Tanggal:15 May 2024

Platform Kursus Online Yang Wajib Kamu Coba untuk Upgrade Skill

Platform Kursus Online Yang Wajib Kamu Coba untuk Upgrade Skill

Belajar online semakin populer di masa kini, karena tidak hanya mudah diakses dan fleksibel, namun juga lebih terjangkau dan praktis. Ada banyak platform kursus online yang tersedia, namun tidak semuanya memberikan pengalaman belajar yang optimal. Oleh karena itu, dalam artikel ini Vocasia akan memperkenalkan beberapa platform kursus online yang wajib kamu coba jika ingin meningkatkan skill dan mendapatkan pengetahuan baru.

1. Vocasia

Vocasia adalah situs belajar online terbaik untuk mengembangkan skill di dunia kerja. Di setiap kelas, kamu akan menemukan topik seputar pengembangan diri yang dipandu oleh para profesional berpengalaman. Ada pula kelas-kelas lain yang membahas berbagai bidang profesi seperti marketing, sales, desain, finance, hingga IT.

Beberapa kelas akan dibawakan dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi, ada juga kelas internasional yang dipandu dengan bahasa Inggris. Menariknya lagi, pembelian dari setiap produk Vocasia bisa digunakan seumur hidup kamu loh dan diakhir video kamu akan mendapatkan sertifikat sebaga tanda kamu telah menyelasaikan kelas tersebut.

2. Udemy

Udemy adalah platform kursus online yang terkenal dan populer di seluruh dunia. Dengan lebih dari 155.000 kursus yang tersedia, kamu dapat memilih kursus yang cocok dengan minat dan kebutuhanmu, mulai dari pengembangan web, desain grafis, pemrograman, hingga bisnis dan keuangan.

Harga kursus di Udemy cukup terjangkau, dan kamu juga dapat melihat ulasan dari pengguna sebelumnya untuk memastikan kualitas dari kursus yang akan kamu ambil.

3. Coursera

Coursera adalah platform kursus online yang bekerja sama dengan universitas dan institusi pendidikan terkenal di seluruh dunia, sehingga kursus yang ditawarkan memiliki kualitas yang sangat baik.

Kamu dapat mengambil kursus gratis atau berbayar, dan setiap kursus dilengkapi dengan sertifikat yang dapat diakui oleh perusahaan atau institusi yang kamu tuju. Coursera juga memiliki forum diskusi untuk membantu kamu berinteraksi dengan instruktur dan sesama peserta kursus.

4. LinkedIn Learning

LinkedIn Learning adalah platform kursus online yang terintegrasi dengan jejaring sosial profesional LinkedIn. Platform ini menawarkan lebih dari 16.000 kursus dalam berbagai bidang, mulai dari bisnis, teknologi, desain, hingga keterampilan interpersonal. LinkedIn Learning juga menawarkan kursus-kursus khusus untuk membantu kamu membangun profil LinkedIn yang lebih menarik dan profesional.

5. Ruangguru

Salah satu platform pembelajaran online yang sudah dikenal di kalangan pelajar adalah Ruangguru. Platform ini menyediakan beberapa program seperti lesonline, ruanguji, dan ruangles. Program Ruangles menawarkan layanan guru privat

yang dapat membantu pelajar belajar dengan cara mendatangkan guru ke tempat dan waktu yang telah dipilih. Dengan menggunakan Ruangles, pelajar tidak perlu lagi mencari rekomendasi dari kakak senior atau teman arisan sekolah ibu. Selain itu, bagi pelajar yang membutuhkan bantuan tutor saat mengerjakan tugas atau PR, Ruangles juga menyediakan program online.

Ruangguru memperhatikan detail hingga kisaran harga, cakupan area tempat tinggal, dan preferensi gender guru untuk pelajar mulai dari TK hingga Universitas.

6. edX

edX adalah platform kursus online yang didirikan oleh Universitas Harvard dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Platform ini menawarkan lebih dari 2.500 kursus gratis dari berbagai bidang, mulai dari ilmu komputer, teknik, dan matematika hingga humaniora dan seni. edX juga menawarkan sertifikat yang dapat diakui oleh institusi pendidikan dan perusahaan, sehingga kamu dapat meningkatkan kredibilitasmu di mata employer atau institusi yang kamu tuju.

7. Brainly 

Tagline “For Students by Students, Question Everything Answer Everything” adalah kalimat yang pertama kali muncul saat kamu mengunjungi situs pembelajaran online Brainly.

Situs ini menawarkan pengalaman belajar yang seru dan interaktif karena kamu dapat mengajukan berbagai pertanyaan yang terkait dengan beberapa bidang studi.

Ada beberapa tab yang tersedia untuk subjek seperti History, Math, Language, Social Studies, SAT, dan pertanyaan umum lainnya. Setiap pertanyaan yang diajukan akan dijawab oleh pelajar atau pengguna dari berbagai belahan dunia. Selain membantu dalam menambah wawasan, pengguna juga dapat berteman dengan orang baru melalui platform ini.

Demikianlah beberapa platform kursus online yang wajib kamu coba jika ingin meningkatkan skill dan mendapatkan pengetahuan baru. Semoga informasi ini berguna dan membantu kamu dalam memilih platform kursus online yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

 

 

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *