Tanggal:02 May 2024

Shareholder: Pengertian, Jenis, Hak dan Perbedaannya dengan Stockholder

Shareholder adalah istilah yang digunakan untuk menyebut individu atau institusi yang memiliki kepemilikan saham dalam suatu perusahaan. Saat seseorang membeli saham, maka ia secara otomatis menjadi bagian dari pemilik perusahaan dan berhak atas pembagian keuntungan dan keputusan penting perusahaan.

shareholder adalah

Image Source © myPOS

1. Pengertian Shareholder

Shareholder adalah orang atau lembaga yang memiliki saham dalam suatu perusahaan. Dalam istilah lain, shareholder dapat disebut sebagai pemegang saham atau investor.

Seorang shareholder dapat memiliki saham perusahaan melalui pembelian langsung di pasar saham atau melalui program kompensasi perusahaan seperti saham bonus.

2. Jenis Shareholder

Terdapat dua jenis shareholder, yaitu individual dan institusional. Shareholder individual adalah pemegang saham yang terdiri dari individu atau perseorangan.

Sedangkan shareholder institusional adalah investor besar yang dapat berupa perusahaan asuransi, dana pensiun, atau perusahaan investasi.

3. Hak

Sebagai pemilik saham, shareholder memiliki hak-hak tertentu dalam suatu perusahaan. Beberapa hak yang dimiliki oleh shareholder antara lain:

1) Hak Suara

Shareholder berhak memberikan suara dalam keputusan penting perusahaan melalui rapat umum pemegang saham (RUPS).

2) Hak Atas Keuntungan

Shareholder berhak atas pembagian keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan.

3) Hak Atas Likuidasi

Apabila suatu perusahaan dibubarkan, shareholder berhak atas bagian dari aset perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

4) Perbedaan dengan Stockholder

Meskipun istilah shareholder dan stockholder sering digunakan secara bergantian, sebenarnya terdapat perbedaan antara keduanya.

Stockholder adalah seseorang yang memegang saham perusahaan tetapi tidak memiliki hak suara dalam keputusan penting perusahaan.

Sedangkan shareholder memiliki hak suara dan dapat memberikan suara dalam rapat umum pemegang saham.

Nah untuk sobat yang ingin memulai dirinya untuk bermain saham, sobat bisa mengikuti Kursus Kapan Harus Beli Saham? 7 Menit Paham Kapan Harus Beli Saham.

Dengan mengikuti kursus tersebut sobat akan diberikan Informasi untuk menjadi investor, kapan harus beli saham, dan teknik mencari saham murah.

Klik tombol Join Kursus di bawah ini untuk bergabung sekarang juga!

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *