mengenali tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat kopi yang enak. hal yag mempengaruhi kualitas rasa pada kopi di antaranya seperti :

  • Kualitas air
  • Kualitas biji kopi
  • Komposisi bahan untuk kadar kepekatan kopi
  • dan beberapa hal lainnya.

Kamu juga bisa menyiapkan alat-alay pembuat kopi manual dengan membelinya melalui online shop maupun toko peralatan kopi terdekat. Alat ini akan sangat membantumu dalam membuat kopi seorang diri.

Membuat kopi secara mandiri bukanlah hal yang sulit, ditambah lagi kamu juga bisa berkreasi membuat kopi dengan racikan sendiri.

Daripada terlalu lama berbasa-basi, yuk simak pembahasan berikut ini!

Apa itu kopi americano?

kopi diseduh

Kopi americano berbahan espresso dan air panas – @pixabay.com

Kopi americano merupakan kopi yang dibikin dengan mencampurkan satu seloki espresso dengan air panas sebanyak 6 sampai 8 ons.

Nama dari kopi ini pada awalnya merupakan ejekan bagi orang-orang Amerika yang meminta agar espresso mereka dibuat menjadi lebih encer.

Seperti namanya, Americano tentu adalah kopi hitam yang berasal dari Amerika. Meskipun di coffee shop di Amerika dan sekitarnya tentu menyediakan juga menu long black.

Sekilas long black dengan americano terlihat sangat mirip, meskipun kedua kopi ini sama-sama hitam.

Perbedaanya terlihat dari cara penyajiannya, dimana kopi americano tidak meninggalkan krema pada permukaan gelas atau cangkir, sedangkan long black terdapat krema pada permukaan gelas atau cangkir.

Baca Juga :

Metode Pembuatan Americano Tanpa Mesin

Dalam pembuatan kopi americano terdapat 2 metode pembuatan yang berbeda, diantaranya adalah :

1. Metode Filter

Metode yang pertama ini merupakan salah satu metode yang paling sering digunakan banyak orang karena metode ini bisa dikategorikan sebagai metode yang sederhana dalam pembuatan kopi americano.

Dengan menggunkaan metode filter dalam membuat kopi americano, kamu tidak akan memakan waktu lama dalam proses pembuatannya.

Cara menerapkan metode ini adalah dengan menletakkan bubuk kopi di atas kertas saring pada corong bejana kopi. Tuangkan air panas ke atasnya. Lalu kopi direndam air panas dengan memanaskan bejana. Kopi americano siap dihidangkan.

Baca Juga :

2. French press

alat french press

metode french press akan membuat kopi lebih harum – @unsplash.com

Metode lain dalam penyajian kopi americano adalah dengan menggunakan alat bernama french press. Bubuk kopi hanya perlu dimasukkan ke dalam french press dan kemudian menyusul air panas.

Kemudian selanjutnya ketika kamu hendak menuangkan air panas, posisikan teko yang kamu gunakan lebih tinggi dari french press. Dengan begitu, gelembung kopi akan menjadi lebih banyak dan membuat aroma kopi menjadi lebih harum.

Selanjutnya aduklah kopi secara perlahan kemudian diamkan kopi tersebut selama 4 menit.

Ketika sudah 4 menit, tekan tutup french press secara perlahan dan kopi sudah siap untuk dituang ke dalam gelas maupun cangkir.

Kelebihan dari metode french press adalah mampu membuat rasa kopi americano jauh lebih oily dan kuat. Kopi americano yang dibuat dnegan metode ini akan membuat kopi lebih terasa sehingga banyak kedai kopi yang menerapkan metode ini ketika ingin membuat kopi americano kepada pelanggannya.

Baca Juga :

3. Turkish Coffee atau Metode Arab

biji kopi sudah digiling

biji kopi harus digiling terlebih dahulu – @pixabay.com

Metode turkish coffee dikenal sejak abad ke-15 silam di Turki. Penyeduhan ini juga dikenal dengan nama teknik Arab method.

Metode ini akan membuat cita rasa dari kopi americano itu sendiri menjadi lebih pekat dan kuat.

Dalam proses pembuatan kopi americano dengan metode arah atau turkish coffee, biji kopi harus digiling secara manual.

Kemudian bubuk kopi dimasukkan ke dalam bejana dan ditambah gula dan air. Usai diaduk dan didiamkan, maka kopi siap disajikan.

Demikan adalah cara membuat kopi americano tanpa mesin beserta beberapa metode yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat

Baca Juga:

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar Kursus Online di Vocasia! Jangan sampai kelewatan diskon menarik spesial untukmu

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *