Tanggal:28 April 2024

Primary Key: Pengertian, Fungsi, Syarat dan Contohnya

Primary Key adalah sebuah kolom atau gabungan dari beberapa kolom pada sebuah tabel yang memiliki nilai unik dan berbeda untuk setiap baris data.

Sobat Vocasia ingin mempelajari lebih lanjut tentang konsep primary key dalam basis data? Maka pada kesempatan kali ini minvo akan mengulas artikel tentang pengertian, fungsi, syarat, dan contoh dari primary key.

Apa Itu Primary Key?

Primary Key adalah sebuah kolom atau gabungan dari beberapa kolom pada sebuah tabel yang memiliki nilai unik dan berbeda untuk setiap baris data. Primary Key digunakan untuk mengidentifikasi setiap baris data secara unik dan memastikan bahwa tidak ada data duplikat dalam tabel. Primary Key juga digunakan untuk menjalin hubungan antara tabel yang berbeda dalam basis data.

Fungsi Primary Key

Fungsi dari primary key adalah untuk:

1) Mengidentifikasi setiap baris data secara unik

Dengan menggunakan primary key, setiap baris data dalam sebuah tabel dapat diidentifikasi secara unik dan dibedakan dari baris data lainnya.

2) Memastikan tidak ada data duplikat

Karena setiap nilai primary key harus unik, maka tidak akan ada data duplikat yang dapat masuk ke dalam tabel.

3) Menjalin hubungan antar tabel

Primary key juga digunakan untuk menjalin hubungan antar tabel dalam basis data. Hal ini memungkinkan untuk mengintegrasikan data dari berbagai tabel yang berbeda dan mempermudah proses query dan analisis data.

Syarat Primary Key

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk kolom atau gabungan kolom yang digunakan sebagai primary key:

1) Unik

Setiap nilai pada kolom primary key harus berbeda dengan nilai pada baris data lainnya dalam tabel.

2) Tidak boleh kosong

Setiap baris data harus memiliki nilai pada kolom primary key. Dengan demikian, nilai null atau kosong tidak diperbolehkan.

3) Stabil

Nilai pada kolom primary key tidak boleh berubah setelah ditetapkan sebagai primary key. Jika ada perubahan nilai pada kolom primary key, maka hubungan antar tabel akan terganggu dan data akan sulit diintegrasikan.

4) Tipe data yang sesuai

Tipe data kolom primary key harus sesuai dengan tipe data kolom yang digunakan untuk menyimpan data pada tabel tersebut.

Tips Primary Key

Beberapa tips untuk membuat primary key yang efektif dan efisien:

1) Gunakan kolom atau gabungan kolom yang memang unik

Pilihlah kolom atau gabungan kolom yang memang memiliki nilai unik dan berbeda untuk setiap baris data. Hal ini akan memudahkan proses identifikasi data secara unik dan mencegah duplikasi data.

2) Gunakan tipe data yang sesuai

Pastikan tipe data kolom primary key sesuai dengan tipe data kolom pada tabel. Ini akan memudahkan proses integrasi data antar tabel dan meminimalkan kesalahan saat melakukan query.

3) Pertimbangkan kecepatan dan kinerja database

Pilihlah primary key yang dapat mempercepat proses query dan tidak mempengaruhi kinerja database secara negatif. Sebagai contoh, menggunakan kolom yang memiliki banyak karakter sebagai primary key dapat memperlambat proses query karena memperlukan waktu yang lama untuk melakukan pencarian data.

Contoh Primary Key

Sebagai contoh, pada tabel “Pelanggan” yang berisi data pelanggan dari sebuah toko online; kolom “ID Pelanggan” dapat dipilih sebagai primary key. Setiap pelanggan memiliki ID yang berbeda, dan tidak ada pelanggan dengan ID yang sama. Dengan menggunakan “ID Pelanggan” sebagai primary key, data pelanggan dapat diidentifikasi secara unik dan tidak ada pelanggan yang memiliki data duplikat dalam tabel.

Nah sekarang sobat sudah pahamkan dengan apa itu primary key, fungsi, syarat dan contohnya. Buat sobat yang ingin menambah skill pada bidang Copywriter namun belum tau harus memulai Copywriting dari mana?

Minvo rekomendasikan sobat buat ikutan Kursus HYPERSONIC COPYWRITING SERIES: Dasar-dasar Copywriting Yang Efektif nah nanti disini sobat akan mengetahui jikalau primary key akan sangat digunakan dalam dunia Copywriting.

Klik tombol di bawah ini untuk mengikuti Kursusnya!

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *