Tanggal:21 February 2024

Pola Hidup Sehat Saat Puasa

Selama bulan ramadhan, seluruh umat muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam. Sehingga dengan demikian, kondisi tubuh tidak akan terhidrasi dengan baik dan tidak pula terpenuhi kebutuhan vitamin hariannya.

Selain itu, kewajiban untuk meningkatkan volume ibadah dan bangun di pertengahan malam untuk santap sahur, membuat pola tidur tidak teratur.

Kondisi demikian,akan menyebabkan terganggunya kesehatan. Sehingga dengan demikian, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh selama bulan ramadhan dengan menerapkan tips dan panduan mengenai pola hidup sehat saat menjalani ibadah puasa untuk dipahami dan diterapkan dengan baik.

Sebenarnya bukan hanya saat bulan puasa, menerapkan pola hidup sehat merupakan hal yang penting yang harus diterapkan pada kehidupan kita sehari-hari.

Hanya saja saat Ramadan, terutama pada minggu-minggu awal, tubuh mengalami perubahan pola hidup, mulai dari pola makan hingga pola tidur.

Perubahan ini akan membuat sedikit banyak tubuh mengalami berbagai keluhan. Itulah sebabnya kita perlu lebih ketat lagi dalam menerapkan pola hidup sehat saat puasa, agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang umum mengintai.

Lantas, pola hidup seperti apa sih yang harus diterapkan saat bulan puasa?

Berikut ini merupakan beberapa tips menjaga kesehatan selama bulan ramadhan agar kondisi tubuh senantiasa berada dalam kondisi yang fit dan siap untuk menjalani ibadah dan aktivitas. Diantaranya adalah ;

Pola makan sahur yang baik

Sahur memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas ketika di siang hari. Diibaratkan seperti hari biasanya sahur bisa dikatakan sebagai sarapan.

Selama Ramadan, sarapan pagi yang biasa dilakukan pagi saat matahari sudah terbit seperti jam 7 atau jam 8 pagi mengalami perubahan jam, yakni sesaat sebelum matahari terbit atau waktu imsak.

Oleh karena itu, peran sahur sama pentingnya dengan sarapan pagi. Selain sebagai bekal tenaga untuk menjalani hari, sahur bisa membantu kita untuk lebih berkonsentrasi selama menjalankan aktivitas.

Usahakan untuk selalu menyempatkan makan sahur setiap harinya. Makan sahur yang baik adalah yang dilakukan mendekati fajar. Hal ini dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dan mencegah rasa lapar yang mungkin akan datang lebih cepat jika sahur terlalu malam.

Berikut merupakan rekomendasi makanan untuk sahur yang bergizi

  • Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan dapat menahan rasa lapar saat puasa karena membuat kenyang lebih lama. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantaranya gandum, beras merah serta biji-bijian
  • Makanan yang berserat tinggi yang bisa dicerna dengan baik oleh tubuh sehingga membuat kenyang lebih lama. Makanan yang mengandung serat yang tinggi diantaranya kurma, alpukat, pisang, brokoli dan lain-lain
  • Makanan yang mengandung protein tinggi yang dapat membantu tubuh lebih bertenaga dan berenergi selama puasa agar tetap bisa menjalani aktivitas seperti biasanya. Telur, keju, dan daging tanpa lemak bisa menjadi alternatif menu sahur.

Menjaga pola tidur sehat

Pola hidup sehat saat bulan ramadhan yang kedua adalah tidur dengan cukup. Dibulan puasa tidak dianjurkan untuk tidur terlalu malam atau bergadang. 

Di bulan puasa, kita perlu bangun lebih pagi dari biasanya untuk melaksanakan sahur. Oleh karena itu, sebaiknya tidur lebih awal agar kebutuhan waktu tidur tetap terpenuhi, paling tidak selama 6 – 7 jam.

Dengan tidur yang cukup, kita tidak akan kesiangan bangun untuk sahur. Selain itu, hal ini juga dapat membantu kita untuk tetap bersemangat dan bertenaga sepanjang hari.

Apabila kurang tidur bisa membuat tubuh terasa mudah lelah, mengantuk, dan sulit berkonsentrasi saat beraktivitas. Hal ini tentu dapat mengganggu produktivitas kerja selama berpuasa.

Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik

Meski sedang berpuasa, kebutuhan cairan dalam tubuh kita harus tetap terpenuhi. Aturan minum 8 gelas sehari harus tetap diterapkan.

Hal ini dapat membantu tubuh kita agar terhindar dari risiko dehidrasi yang membuat kita lemas dan tidak bersemangat. Konsumsilah air sebelum dan saat sahur, setelah buka puasa, dan sebelum tidur.

Tidak makan berlebihan saat buka puasa

Terlalu berlebihan makan saat berbuka bisa mengakibatkan perut kembung dan badan menjadi lesu. Apalagi jika makanan dan minuman yang dikonsumsi kaya akan gula dan berlemak tinggi.

Akibatnya, gangguan pencernaan dan penambahan berat badan yang drastis di akhir bulan Ramadhan menjadi hal yang tidak bisa dihindari.

Melakukan aktivitas fisik (Berolahraga)

Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik misalnya dengan berolahraga masih sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Lakukan olahraga minimal 30 menit dengan olahraga ringan misalnya joging.

Itulah tips yang bisa diterapkan untuk menjaga pola hidup sehat saat berpuasa agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

Ditulis Oleh ELSA NOVIA (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *