Tanggal:25 April 2024

Mengenal BANT, Pilar Penting dalam Proses Penjualan

Dalam bisnis, biasanya sales perlu membuat skala prioritas dalam penjualan produk perusahaan. Teknik yang digunakan oleh sales untuk melakukan hal tersebut adalah BANT.

BANT bagian sangat penting saat kamu menjalan sebuah bisnis perusahaan. Menerapkan teknik BANT akan mempermudah kamu dalam mengetahui prospek penjualan yang tepat sasaran.

Pada artikel Vocasia kali ini, kami akan membahas seputar BANT secara mendetail; mulai dari pengertian hingga cara menerapkan BANT. Oleh karena itu, sobat harus simak baik-baik pengertian BANT dibawah ini.

Apa Itu BANT

BANT adalah singkatan dari Budget, Authority, Need, dan Timeline. Keempat elemen ini sangat penting dalam proses penjualan dan membantu penjual untuk lebih memahami prospek yang potensial.

Budget merujuk pada anggaran atau dana yang tersedia untuk membeli produk atau layanan. Dalam proses penjualan, penjual harus memahami seberapa banyak uang yang dapat dihabiskan oleh prospek. Hal ini membantu penjual untuk memilih produk atau layanan yang tepat dan menentukan harga yang cocok bagi prospek.

Authority merujuk pada kewenangan atau kekuasaan dalam proses pengambilan keputusan. Dalam proses penjualan, penjual harus memastikan bahwa mereka berbicara dengan orang yang berwenang untuk mengambil keputusan pembelian. Kewenangan ini meliputi wewenang untuk membuat keputusan pembelian, persetujuan atas anggaran dan sumber daya, serta kewenangan untuk menentukan kontrak atau kesepakatan.

Need merujuk pada kebutuhan atau masalah yang ingin dipecahkan oleh prospek. Penjual harus memahami kebutuhan pelanggan dan memastikan bahwa produk atau layanan yang mereka tawarkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan untuk lebih memahami masalah dan kebutuhan yang dihadapi oleh pelanggan.

Timeline merujuk pada jangka waktu atau waktu yang diperlukan untuk membeli produk atau layanan. Penjual harus memahami kapan prospek membutuhkan produk atau layanan, serta seberapa cepat prospek dapat membuat keputusan pembelian. Penjual harus memahami kebutuhan waktu pelanggan dan memberikan penawaran yang sesuai dengan jadwal yang diinginkan oleh pelanggan.

BANT membantu penjual untuk fokus pada prospek yang lebih potensial dan memiliki kemungkinan untuk membuat pembelian. Hal ini membantu penjual untuk menggunakan sumber daya penjualan dengan lebih efektif dan memaksimalkan hasil penjualan. Dalam penjualan B2B, BANT juga membantu penjual untuk menentukan apakah suatu perusahaan adalah calon pelanggan yang baik dan memiliki kemungkinan untuk membuat pembelian yang signifikan.

Cara Menerapkan BANT dalam Bisnis

BANT adalah metode yang berguna dalam proses penjualan, terutama dalam penjualan B2B. Dalam bisnis, BANT membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pelanggan potensial yang sesuai dengan produk atau layanan yang mereka tawarkan, dan memastikan bahwa waktu dan sumber daya penjualan yang digunakan secara efektif untuk menghasilkan hasil penjualan yang optimal.

Cara menerapkan BANT dalam bisnis adalah sebagai berikut:

1. Budget

Menentukan anggaran yang tersedia untuk pelanggan. Untuk melakukannya, perusahaan perlu memahami kondisi keuangan pelanggan dan ketersediaan dana untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Ini memungkinkan perusahaan untuk menentukan harga yang cocok dan menawarkan opsi pembayaran yang tepat.

2. Authority

Mengidentifikasi orang yang berwenang dalam proses pengambilan keputusan. Perusahaan harus memastikan bahwa mereka berbicara dengan orang yang tepat yang memiliki kewenangan untuk membuat keputusan pembelian, persetujuan anggaran, dan menentukan kontrak atau kesepakatan.

3. Need

Memahami kebutuhan pelanggan. Dalam bisnis, perusahaan harus memastikan bahwa produk atau layanan yang mereka tawarkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan menanyakan pertanyaan dan melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan.

4. Timeline

Menentukan waktu pembelian yang diinginkan oleh pelanggan. Perusahaan harus memahami kapan pelanggan membutuhkan produk atau layanan, serta seberapa cepat pelanggan dapat membuat keputusan pembelian. Perusahaan harus menawarkan solusi yang sesuai dengan jadwal yang diinginkan oleh pelanggan.

Dengan menerapkan BANT dalam bisnis, perusahaan dapat mempercepat proses penjualan, mengoptimalkan hasil penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, BANT juga membantu perusahaan untuk menghemat waktu dan sumber daya penjualan yang digunakan untuk pelanggan yang memiliki kemungkinan kecil untuk membeli produk atau layanan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan dapat fokus pada pelanggan potensial yang memiliki kemungkinan besar untuk membuat pembelian dan memaksimalkan hasil penjualan.

Itu adalah artikel tentang BANT dalam menjalankan bisnis. Semua materi ini bisa menjadi ilmu baru yang bisa diterapkan oleh setiap pembaca.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *