Tanggal:17 May 2024

Ini Dia, Rekomendasi Marketplace NFT Terbaik!

Saat ini, dunia maya di Indonesia sedang dihebohkan seseorang yang bernama Ghozali, ia berhasil meraup keuntungan hingga miliaran rupiah di salah satu aset investasi turunan kripto, yaitu Non-Fungible Token atau NFT. 

Konsep selfie yang dilakukan Ghozali berhasil membuat karyanya menjadi ikonik di NFT, dengan menjual foto selfie-nya mencapai harga puluhan juta di salah satu marketplace NFT terbesar. 

Dari kisah Ghozali tersebut, tak sedikit orang yang masih awam dengan NFT, apa sebenernya NFT itu? Kenapa dengan foto selfie saja laku dijual dengan harga fantastis? Lalu, apa sih marketplace NFT itu? Berikut penjelasan lengkapnya! 

Apa itu NFT? 

Ilustrasi Cara kerja NFT (freepik)

Non-Fungible Token atau NFT adalah aset digital yang dimiliki. NFT mewakili barang berharga atau unik dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti. NFT menjadi platform baru untuk media koleksi digital. 

Lalu, dapat menawarkan imbalan besar bagi para seniman, musisi, kreator dan influencer dari investor yang bersedia untuk membayar aset mereka. NFT sebagai sertifikat kepemilikan digital yang tidak dapat digandakan, bersifat limited edition. 

Menurut Pymnts.com, total volume penjualan NFT hampir melampaui  $2,5 miliar dalam enam bulan terakhir di tahun 2021. Di tahun sebelumnya lebih mengejutkan, yaitu mencapai angka  $13,7 juta di tahun 2020. Tahun ini, terjadi lonjakan terhadap minat NFT. Tingginya perkembangan NFT ini juga tidak lepas dengan keberadaan marketplace NFT. Kamu pasti bingung, ya, apa itu marketplace NFT? Simak berikut ini! 

Baca JugaCara Kerja NFT, Simak Berikut Ini!

Marketplace NFT itu apa?

Ilustrasi Marketplace NFT meliputi gambar, foto, video, atau karya seni digital lainnya (freepik)

Marketplace NFT adalah platform digital untuk tempat NFT ditampilkan dan diperjual belikan. Selain itu, yang bekerja layaknya Amazon atau eBay untuk menjual maupun membeli barang berfokus pada produk NFT. Produk NFT mulai dari lukisan, musik, hingga barang-barang virtual lainnya. 

Marketplace NFT memungkinkan kolektor digital untuk melakukan transaksi jual-beli dan membuat token NFT untuk mempresentasikan kepemilikan atas aset atau item unik baik yang berwujud (fisik) atau tidak berwujud (digital). Transaksi yang digunakan marketplace NFT bisa melalui dompet, yang mana proses transaksi perdagangan hanya dapat berlangsung jika pengguna memilliki semacam id card

Sebelum kamu memilih marketplace NFT, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pertama, pastikan kamu telah menentukan jenis aset digital yang akan di proses dalam transaksi (jual-beli) yang bisa dijadikan token kripto di blockchain

Baca JugaCara Menjual NFT Cepat Laku!

Kedua, tentukan berdasarkan jenis token yang di dukung marketplace tersebut. Kemudian yang ketiga, kamu diharuskan menghubungkan wallet dengan marketplace NFT. 

Rekomendasi Marketplace NFT Terbaik 

Terdapat beberapa rekomendasi marketplace NFT yang berperan besar pada volume penjualan aset. 

1. Opensea 

Opensea adalah situs NFT pertama yang dimunculkan di jaringan blockchain ethereum. Jenis ini merupakan marketplace terbesar berdasarkan volume perdagangan dan jumlah aset, yang diperkirakan hampir 4 juta, serta berbasis peer to peer. 

Opensea menerima lebih dari 150 token berbeda, guna mempermudah pengguna bertransaksi. Platform ini mencakup karya seni, musik, foto, video, karty olahraga, nama domain, aset digital, aset dalam game, dan lainnya.

Selain itu, Opensea memiliki semua jenis aset digital, dan gratis untuk mendaftar. Untuk kamu yang baru memulai bergabung NFT, platform ini menjadi tempat yang cocok bagi pemula, loh! Jangan khawatir soal keamanan, semua platform NFT terjamin keamanannya.

Baca JugaCara Membuat NFT

2. Rarible

Platform ini tidak beda jauh dengan Opensea. Jumlah pengguna hampir 100 ribu dengan total volume transaksi $293 juta, menjadi marketplace yang cukup direkomendasikan.

Rarible dirancang dengan secara cermat untuk membuat pengguna terlibat dengan platform. Selain itu, menampilkan penjual teratas dan prospek NFT berbayar lainnya untuk memudahkan pembeli membeli NFT yang diinginkan. 

Selain itu, marketplace ini menerima hampir 50 token dan kartu kredit sebagai alat pembayarannya, platform ini menggunakan 3 blockchain yaitu ethereum, flow, tezos. Untuk kamu yang menggunakan dalam mencetak NFT dengan platform rarible ini sangat mudah! Namun, akan dikenakan biaya percetakan karena pasar NFT ini berbasis ethereum. 

3. Foundation 

Foundation adalah pasar P2P yang beroperasi secara eksklusif untuk karya seni dan pencipta seni digital. Foundation merupakan marketplace dengan design layout sederhana. 

Sejak 2021, foundation mencapai total volume transaksi $150 juta dengan jumlah pengguna lebih dari 30 ribu. Kekurangan dari platform ini, tingginya biaya potongan komisi (15%) dan hanya menerima ETH sebagai alat transaksi. 

4. SuperRare 

Situs yang dibangun di atas blockchain ethereum, yang memungkinkan pengguna untuk melacak sejarah lengkap seni. Untuk kamu yang sedang mencari karya seni surealis di marketplace NFT, coba kunjungi platform ini! Karena banyak kreator yang menjual karyanya disana, loh! 

5. Axie Marketplace 

 Axie adalah marketplace bagi game axie infinity. Salah satu jenis game play-to-earn, game digital yang memungkinkan pengguna online untuk meningkatkan, bertarung, mengumpulkan mahluk animasi bernama axies. Pengguna dalam pemain ini dapat memiliki pertanian dan kerajaan secara digital, dan memperkuat kekuatan untuk mengumpulkan axies, sehingga dapat dijual kapanpun. 

Kamu dapat membeli axie, lahan virtual, dan barang lainnya dalam bentuk NFT menggunakan token axie shard (AXS). Marketplace ini, sekarang sudah mencapai 1,9 juta pengguna dengan volume transaksinya $4,17 miliar, loh!

6. NBA Top Shot

Nah! Untuk kamu yang menjadi penggemar olahraga basket, NBA top shot adalah marketplace NFT yang cocok untuk kamu! Platform ini memfasilitasi transaksi NFT berupa video klip dan highlight pertandingan NBA. Platform ini, mencapai pengguna 534 ribu dengan volume transaksi mencapai $880,78 juta. 

7. NiftGateway

NiftGateway menyediakan penjualan beberapa karya artis digital terkenal, seperti beple dan musisi Grimes. Karya NFT yang ada di platform ini disebut nifties. Hal yang paling populer, pembelian di game crypto seperti crypto-kittiesTransaksi platform ini, menggunakan mata uang fiat tanpa harus dikonversi ke crypto, dengan biaya potongan komisi 5%. 

8. Mintable

Mintable marketplace NFT yang mencoba menyerupai Opensea. Karena platform ini memfasilitasi minting NFT apa saja seperti foto, video, musik, game dan lainnya. Jika ingin menjadi kolektor ataupun kreator di platform ini, kamu bisa membeli ETH terlebih dahulu pada exchange berlisensi untuk menghubungkan wallet exchange tersebut dengan Mintable. Platform ini memiliki tiga jenis lelang yang berbeda, Lelang Berwaktu, Lelang Beli Sekarang, dan Lelang Tradisional.

Nah! Berikut penjelasan mengenai marketplace NFT itu apa dan rekomendasinya! Kamu juga bisa loh! Ikuti tipsnya di kursus “Memanfaatkan NFT Sebagai Sumber Bagi Pemula Secara Efektif” . Dengan kamu mengikuti kursus ini, kamu bisa ikuti tipsnya, yang pasti dengan harga yang sangat terjangkau! Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan kamu yang sedang bingung memilih marketplace NFT yang pas apa, ya, semangat!

Baca Juga : Simak! 7 Cara Menjual NFT Agar Cepat Laku

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *