Tanggal:23 April 2024

Ketahuilah dan Pahamilah! Pentingnya memiliki Asuransi Jiwa

Dalam menjalankan kehidupan ini banyak sekali hal yang tidak pernah kita duga dapat terjadi, baik itu hal baik maupun hal buruk yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu tanpa pertanda dan langsung mengubah hidup seseorang.

Dengan begitu, untuk menghadapi hal tersebut peran asuransi sangat dibutuhkan sebagai perlindungan terhadap diri Anda dan keluarga. Sebagai contoh peran asuransi apabila Anda atau keluarga mengalami gangguan kesehatan karena penyakit, kecelakaan, hingga risiko kematian.

Salah satu yang wajib Anda miliki adalah asuransi jiwa yang mampu memberi perlindungan finansial terhadap keluarga dari nasabah yang meninggal dunia. Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan asuransi jiwa? Buat Anda yang penasaran, simak penjelasan tentang pengertian asuransi jiwa, manfaat, dan jenisnya, yaitu berikut ini.

Pengertian Asuransi Jiwa

Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), asuransi jiwa adalah program perlindungan yang berbentuk pengalihan risiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Asuransi jiwa ini dimaksudkan sebagai bentuk antisipasi bagi keluarga yang ditinggalkan, di mana mereka membutuhkan dukungan finansial akibat adanya kematian tersebut yang tentu saja bisa mengakibatkan keluarga menjadi kehilangan pendapatan dan mengalami kesulitan ekonomi selama bertahun-tahun ke depan.

Pada saat salah satu anggota keluarga meninggal, terutama yang menjadi sumber nafkah bagi keluarga, maka bisa dipastikan keuangan keluarga akan mengalami goncangan dan bahkan hal ini bisa berlangsung dalam waktu yang panjang (selamanya).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka akan sangat bijak bila sejak awal Anda menggunakan asuransi jiwa. Hal ini bertujuan untuk menjamin kelangsungan keuangan keluarga, pendidikan anak-anak, kesehatan dan kelayakan hidup anggota keluarga yang ditinggalkan.

Manfaat Asuransi Jiwa

Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), asuransi jiwa perlu Anda miliki dengan tujuan agar kebutuhan ekonomi tidak terganggu akibat terjadinya risiko kepada pencari nafkah selama masa-masa produktif. 

Memiliki asuransi jiwa merupakan sebuah pilihan yang cerdas, di mana Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari hal tersebut. Berikut beberapa manfaat dari asuransi jiwa:

  • Memberikan perlindungan bila ada risiko cacat

Produk asuransi jiwa akan memberikan perlindungan baik itu risiko cacat sebagian maupun cacat total atau permanen. Umumnya penanggung atau pihak asuransi akan membayarkan manfaat asuransi tersebut sesuai polis yang telah disepakati oleh kedua pihak dan selanjutnya asuransi berakhir bila tertanggung mengalami cacat tetap total akibat kecelakaan. Biasanya jumlah pertanggungan akan diberikan dengan sistem pembayaran sekaligus.

  • Sebagai proteksi bila ada risiko musibah

Asuransi jiwa memberikan perlindungan kepada tertanggung dari berbagai bentuk risiko musibah yang mungkin terjadi, termasuk meninggal dunia akibat kecelakaan. Biasanya pihak tertanggung akan diberikan sejumlah uang pertanggungan sesuai dengan polis yang berlaku setelah musibah tersebut terjadi. 

  • Memberi perlindungan finansial pada keluarga atau ahli waris

Selain sebagai proteksi dari risiko cacat dan meninggal dunia, asuransi jiwa juga bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kelangsungan hidup anggota keluarga lainnya, dalam hal ini adalah ahli waris. 

Menurut para ahli, nominal uang pertanggungan dari peserta asuransi jiwa apabila meninggal dunia diperkirakan setara dengan 7 sampai 10 kali lipat pendapatan tahunan Anda. Dengan polis sebesar itu, orang-orang yang bergantung pada penghasilan peserta asuransi jiwa (ahli waris) tidak perlu khawatir tentang biaya hidup mereka, bahkan bisa mendapatkan perlindungan finansial. 

Sebagai contoh, misalnya dari polis asuransi Anda, ahli waris dapat menutupi biaya pendidikan sampai perguruan tinggi anak-anaknya.

  • Membantu mengelola keuangan dengan baik

Asuransi jiwa juga bisa berperan penting dalam membantu Anda untuk merencanakan keuangan keluarga di masa depan. Dengan memilikinya, Anda bisa mendapatkan perlindungan terhadap kondisi finansial bila terjadi risiko-risiko tak terduga di masa depan. Selain itu, asuransi juga bisa berperan sebagai penanggung kerugian yang terjadi dengan besaran uang yang akan diberikan sesuai dengan polis yang telah disepakati, sehingga bisa membantu Anda mengurangi kerugian yang mungkin terjadi.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah jenis-jenis asuransi jiwa. Berikut ini terdapat 19 jenis produk asuransi jiwa yang disediakan oleh Bank BCA, yaitu:

  1. BCA Life Heritage Protection
  2. Credit Protection Prima
  3. BCA Credit Life Protection
  4. BCA Life Keluargaku
  5. b-SAVE Accident Protection
  6. BCA Life Perlindungan Kredit
  7. BCA Life Proteksi Diri
  8. BCA Life Proteksi Kecelakaan
  9. BCA Life Proteksi Jiwa Optima
  10. BCA Life Accident Guard
  11. BCA Life Protection Guard
  12. BCA Life Legacy Protection
  13. BCA Life Pelindung Jiwa
  14. BCA Life Pelindung Kecelakaan
  15. BCA Life Perlindungan Jiwa Berjangka
  16. BCA Life Credit Protection
  17. Credit Loan Protection
  18. BCA Life Accident Safeguard
  19. MyGuard

Untuk memahami lebih lanjut terkait masing-masing produk dari asuransi jiwa oleh Bank BCA, bisa anda kunjungi laman website resmi https://www.bcalife.co.id/.

Berdasarkan penjelasan terkait pengertian asuransi jiwa, manfaat, dan jenisnya. Apakah Anda sudah memahami betul tentang asuransi jiwa? Jika sudah, milikilah asuransi jiwa ini, sebab sangat penting tentunya bagi diri Anda dan keluarga tercinta.

Ditulis Oleh Ichwan Mahruf (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Referensi : 

CIMB NIAGA. 2022. Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa yang Sesuai Kebutuhan. Diakses pada Rabu, 05 April 2023, melalui: https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/pentingnya-memiliki-asuransi-jiwa-yang-sesuai-kebutuhan 

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *