Tanggal:14 May 2024

Sudah Tahu Penyebab Layar Hp Gerak Sendiri? Berikut Cara Mengatasinya!

Saat ini, handphone (hp) seolah menjadi teman sejati para pemiliknya, apalagi segala aktivitas sehari-hari banyak membutuhkan pengguna device yang satu ini. Seiring penggunaan hp yang terlalu sering, sangat mungkin kerusakan terjadi, termasuk pada layar hp

Layar pada hp saat ini kebanyakan berjenis touchscreen yang memiliki peran yang cukup vital. Saat terjadi masalah pada layar tersebut, pengoperasian dan navigasi hp bakal terganggu. Di antara beberapa masalah yang cukup sering terjadi pada layar hp adalah bergerak sendiri tanpa disentuh atau biasa disebut juga dengan “ghost touch”.

Sebagian dari kamu mungkin pernah menjumpai masalah layar hp gerak sendiri. Melansir NextPit, ghost touch adalah kondisi ketika layar hp bergerak sendiri tidak sesuai dengan perintah yang kamu berikan ke layar. Misalnya, hp membuka fitur kamera, padahal kamu tidak menyentuh layar dan mengetuk fitur tersebut.

Selain bergerak sendiri, layar hp yang tidak merespons perintah sentuhan kamu juga masuk kategori ghost touch. Contohnya, kamu membuka aplikasi Instagram, namun hp tidak membuka aplikasi tersebut. Lalu, kenapa layar hp dapat bergerak sendiri, ya? Perlu diketahui, penyebab layar hp ghost touch, karena tidak selalu bersumber dari kerusakan internal hardware. Masalah tersebut bisa juga disebabkan karena beberapa faktor eksternal, terdapat beberapa penyebab yang bisa menyebabkan ghost touch. Simak berikut ini.

Penyebab Layar HP Gerak Sendiri

Ilustrasi Hp Mengalami Layar Gerak Sendiri (Pexels)

Meskipun dikatakan sebagai smartphone atau ponsel pintar dengan kecanggihan yang melengkapinya, tapi bukan berarti tidak ada kelemahannya. Salah satu masalah yang banyak dialami oleh pengguna hp adalah layarnya yang tiba-tiba bergerak sendiri padahal tidak ada sentuhan apapun di atasnya. Lalu sebenarnya, apa penyebab layar hp gerak sendiri? Di antaranya:

1. Kerusakan Pada Layar Atau LCD Hp

Handphone bergerak sendiri bukan lagi masalah baru dalam penggunaannya sehari-hari. Ada beberapa penyebab di balik layar hp yang bergerak sendiri. Salah satunya adalah kerusakan pada layar atau LCD (Liquid Crystal Display). Kita tentu tidak asing dan tahu letak layar atau LCD hp.

Cek bagian tersebut dan pastikan kondisinya. Layar hp rentan terkena masalah apabila percikan air masuk ke dalam hp, ini bisa menyebabkan layar bergerak dengan sendirinya. Untuk mengatasi masalah seperti ini, tentu saja kamu harus mengganti LCD dengan yang baru. Tindakan ini juga akan membantu mencegah masalah melebar ke bagian lain dari hp.

Baca JugaCara mengatasi hp panas!

2. Penggunaan Charger Palsu Atau Rusak

Penyebab layar hp ghost touch yang berikutnya adalah akibat penggunaan charger palsu. Output daya dari charger abal-abal cenderung tidak stabil. Ketidakstabilan output daya tersebut bisa mengganggu sensitivitas sentuhan layar.

Selain itu, coba perhatikan apakah layar hp bergerak sendiri saat sedang melakukan pengisian daya. Jika ini yang terjadi, maka kemungkinannya adalah charger hp kamu rusak. Lakukan penggantian charger dan pastikan kamu hanya menggunakan produk original yang memang sesuai dengan kebutuhan hp kamu.

3. Bug Pada Aplikasi ROM Atau Software

Dalam istilah pemrograman, bugs adalah istilah yang digunakan untuk kesalahan atau kerusakan dalam software. Sementara dalam software, bug adalah kerusakan yang kemudian menghambat kinerja aplikasi atau hp sehingga aplikasi tersebut tidak berjalan seperti seharusnya.

Aplikasi yang terinstal di hp tidak selamanya dapat dijalankan dengan lancar, kadang bisa juga terdapat sejumlah bug. Saat menjalankan aplikasi yang terdapat bug, beberapa fungsi dari hp mungkin bakal terganggu, termasuk pada sensitivitas layarnya.

4. Pelindung Layar (Screen Protector) Rusak

Screen protector digunakan sebagai pelindung untuk layar ponsel. Namun, hp tidak bisa lagi bekerja sebagaimana mestinya jika sudah rusak. Ini juga bisa menyebabkan layar hp bergerak naik turun. Jika pelindung layar kotor, lepaskan dan bersihkan dengan cara yang tepat agar tidak merusaknya. Namun, jika sudah terlanjur rusak kamu bisa melakukan penggantian dengan screen protector baru yang berkualitas.

5. CPU Dan RAM Hp Bekerja Secara Berlebihan

Dalam hal apapun, sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Tidak terkecuali dalam kinerja CPU dan RAM di sebuah perangkat seperti smartphone. Saat kedua komponen ini bekerja secara berlebihan, bukan tidak mungkin terjadi ghost touch.

Pastikan kamu tidak berlebihan dalam menggunakan hp dengan mengurangi penggunaan aplikasi sewajarnya. Ini bisa membantu mengembalikan stabilitas performa ponsel dan mencegah ghost touch. Lalu bagaimana cara mengatasi layar hp kamu yang bergerak dengan sendirinya? Yuk, simak tips berikut ini.

Baca JugaCara melacak hp ilang!

Cara Mengatasi Layar Hp Gerak Sendiri

1. Pakai Charger Berkualitas

Pastikan kamu selalu menggunakan charger yang berkualitas atau berasal dari toko resmi (original). Jangan gunakan charger palsu yang kerap dijual lebih murah di pasaran. Sebab, charger palsu memiliki voltase dan arus yang tak stabil.

Hal ini dapat mengakibatkan smartphone jadi lebih cepat rusak, termasuk muncul error pada layar hp. Apalagi kalau kamu masih memakai charger rusak, stop dan cepat diganti! Karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen tertentu hp kamu.

2. Jaga Kebersihan Pelindung Layar

Penggunaan pelindung layar pada hp memang penting. Seperti namanya, benda ini akan menjadi pelindung layar dari goresan yang bisa mengakibatkan berkurangnya sensitivitas layar. Selain itu, juga melindungi layar LCD hp dari debu, kotoran, dan paparan sinar matahari. Berapa lama kamu sudah menggunakan pelindung layar handphone? Meskipun baru saja memasangnya pada hp baru, tapi pastikan kebersihannya.

3. Lakukan Factory Reset

Cara mengatasi layar hp gerak sendiri berikutnya adalah dengan melakukan reset ke setelan pabrik. Cara ini ampuh untuk mengatasi masalah ghost touch yang tidak kunjung hilang dengan update software. Reset hp ke pengaturan pabrik mungkin bukan pilihan yang nyaman bagi sebagian orang. Hal ini karena pengguna harus memulai dari awal, termasuk memasang semua aplikasi penting di hp. 

Tidak hanya itu, pengguna harus melakukan backup data dan memastikan tidak ada satu file penting pun yang hilang. Ini memang merepotkan dan memakan waktu, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba untuk mengatasi layar hp bergerak sendiri. Factory reset berarti pemilik ponsel harus mengatur ponsel ke pengaturan atau setelan pabrik seperti saat pertama kali hp dibeli.

4. Update Software dan Aplikasi Scan Malware

Cara mengatasi layar hp gerak sendiri selanjutnya bisa dengan update software dan aplikasi yang digunakan. Caranya, buka pengaturan di hp, lalu update software, baik iOS maupun Android. Setelah itu, buka App Store atau Google Play Store dan update semua aplikasi yang ada di hp kamu.

5. Ganti ROM dan LCD Pada Hp

Jika berbagai cara mengatasi layar hp gerak sendiri sudah kamu lakukan, namun ghost touch tetap terjadi, gantilah LCD hp kamu. Mungkin saja kerusakan pada sensitivitas layar hp-mu sudah cukup parah sehingga perlu diganti baru.

Selain memperlancar kinerja hp, ada banyak alasan lain kenapa kamu harus mengganti ROM di hp yang biasa digunakan sehari-hari. Salah satunya adalah masalah pada layar hp, saat layar itu bergerak bahkan saat kamu tidak menyentuhnya.

ROM atau Read Only Memory merujuk pada media penyimpanan internal, tempat firmware dan aplikasi bawaan hp tersimpan. ROM bisa kita artikan sebagai hardware yang bertugas sebagai media penyimpanan internal dan data yang hanya bisa dibaca.

Baca JugaTips beli hp bekas!

Jika dengan cara di atas layar hp gerak sendiri tetap tidak dapat teratasi, kemungkinan besar terjadi kerusakan di internal hardware. Untuk mendapat penanganan lebih lanjut, segera kunjungi tempat servis terdekat, ya. Demikianlah informasi seputar penyebab dan cara mengatasi layar HP gerak sendiri, semoga bermanfaat.

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *