Tanggal:17 June 2024

Sejarah Panjang Toyota Rush, Mobil SUV Yang Sudah Dua Generasi

Sejarah Toyota Rush berawal dari tahun 2006. Kembaran Daihatsu Terios ini langsung mendapat sambutan hangat dari konsumen segmen Low Sport Utility Vehicle alias LSUV.  Menyandang status sebagai LSUV, tampilan Rush ketika itu tersaji dengan desain yang gagah. Khas sekali jip.

Pada bagian belakang terdapat ban cadangan yang menggantung di pintu bagasi. Oleh karenanya Rush generasi pertama ini disebut juga sebagai Rush Konde. Interiornya juga masih menggunakan konfigurasi 5-seater, kecuali lansiran 2016 varian tertinggi.

Toyota Rush Generasi Pertama

Dikutip dari seosatu.com berawal dari tahun 2006, generasi pertama mobil mini SUV Toyota RUSH di Indonesia. Toyota Rush mengusung desain sporty dan dinamis, ditambah dimensi mobil yang tinggi dan besar membuat SUV Rush generasi pertama ini terlihat gagah.

Soal varian, ditawarkan dengan tiga pilihan: G Manual 5-speed, S Manual 5-speed, serta S Otomatis 4-speed. Selain itu, untuk pilihan warna ada biru, merah, silver, hitam dan champange.

Lalu untuk mesinnya mengusung kode 3SZ-VE, berteknologi DOHC berkapasitas 1.500 cc 4-silinder dengan teknologi VVT-i. Tenaganya diklaim sebesar 109 PS serta torsi maksimum 145 Nm. 

Meski desain terbilang sederhana, namun penjualan Toyota Rush pada tahun 2007 cukup membanggakan. Yaitu mampu meraih angka kisaran tiga puluh ribuan unit.

Menurut Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, sejak diluncurkan pada 2006, setidaknya Toyota telah beberapa kali melakukan penyegaran pada medium SUV andalannya itu.

Baru di tahun di 2009, Toyota memberikan sedikit perubahan di bagian eksterior, ornamen baru pada grille dengan bilah melintang di tengah dan rumah lampu fog berwarna chrome. Selain itu, terdapat bumper guard depan dan belakang. Untuk varian toyota rush 2009 belum ada penambahan type / varian model terbaru. 

Setahun berikutnya, Di awal tahun 2010, Toyota merilis Rush tipe G otomatis untuk melengkapi pilihan kepada konsumen. Mengubah grille plastik dengan ornamen bulat dan bergesernya slip melintang dari tengah ke sisi atas grille sebagai penanda utama.

Profil bumper pun juga turut berubah, dengan foglamp yang dibalut rumah berlapis krom, bagian samping, ubahan yang paling kental terlihat dari lengkungan di sisi bawah kedua pintu. Velg yang digunakan juga berganti desain. 

Masih di tahun 2010, tepatnya bulan Oktober Toyota merilis Rush G otomatis, untuk melengkapi pilihan yang sudah ada. Rush kembali mendapat penyegaran. Ubahan mencakup grille plastik dengan ornamen bulat dan bergesernya slip melintang dari tengah ke sisi atas grille sebagai penanda utama.

Tiga tahun berselang tepatnya di tahun 2013, Toyota Rush menghadirkan varian baru yakni TRD Sportivo menggantikan varian tipe S. Perubahan yang kentara pada TRD Sportivo mencakup front bumper spoiler, rear bumper spoiler, TRD Sportivo emblem, dan TRD Sportivo stickers.

Di tahun 2015 Tampilan depan Toyota Rush kian modern dan sporti dengan lampu utama berteknologi LED dan rumah lampu berwarna hitam. Tak ketinggalan ubahan terdapat pada grille dan bumper bawah.

Desain bagian belakang pun mengalami perubahan, dengan lampu LED serta bumper bawah dan spoiler TRD Sportivo. Untuk varian TRD Sportivo dibekali dengan velg alloy terbaru berwarna.

Memasuki tahun 2016, Toyota Rush kembali meneruskan estafet sejarah Toyota Rush dengan menampilkan varian tertinggi baru dengan kapasitas tujuh penumpang. Nama TDR Sportivo juga mendapat ubahan menjadi TRD Sportivo Ultimo.

Tampilannya lebih modern dan sporty berkat disematkanya lampu LED serta bagian bumper bawah dan spoiler TRD Sportivo Ultimo dan desain velg alloy baru bergaya two tone.

Desain dashboard Rush TRD Sportivo ini masih sama dengan Rush lawas yang baru meluncur pertama kali di 2007. Meski demikian, ada sedikit perbedaan, antara lain, head unit sudah mengusung layar sentuh dengan koneksi radio, USB, miracast, AUX hingga bluetooth, kisi AC tengah sudah berdesain anyar.

Toyota Rush Generasi Kedua

Dilansir dari moladin.com Pada tahun 2017, revisi menyeluruh diberikan. Sejarah Toyota Rush berlanjut dengan tampilan yang lebih modern. Meninggalkan aura jip, kini lebih condong ke arah SUV perkotaan. Di 2017, Toyota meluncurkan All New Rush atau model generasi kedua dengan konsep “Modern & Dynamic”.

Interior All New Rush didesain dengan konsep “True 7 Seater SUV” yang dilengkapi dengan 7 seatbelt tiga titik dan 7 head rest. Jarak bangku baris ke dua dengan bangku baris ketiga sebesar 700 mm, penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman dibanding model sebelumnya.

Hadir dengan pilihan dua varian, G dan TRD Sportivo. Keduanya sudah mengusung teknologi start stop engine. Pada bagian interior, bagian panel depan dilapisi dengan material yang lembut agar terlihat semakin eksklusif.

Fitur juga lebih baik, kini pakai layar sentuh 7 inci. Ada pula delapan unit speaker, smart entry, hinggga Auto AC. Tidak ketinggalan untuk keselamatan, Rush memiliki punya 6 SRS Airbags, vehicle stability control (VSC), 7-seat belt indicators, anti-lock braking system (ABS), hill start assist (HSA), dan emergency brake signal (EBS).

Empat tahun berselang, tepatnya pada tahun 2021 Toyota merilis varian Rush dengan nama baru, yaitu Toyota Rush GR Sport, menggantikan varian TDR Sportivo. Desain eksterior tidak berbeda banyak

Ditulis Oleh Ilham Mahdika Saputra (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *