Tanggal:04 May 2024

Mencari Jurnal Dengan Mudah Tanpa Pusing, Mari Simak Rekomendasi Website Jurnal Yang Dapat Diakses

Jurnal merupakan suatu publikasi ilmiah dan berisi kajian penelitian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sekelompok peneliti yang kemudian disebarluaskan dengan cara melakukan penerbitan secara berkala. Dalam era digital saat ini, banyak website jurnal yang tersedia untuk diakses secara online yang dapat mempermudah orang-orang untuk mengaksesnya. Mengenai hal tersebut, maka diberikan rekomendasi website jurnal yang dapat menjadi referensi bagi para akademisi dan peneliti sebagai berikut.

1) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Situs website jurnal Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang dapat diakses yakni resources.perpusnas.go.id, dimana pada situs tersebut dapat ditemukan berbagai referensi jurnal yang kita inginkan. Tak hanya itu, Anda juga dapat menjadi anggota perpustakaan online agar memiliki kemudahan akses. Situs website ini tak hanya menyediakan referensi jurnal nasional namun juga menyediakan referensi jurnal internasional.

2) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

LIPI memiliki berbagai jurnal yang dapat diakses melalui lipi.go.id. Pada website tersebut, Anda dapat mencari jurnal yang dibutuhkan melalui kolom pencarian yang tersedia pada website sesuai kata kunci yang diinginkan sehingga memudahkan Anda dalam menemukan jurnal yang ingin diakses.

3) Sinta (Science and Technology Index) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Pada Sinta (Science and Technology Index) terdapat berbagai referensi jurnal yang memiliki kualitas yang baik dan terjamin. Pada situs tersebut, Anda dapat mengurutkan jurnal berdasarkan kategori-kategori yang ada. Jurnal dapat diakses dengan cara mengklik judul jurnal yang telah dipilih.

4) Garuda (Garba Rujukan Digital) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Berbagai referensi jurnal dari Garuda ini dapat diakses melalui https://garuda.ristekbrin.go.id/, dimana situs tersebut dikelola dan dikembangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dikti – Kemdiknas RI. Jurnal dapat ditemukan dengan cara menulis kata kunci dari jurnal yang dibutuhkan pada kolom pencarian yang ada pada situs website tersebut.

5) Google Scholar

Seperti yang kita ketahui, Google Scholar merupakan salah satu situs website jurnal yang sangat populer. Pada situs tersebut, Anda dapat menemukan berbagai jurnal ilmiah baik yang menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk menemukan jurnal yang diinginkan pun sangat mudah karena Anda hanya perlu menuliskan kata kunci terkait jurnal yang dibutuhkan pada kolom pencarian yang di website google scholar tersebut. Setelah itu, Anda hanya perlu mengklik tombol [PDF] untuk dapat mengakses jurnal yang diinginkan.

6) ResearchGate

ResearchGate merupakan salah satu social media para peneliti. Pada situs website tersebut, Anda dapat menemukan berbagai macam penelitian dari seluruh dunia. Bahkan, pada situs tersebut juga terdapat forum diskusi yang dapat digunakan dan diakses oleh para peneliti. Jurnal-jurnal dari website tersebut dapat digunakan sebagai referensi bagi para mahasiswa sebagai acuan dalam penulisan karya ilmiah.

7) Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Pada website tersebut, terdapat berbagai ribuan macam jurnal internasional yang dapat diakses secara gratis oleh penggunanya. Terdapat berbagai bidang ilmu yang dikelompokkan dalam situs website jurnal tersebut seperti sains, ilmu sosial, teknologi, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu memasukkan topik yang diinginkan pada kolom search yang terdapat pada situs website untuk menemukan jurnal yang dibutuhkan.

8) ScienceDirect Open Access

ScienceDirect Open Access merupakan salah satu situs website jurnal yang memiliki banyak sekali referensi jurnal bahkan hingga jutaan artikel jurnal ilmiah yang dapat diakses. Terdapat empat bidang ilmu yang dapat digunakan untuk mencari jurnal yang Anda butuhkan yakni physical sciences and engineering, life sciences, health sciences, dan social sciences and humanities.

9) JSTOR (Journal Storage)

JSTOR (Journal Storage) merupakan salah satu situs website penyedia jurnal yang memiliki kualitas yang baik. Situs tersebut menyediakan jutaan jurnal yang dapat diakses bagi para penggunanya. Tak hanya itu, JSTOR juga mempermudah penggunanya dalam memperoleh referensi karena terdapat akses ke buku dan sumber referensi lainnya yang disediakan pada situs website tersebut. Bahkan, jurnal-jurnal yang disediakan pada website tersebut telah melalui proses review dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

10) Oxford Academic

Oxford Academic merupakan salah satu situs website penyedia jurnal internasional yang memiliki kualitas yang baik. Situs website jurnal tersebut dikelola oleh salah satu universitas terkemuka di dunia yakni University of Oxford. Pengunjung situs website tersebut dapat mengakses jurnal-jurnal yang disediakan secara gratis yang dapat dijadikan referensi bagi penelitiannya.

Selain beberapa website jurnal yang telah disebutkan sebelumnya, tentunya masih banyak lagi situs website yang dapat dijadikan referensi penelitian yang sedang Anda lakukan. Beberapa website jurnal tersebut direkomendasikan untuk memudahkan Anda dalam mencari sumber referensi penelitian. Dalam memilih website jurnal yang tepat, penting untuk memperhatikan kualitas dan reputasi jurnal yang akan dipilih. Maka, pilihlah website jurnal yang terpercaya dan memuat artikel yang berkualitas. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan aksesibilitas dan kemudahan dalam menggunakan situs web jurnal tersebut. Dengan memilih website jurnal yang tepat, para peneliti dan akademisi dapat terus mengembangkan pengetahuan dan menemukan temuan baru dalam bidang ilmu yang mereka tekuni.

Penulis Asli: Resti Amalina [Kelompok D – Studi Independen Vocasia]

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *