Tanggal:03 May 2024

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan merupakan hal penting baik bagi individu maupun bagi pembangunan negara. Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebut bahwa kesehatan sebagai ”Keadaan sejahtera fisik, mental, sosial, spiritual dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kelemahan.”

WHO mendefinisikan kesehatan mental sebagai kesejahteraan mental dimana seorang individu menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi orang lain.

Kesehatan mental merupakan hal yang penting dan patut kita jaga dengan baik. Kesehatan mental sendiri dipengaruhi oleh kejadian atau peristiwa yang terjadi di kehidupan kita yang memberikan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. Peristiwa tersebut dapat berupa kekerasan dalam rumah tangga maupun dalam keluarga, pelecehan pada anak, atau masalah yang menyebabkan stress berat jangka panjang.

Jika kesehatan mental terganggu, akan timbul gangguan mental. Gangguan mental tersebut dapat berupa cara seseorang dalam berpikir, menangani stress, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti dirinya sendiri. Sebab mental berkaitan dengan batin dan watak manusia. Mental yang baik adalah ketika kondisi ketika watak dan batik dalam keadaan normal, tenang, tentram sehingga dapat menjalani aktivitas secara normal seperti biasanya.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kesehatan mental mencakup kondisi kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial manusia. Hal tersebut adalah hal yang  membantu manusia untuk berpikir, merasa, dan bertindak, serta menghadapi stress, berhubungan atau bersosialisasi dengan orang lain, dan membuat keputusan yang tepat.

Kesehatan Mental itu penting ga sih?

Mental yang baik akan berpengaruh terhadap kehidupan kita, karena kesehatan mental merupakan komponen paling penting dalam setiap jenjang kehidupan, mulai dari masa anak – anak, remaja, bahkan sampai dewasa. Seringkali disebutkan bahwa kondisi mental pada masa anak – anak dapat mempengaruhi kejiwaannya hingga  dewasa nanti. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mental sedari kecil.

Kesehatan mental dan fisik adalah dua hal yang sama pentingnya secara keseluruhan. Penyakit mental, terutama depresi, meningkatkan risiko berbagai jenis masalah kesehatan fisik, terutama kondisi jangka panjang seperti stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Demikian pula, adanya kondisi kronis dapat meningkatkan risiko penyakit mental, dikutip dari laman CDC. Lebih dari 450 juta orang menderita gangguan jiwa. Menurut WHO, pada tahun 2020, depresi akan menjadi beban penyakit terbesar kedua di dunia (Murray & Lopez, 1996). 

Hal penting yang perlu diingat bahwa kesehatan mental seseorang dapat berubah dengan seiring waktu, serta tergantung pada banyak faktor. Ketika tuntutan yang diberikan pada seseorang melebihi sumber daya dan kemampuannya, kesehatan mental mereka dapat terpengaruh.

Menjaga kesehatan mental sangat penting untuk menstabilkan perilaku, emosi, dan pikiran. Berikut adalah beberapa manfaat pentingnya menjaga kesehatan mental:

  • Memperbaiki suasana hati
  • Mengurangi kecemasan
  • Merasa lebih damai
  • Berpikir lebih jernih
  • Meningkatkan hubungan, baik dengan diri sendiri maupun orang lain
  • Meningkatkan harga diri

Seperti yang sudah disebutkan diatas mengenai manfaat menjaga kesehatan mental agar mental dalam diri kita sehat. Banyak manfaat yang timbul jika kesehatan mental kita baik. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mental kita.

Gimana sih caranya menjaga kesehatan mental

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwasanya menjaga kesehatan mental itu sangatlah penting. Dengan menjaga kesehatan mental kita dapat menjalani dan menikmati kehidupan dengan tentram dan tenang serta terhindar dari berbagai penyakit. Tapi gimana sih caranya untuk menjaga kesehatan mental kita?

Berikut merupakan beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental

  • Curhat kepada seseorang yang sudah dipercaya tentang masalah atau perasaan yang sedang dihadapi agar merasa didukung dan tidak merasa kesepian.
  • Hargai diri sendiri dengan tidak membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain.
  • Melakukan kegiatan atau hal – hal yang positif.
  • Menerapkan pola makan yang sehat agar menjaga fungsi otak dan organ lainnya di tubuh yang baik untuk kesehatan.
  • Menerapkan pola tidur yang baik, tidur yang cukup dapat mengelola suasana hati dan emosi serta mencegah depresi dan gangguan kecemasan.
  • Bersosialisasi serta menjaga hubungan baik dengan keluarga maupun kerabat.
  • Menghindari alkohol, merokok dan narkoba yang dapat mempengaruhi mental kita dan dapat merusak organ tubuh serta cek kadar alkohol dalam darah.
  • Menerima dan mensyukuri apa yang kita miliki sekarang.
  • Selalu berpikir positif, karena dengan berpikiran negatif akan berpengaruh terhadap mental kita.
  • Kembangkan potensi yang kita miliki dan mencoba hal-hal positif baru yang belum pernah dilakukan.
  • Lakukan kegiatan yang membuat kita bahagia.
  • Menghindari sikap perfeksionis yang berlebihan.

Dari cara-cara yang sudah disebutkan diatas, dapat kita terapkan di kehidupan kita sehari-hari untuk menjaga kesehatan mental kita. Penting untuk diingat bahwa kesehatan mental merupakan hal yang tidak boleh diabaikan dan harus dijaga dengan baik. Jika merasa mengalami gangguan mental jangan malu untuk meminta bantuan ke psikolog dan psikiater agar dapat membantu masalah yang dihadapi agar kesehatan mental menjadi lebih baik. 

Ditulis Oleh ELSA NOVIA (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *