Tanggal:22 February 2024
Membuat Curriculum Vitae

Rekomendasi Tools untuk Membuat Curriculum Vitae

Hallo sobat minvo, curriculum vitae merupakan hal penting yang harus dipersiapkan ketika akan melamar pekerjaan. HRD akan tertarik dengan kita apabila Curriculum vitae kita menarik. Untuk membuat Curriculum vitae yang menarik sebenarnya susah susah gampang. Walaupun hanya menuliskan daftar riwayat hidup kita, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan yaitu membuat Curriculum vitae dengan isi yang relevan dan tidak bertele – tele sampai memilih desain CV yang menarik. Tapi gimana min cara buat CV yang menarik? Eits gausah bingung minvo mau kasih rekomendasi tools untuk membuat CV agar menarik HRD. Tools CV dan Resume tersebut dapat diakses melalui website-website online, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya maupun energi yang lebih banyak lagi. Nah, berikut beberapa rekomendasi tools CV dan Resume yang bisa kalian gunakan.

1. Canva

Rekomendasi tools yang pertama adalah canva. Siapa sih yang tidak kenal dengan tools yang satu ini. Tools canva menyediakan banyak template untuk membuat poster, powerpoint, sampai buat CV online gratis. Canva menyediakan ratusan template dengan desain yang menarik dan dengan kombinasi warna yang pas sehingga tetap terlihat profesional.

2. CV Maker

Rekomendasi tools selanjutnya yaitu CV Maker. Website untuk membuat CV yang kedua adalah CV Maker. CV maker ini cocok untuk kamu yang ingin membuat CV simple atau formal. Website ini memiliki user interface yang baik sehingga memudahkan pembuatan CV online dengan desain simple. Di dalam website ini tidak banyak editing tools yang disediakan, sehingga CV tidak bisa banyak dimodifikasi dan terlihat simple. Setelah selesai mengisi semua informasi, kamu bisa langsung mendownload CV dalam format PDF, HTML ataupun txt secara gratis.

3. Kick Resume

Rekomendasi tools selanjutnya yaitu Kick Resume. Kickresume adalah website yang tepat untuk kalian pilih jika ingin membuat cv online dengan profesional. Karena, semua template bertema resmi dengan menonjolkan ruang teks yang luas.

Meski temanya resmi, Kick resume juga menyediakan variasi template CV online gratis yang cukup beragam. Semua template dikelompokkan berdasarkan industri pekerjaan. Mulai dari sektor kesehatan, IT, manufaktur dan lainnya.  Jika ingin menambahkan foto atau gambar, Kickresume punya fitur attachment file. Jadi, kamu bisa menambahkan lebih dari satu foto atau gambar.

4. CoolfreeCV

Berbeda dengan website untuk membuat cv lain, rekomendasi tools selanjutnya yaitu CoolfreeCV mempunyai enam contoh cv online dalam format doc. Anda bisa langsung mengunduh kemudia memodifikasinya di Microsoft Word. Ada pilihan contoh cv online berformat docs yang bisa kamu download dan edit di Microsoft Word dengan leluasa. CoolfreeCV juga tidak perlu buat akun atau registrasi sehingga tidak ribet dan sangat memudahkan.

5. Zety

Rekomendasi tools terakhir adalah Zety. Zety ini pas untuk kamu jika ingin membuat curriculum vitae professional. Cara membuat CV Online pada Zety adalah pertama dengan mengisi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan daftar riwayat hidup kamu, lalu di bagian samping, kamu bisa langsung melihat preview dari CV yang lagi kamu buat. CV template yang disediakan Zety cukup banyak dan menarik, namun tetap profesional dan bisa download ke CV PDF, CV Word ataupun CV txt. Selain memiliki template yang clean dan terlihat profesional, Zety juga menyediakan berbagai contoh CV berbahasa Inggris yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Gimana nih sobat minvo, setelah membaca penjelasan diatas ternyata untuk membuat CV itu sudah tidak susah, sudah banyak tools untuk memudahkan kamu dalam membuat CV.

Penulis : Elsa Novia Ramdani – Kelompok B

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *