Tanggal:26 July 2024

PENTINGKAH ASURANSI KECELAKAAN? BERIKUT PENJELASAN LENGKAPNYA!

Asuransi kecelakaan adalah salah satu jenis asuransi yang menawarkan perlindungan terhadap risiko kecelakaan yang mungkin terjadi pada diri Anda atau anggota keluarga Anda. 

Jenis asuransi ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang, karena risiko kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. 

Meskipun tidak ada yang ingin mengalami kecelakaan, namun kita sadar bahwa kecelakaan adalah hal yang tidak dapat dihindari secara sepenuhnya. 

Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa hal penting tentang asuransi kecelakaan.

Pentingnya Asuransi Kecelakaan

Ketika Anda mengalami kecelakaan, biaya pengobatan dan pemulihan Anda dapat menjadi sangat mahal. Asuransi kecelakaan dapat membantu Anda mengatasi biaya tersebut.

Selain itu, asuransi kecelakaan juga dapat membantu Anda dan keluarga Anda mengatasi kerugian finansial jika terjadi kecacatan atau kehilangan pendapatan yang diakibatkan oleh kecelakaan. 

Perlindungan dari asuransi kecelakaan tentu sangat penting untuk memastikan Anda atau anggota keluarga Anda menerima perawatan medis yang tepat dan memadai tanpa merusak kestabilan keuangan Anda.

Manfaat Asuransi Kecelakaan

Dilansir dari blog Rojai bahwasanya asuransi kecelakaan menawarkan banyak manfaat berupa perlindungan terhadap biaya pengobatan, biaya rumah sakit, biaya rawat jalan, dan biaya pemulihan yang mungkin timbul akibat kecelakaan.

Manfaat lainnya adalah berupa santunan atau kompensasi finansial apabila Anda atau anggota keluarga Anda mengalami cacat tetap, kehilangan pendapatan atau meninggal dunia. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Santunan Jiwa

Santunan ini berupa uang yang diberikan kepada keluarga atau ahli waris jika tertanggung utama meninggal dunia dalam masa pertanggungan asuransi.

Santunan juga dapat diberikan jika tertanggung hilang lebih dari 60 hari setelah terjadinya peristiwa kecelakaan. Santunan ini dibayarkan kepada keluarga tertanggung utama dalam bentuk uang pertanggungan. 

Santunan Cacat Total/Tetap

Santunan ini diberikan kepada tertanggung yang mengalami cacat total atau tetap akibat suatu kecelakaan. Berikut penjelasan lengkapnya: 

Cacat total/tetap  (Jaminan B) 

Jaminan B ini akan diberikan kepada tertanggung jika mengalami cacat tetap sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin dalam polis, yang terdiri atas: 

Cacat total/tetap keseluruhan yang meliputi: 

  1. Kehilangan penglihatan kedua belah mata, atau 
  2. Hilang atau tidak berfungsinya kedua lengan, atau 
  3. Hilang atau tidak berfungsinya kedua tungkai kaki, atau 
  4. Hilang atau tidak berfungsinya: penglihatan satu mata dan satu lengan; penglihatan satu mata dan satu tungkai kaki; atau satu tungkai kaki dan satu lengan. 
  5. Dapat diartikan pula sebagai cacat tetap keseluruhan, dalam hal kegilaan atau kelumpuhan total yang diderita tertanggung sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin polis. 
  6. Cacat tetap ini harus terjadi dalam waktu 12 (dua belas) bulan sejak terjadinya kecelakaan. 

Besarnya santunan yang diberikan untuk cacat total/tetap keseluruhan adalah: pemberian uang santunan sebesar 100% (seratus persen) nilai pertanggungan untuk Jaminan B yang akan dibayarkan kepada tertanggung. 

Santunan Tanggungan Biaya Perawatan

Santunan yang akan diberikan berupa pertanggungan biaya perawatan atas risiko kecelakaan tertanggung yang meliputi biaya rawat jalan, rawat inap, hingga operasi dan obat-obatan. Besaran manfaat ini disesuaikan dengan kesepakatan yang tercantum dalam polis asuransi kecelakaan diri pihak tertanggung.

Perlindungan ini akan membantu Anda dan keluarga Anda mengatasi biaya-biaya lain yang mungkin muncul setelah kecelakaan dan membantu meminimalkan risiko finansial yang bisa saja terjadi.

Bagaimana Membeli Asuransi Kecelakaan

Anda dapat membeli asuransi kecelakaan dari perusahaan asuransi secara langsung atau melalui agen asuransi terpercaya. 

Sebelum membeli asuransi kecelakaan, pastikan Anda memahami detail manfaat, persyaratan, dan premi yang akan dibayarkan. 

Anda juga perlu mengevaluasi kebutuhan dan anggaran Anda sehingga dapat memilih pilihan asuransi yang paling sesuai dengan keperluan Anda. 

Setelah memilih asuransi yang tepat, jangan lupa membaca dengan teliti syarat dan ketentuan dari asuransi yang Anda ambil.

Jenis-Jenis Asuransi Kecelakaan

Setelah menjelaskan manfaat dan pentingnya asuransi kecelakaan. Berikut ada beberapa jenis asuransi kecelakaan yang tersedia. 

Contoh pertama adalah asuransi jiwa, yang memberikan perlindungan finansial kepada keluarga Anda jika Anda meninggal dunia akibat kecelakaan. 

Jenis asuransi kecelakaan lainnya adalah asuransi cacat tetap total, yang menawarkan perlindungan keuangan jika Anda mengalami cacat tetap total karena kecelakaan. 

Ada juga asuransi cacat tetap sebagian dan asuransi kecelakaan yang menawarkan perlindungan tertentu kepada anggota keluarga Anda jika Anda meninggal dunia akibat kecelakaan.

Kesimpulan

Asuransi kecelakaan adalah hal yang penting dan harus dimiliki oleh setiap orang. Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan yang mungkin terjadi pada diri Anda atau anggota keluarga Anda. 

Dalam memilih asuransi kecelakaan, pastikan Anda memahami detail manfaat, persyaratan, dan premi yang dibayarkan, serta memilih asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. 

Dengan asuransi kecelakaan, Anda dan keluarga Anda dapat merasa tenang dan terhindar dari risiko finansial yang mungkin muncul setelah kecelakaan terjadi.

Lindungi Anda dan Keluarga bersama BCA Life

Jalani Hari tanpa Worry! Asuransikan kecelakan anda dengan BCA Life Accident Guard asuransi kecelakaan berjangka 12 tahun dari BCA Life yang siap melindungi kamu atas resiko kecelakaan dan meninggal dunia akibat kecelakaan dengan manfaat uang pertanggungan hingga Rp500.000.000,-

atau BCA Life Peduli Kecelakaan asuransi kecelakaan jangka pendek dari BCA Life yang siap melindungi kamu atas resiko kecelakaan dan meninggal dunia akibat kecelakaan dengan manfaat uang pertanggungan hingga Rp500.000.000,-

Ditulis Oleh Hilyah Fitri Andriyani (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *