Tanggal:21 July 2024
ShopeePay Later

Belanja Online Tanpa Batas dengan ShopeePay Later

Kegiatan belanja online sudah menjadi salah satu kebiasan yang dilakukan oleh masyarakat. Dengan semakin maraknya perkembangan teknologi, masyarakat dirasa sudah lihai dalam melakukan kegiatan belanja secara online. Dengan berbagai kepraktisan yang diberikan, kegiatan belanja online ini dapat menarik banyak perhatian masyarakat dan mengubah banyak gaya hidup dan kebiasaan masyarakat.

Masyarakat dipermudah karena tidak perlu lagi pergi keluar rumah dan menghabiskan waktu untuk membeli kebutuhan mereka, mereka hanya perlu membuka gawai dengan koneksi internet dan membuka aplikasi yang digunakan untuk melakukan kegiatan belanja. 

Selain kepraktisan yang ditawarkan, banyak perusahaan e-commerce berlomba-lomba untuk menawarkan layanan dan fitur yang dapat memanjakan penggunanya. Salah satu fitur yang banyak menarik perhatian masyarakat adalah fitur PayLater. 

1. Apa itu PayLater?

Fitur PayLater adalah fitur yang memungkinkan para pelanggan untuk bisa berbelanja online dengan metode “berhutang” dahulu. Para pengguna dapat membeli barang yang mereka butuhkan atau inginkan dan membayar dengan sistem kredit tanpa membebankan jaminan atau bahkan kartu kredit. Pengguna akan menerima barang yang mereka beli lalu dapat membayar barang tersebut ketika sudah jatuh tempo yang biasanya dilakukan di akhir bulan. Fitur PayLater ini dapat membuat kegiatan belanja online menjadi praktis dan proses yang sangat cepat.

Shopee adalah salah satu marketplace yang memberikan fitur PayLater dengan nama Shopee PayLater. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna Shopee dapat melakukan proses transaksi tanpa harus menunda akibat dana yang mungkin kurang atau gaj yang belum cair. Sehingga proses transaksi akan terus berjalan dan dan diakhiri dengan pembayaran di akhir sesuai waktu tempo yang diberikan. 

Namun, sebagaimana mustinya sistem kartu kredit, pengguna Shopee juga akan diberikan limit pinjaman yang bisa digunakan dan juga bunga yang harus dibayarkan ketika menggunakan fitur tersebut. Sehingga pastikan dana yang dimiliki cukup untuk melunasi barang yang akan dibeli dalam menggunakan fitur Shopee PayLater.

2. Keunggulan Shopee PayLater

Selain kepraktisan yang ditawarkan, Shopee PayLater juga memberikan beberapa keunggulan untuk penggunanya, seperti:

  1. Dapat membeli barang yang diinginkan secara langsung
  2. Bunga yang ringan
  3. Limit yang dapat disesuaikan dengan kemampuan pengguna 
  4. Syarat dan proses pengajuan yang mudah
  5. Pilihan pembayaran cicilan yang beragam

3. Kekurangan Shopee PayLater

Namun, dibalik beberapa keuntungan yang diberikan, fitur Shopee PayLater juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  1. Limit kredit tidak selalu besar
  2. Keterlambatan pembayaran dikenakan bunga dan denda
  3. Hanya tersedia untuk pengguna tertentu yang sesuai kriteria

4. Bagaimana aktivasi Shopee PayLater?

Jika memang kamu tertarik, kamu dapat melakukan proses pendaftaran dan aktivasi fitur Shopee PayLater. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan fitur Shopee PayLater:

  1. Klik menu “Saya” dan pilih “Shopee PayLater”
  2. Klik “Aktifkan Sekarang”
  3. Masukan kode OTP yang akan dikirimkan ke ponsel pengguna
  4. Unggah berkas yang dibutuhkan, seperti KTP, NIK sesuai KTP, dan nomor atau kontak darurat
  5. Lakukan proses verifikasi wajah melalui tahapan pengambilan foto di aplikasi Shopee, sehingga pastikan lingkungan sekitarmu memadai ya!
  6. Setelah selesai, pengajuan fitur Shopee PayLater akan diproses dan akan diberikan notifikasi persetujuan dan aktivasi fitur Shopee PayLater telah selesai. 

5. Cara Penggunaan

Saat membeli suatu produk, saat memilih metode pembayaran, pengguna dapat memilih opsi Shopee PayLater dan pengguna akan diminta untuk memasukkan PIN ShopeePay. Bagi kamu yang belum mengaktifkan ShopeePay dan belum memiliki PIN, pengguna akan dikirimkan kode verifikasi atau kode OTP dalam rangka menjamin keamanan dalam proses transaksi agar tidak disalahgunakan. Perlu diingat juga bahwa kamu harus memerhatikan limit kredit yang tersisa dan sisa pembayaran tagihan sebelumnya ya!

Lalu, bagaimana cara membayar tagihan Shopee PayLater?

  • Buka aplikasi Shopee
  • Pilih menu Shopee PayLater
  • Pilih “Bayar Sekarang”
  • Pilih “Tagihan Bulan Ini”. Nantinya, sistem akan menampilkan rincian tagihan Shopee Paylater.
  • Pilih “Bayar Sekarang”
  • Pilih Metode Pembayaran.
  • Klik Konfirmasi
  • Pilih Bayar Sekarang. Lalu, lakukan pembayaran sesuai jumlah tagihan Shopee Paylater dan metode pembayaran yang kamu sudah pilih.

6. Hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah memahami fitur Shopee PayLater, tentu saja fitur ini sangat menarik untuk dicoba bukan? Tetapi, alangkah baiknya untuk kamu mengetahui beberapa informasi penting ini sebelum memulai menggunakan fitur tersebut.

1. Diawasi Oleh OJK

Fitur Shopee PayLater diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Hal ini berkaitan dengan rekam finansial jikalau nantinya ada tagihan yang tidak bisa dilunasi dan lain sebagainya. 

2. Hanya untuk 1 KTP

Fitur ini hanya bisa diaktifkan oleh 1 KTP, hal ini bertujuan untuk keamanan bertransaksi dan mengurangi risiko penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

3. Tingkatkan Transaksi untuk Mendapatkan Limit Lebih

Pihak Shopee menentukan limit kredit berdasarkan seberapa sering pengguna melakukan transaksi, semakin banyak transaksi maka limit akan semakin besar.

4. Rincian Tagihan Update Setiap Tanggal 25

Rincian tagihan yang diberikan kepada pengguna akan diupdate oleh sistem Shopee setiap tanggal 25 di bulan berjalan dengan batas waktu 5 bulan untuk melunasi pembayaran.

5. Proses Refund

Proses pengembalian dapat dilakukan jika sudah diseteujui oleh penjual dan pengguna sesuai nominal yang digunakan. 

7. Kesimpulan

Dengan adanya fitur Shopee PayLater, tentu saja memberikan kemudahan dan kemewahan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa fitur tersebut memiliki perbedaan yang tidak jauh, sehingga diperlukan adanya kesadaran untuk membatasi diri dalam penggunannya. Dibalk kemudahannya, ada risiko finansial yang harus dipenuhi dan diselesaikan dengan tanggung jawab agar dapat terhindar dari masalah dan menjaga kondisi finansial.

Penulis: Larasati Amira (Kelompok C)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4
Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *