Tanggal:04 May 2024

Toyota All New Voxy: MPV nya Mobil Perjalanan Bersama Keluarga

Toyota Voxy adalah mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang digemari oleh masyarakat Indonesia. 

Mereka memanfaatkan Toyota Voxy sebagai mobil keluarga untuk perjalanan jauh. Toyota Voxy juga kerap digunakan sebagai transportasi sehari-hari mulai dari mengantar anak ke sekolah, pergi ke kantor, atau sekadar membeli kebutuhan pokok di supermarket.

Di Indonesia sendiri, mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 sebagai penerus Toyota NAV1 di segmen MPV premium yang tampil dengan desain eksterior lebih sporty dan stylish.

Saat ini sudah ada 4 generasi Toyota Voxy yang diproduksi dan tentunya juga dilengkapi dengan teknologi serta fitur-fitur baru yang lebih advance. Toyota All New Voxy jadi mobil baru. Toyota yang punya keunggulan yang sangat banyak. Apa saja keunggulan yang diberikan mobil ini? 

  1. Interior Yang Lebih Nyaman

Menurut seva.id dari segi ukuran, Toyota All New Voxy memiliki dimensi panjang 4.695 milimeter, lebar 1.730 milimeter, dan tinggi 1.855 milimeter yang membuat interiornya terasa lebih luas dan lapang. Sedangkan untuk panjang wheelbase adalah 2.850 milimeter.

Pada baris pertama atau area pengemudi, terdapat arm rest yang membuat pengemudi bisa merasa lebih nyaman. Untuk setir mobilnya pun bisa diatur secara tilt atau telescopic sehingga lebih ergonomis. 

Kemudian pada baris kedua, juga terdapat arm rest serta meja di bagian tengah yang bisa digunakan untuk menyimpan barang dengan beban maksimal 3 kilogram. Area baris kedua juga cukup lapang dan luas sehingga penumpang tetap merasa nyaman. 

Penggunaan platform TNGA ini juga sangat menguntungkan bagi para penumpang karena ketika pengemudi melakukan manuver, mobil masih bisa berjalan dengan baik dan tidak terasa bantingan yang akan mengganggu. 

  1. Esksterior Yang Unik & Menarik

Dilansir detik.com dari sisi eksterior, desainnya unik dan menarik, tercermin dari bentuk body mobil yang kotak dengan proporsi yang pas. Dari luar, mobil ini terlihat mewah dan menawan.

Toyota All New Voxy terbaru ini mengusung konsep desain Elegant Aeropackage yang dinamis dan futuristik, tentu disukai oleh para generasi muda.

Memiliki grille berukuran besar dengan headlamp yang tajam pada bagian depan, serta bumper yang memanjang pada aero kit di bagian samping. Tersemat pula handle pintu berlapis krom yang semakin membuatnya tampak elegan.

  1. Sistem Hiburan Yang Canggih

Mengutip penjelasan dari tunastoyota.com yang menjelaskan bahwa. Voxy memiliki Advanced Entertainment System dengan teknologi multimedia yang mumpuni.

Terdapat New Comprehensive TFT LCD MID berukuran 7 inci dengan Head-Up Display untuk memantau beberapa indikator penting seperti kecepatan tanpa perlu mengalihkan pandangan dari jalan di depan.

Kemudian ada juga fitur Refined Head Unit berukuran 9 inci yang terkoneksi dengan Marvelous Roof Rear Seat Entertainment (RSE) berukuran 11.6 inci sehingga baik penumpang di depan maupun di belakang dapat menikmati perjalanan. 

  1. Mesin Bertenaga, Responsif & Efisien

Dikutip dari gridoto.com Toyota Voxy hanya mempunyai satu pilihan mesin dengan performa yang cukup memuaskan yaitu 3ZR-FAE, 4 silinder, 16 katup berteknologi DOHC. Mobil dengan kapasitas 1.987 cc ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 152 PS per 6.100 RPM dengan torsi maksimum 19.7 Kgm per 3.800 RPM.

Menggunakan sistem transmisi otomatis CVT dengan sistem Valvematic yang bertenaga dan responsif. Tunas Friends bisa mengendarai mobil Voxy ini di semua jenis medan jalanan, mulai dari jalanan perkotaan hingga pedesaan.

Tidak hanya responsif dan bertenaga optimal, mobil gagah ini juga memiliki performa yang efisien. Caranya adalah dengan memanfaatkan mode Eco saat berkendara di jalanan biasa dan mode Cruise Control saat berkendara di jalan tol. Dengan begitu, bahan bakar dan energi yang dikeluarkan lebih efisien, serta cenderung lebih hemat daripada Tunas Friends berkendara seperti biasa tanpa menggunakan kedua mode tersebut.

  1. Fitur Keselamatan Yang Komprehensif

Keunggulan terakhir yakni dari segi keselamatan, menurut seosatu.com Toyota All New Voxy menghadirkan fitur Toyota Safety Sense (TSS) terbaru dan lengkap yang sudah ada di beberapa model mobil keluaran Toyota lainnya. 

Fitur TSS yang disematkan pada mobil ini diantaranya adalah Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Automatic High Beam (AHB).

Selain TSS, ditambahkan juga dengan fitur safety lainnya seperti New Electric Parking Brake (EPB) and Auto Brake Hold Button (ABH), New Convenient Panoramic View Monitor, dan Complete SRS Airbag. 

Kemudian pada bagian spion mobil, tidak hanya dilengkapi dengan Blind Spot Monitor tapi juga ditambah dengan adanya Heater Function. Berfungsi untuk menimbulkan panas di kaca spion sehingga tidak akan ada embun atau kabut atau air pada spion. 

Dari banyaknya kelebih yang sudah dijelaskan sebelumnya, Toyota All New Voxy dapat dikatakan memiliki fitur-fitur yang banyak dan keunggulan mobil MPV ini juga sudah tidak diragukan lagi. Toyota All New Voxy termasuk salah satu mobil yang masuk ke segmen MPV medium. Mobil ini pastinya sangat cocok dijadikan sebagai mobil perjalanan bersama keluarga.

Ditulis Oleh Ilham Mahdika Saputra (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *