Tanggal:16 May 2024

Shopee Mall: Belanja Online dengan Jaminan Produk Asli dan Pengiriman Terpercaya

Dalam era digital yang semakin berkembang, belanja online telah menjadi tren yang semakin populer, bahkan sudah menjadi sebuah gaya hidup baru bagi banyak orang. Ada banyak platform e-commerce yang bermunculan dengan keunggulannya masing-masing dan menawarkan produk dengan harga yang kompetitif. Namun, ada satu hal yang sering menjadi pertimbangan bagi costumer yaitu keaslian produk(originalitas) dan pengiriman yang terpercaya. Shopee Mall hadir sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Apa itu Shopee Mall?

Shopee Mall merupakan sebuah fitur yang dimiliki Shopee yang berisi toko terpilih khusus pemilik merek dan distributor resmi. Shopee Mall menawarkan produk-produk dari merek-merek ternama dengan jaminan keaslian produk. Produk-produk yang dijual di Shopee Mall telah melalui proses verifikasi ketat sehingga pembeli dapat membeli produk dengan aman dan nyaman. Selain itu, pengiriman yang dilakukan juga terpercaya dan cepat sehingga produk dapat sampai ke tangan pembeli dengan baik.

Shopee Mall

Images Source: Shopee

2. Kelebihan Shopee Mall

Salah satu keuntungan berbelanja di Shopee Mall adalah adanya jaminan keaslian produk (100% Original). Shopee menjamin bahwa produk yang terdaftar di Shopee Mall adalah 100% original. Bila produk yang Anda terima bukan produk original, Shopee akan mengembalikan dua kali dari jumlah harga produk yang Anda bayarkan untuk produk tersebut, di mana biaya pengembalian dua kali tersebut akan ditagihkan kepada penjual.

Pengiriman yang terpercaya juga menjadi keunggulan lain dari Shopee Mall. Produk yang dibeli akan dikirimkan dengan jasa pengiriman terpercaya sehingga pembeli tidak perlu khawatir barang yang dibeli rusak atau hilang di dalam pengiriman. Selain itu, waktu pengiriman juga cukup cepat sehingga produk dapat sampai ke tangan pembeli dengan tepat waktu.

Selain itu, keunggulan lainnya adalah adanya kesempatan 7 hari pengembalian. Shopee memberikan waktu hingga 7 hari setelah barang diterima oleh customer untuk dapat diajukan pengembalian. Anda dapat melakukan pengembalian barang gratis (dengan ekspedisi tertentu) dan juga praktis jika memenuhi syarat dan ketentuan yang dimiliki Shopee yaitu dengan alasan produk yang diterima tidak original, rusak, cacat atau salah pengiriman produk. Dari pengembalian barang ini seluruh dana akan dikembalikan ke pembeli.

Dalam usaha melayani costumer dengan baik, Shopee menyediakan layanan pelanggan yang responsif dan ramah. Customer dapat menghubungi layanan customer service jika terdapat masalah atau keluhan mengenai produk atau pengiriman. Layanan pelanggan ini akan memberikan solusi yang terbaik dan membantu pembeli dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Bagi para penjual, fitur ini memberikan keuntungan dengan menawarkan fitur-fitur unggulan seperti fitur gratis ongkos kirim (ongkir) dan promosi di Shopee. Fitur gratis ongkir ini akan menarik minat pembeli untuk membeli produk karena mereka tidak perlu membayar ongkos kirim. Selain itu, dengan promosi iklan di Shopee, penjual dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka.

3. Jenis Toko

Namun, tidak semua produk tersedia di Shopee Mall. Produk-produk yang dijual hanyalah produk-produk dari merek-merek ternama dan resmi. Ada juga beberapa produk yang tidak tersedia di Shopee Mall karena mungkin belum melewati proses verifikasi.

Shopee memiliki 2 jenis toko Shopee Mall yaitu Official Store dan Authorized Store. Perbedaan keduanya terletak pada kepemilikan brand. Official Store dikelola oleh pemilik merek secara langsung, dan penamaan tokonya diikuti dengan kata “Official Store”. Misalkan merek skincare SKINTIFIC, penulisan nama tokonya menjadi “SKINTIFIC Official Store”. Sedangkan jika Authorized Store dikelola oleh pemilik non-brand yang diotorasi oleh pemilik brand secara langsung untuk menjual satu produk atau beberapa brand di satu toko. Dalam penulisan nama tokonya pun harus disertai kata “Authorized Store + Lokasi”. Misalkan dengan merek yang sama akan menjadi “SKINTIFIC Authorized Store Jakarta”. Kedua jenis toko ini sama-sama menawarkan jaminan keaslian barang. 

4. Metode Pembayaran

Dalam hal pembayaran, Shopee Mall juga menawarkan beragam metode pembayaran yang mudah dan aman seperti transfer bank, kartu kredit, dan dompet digital (Shopeepay, Gopay, OVO, DANA). Pembayaran juga dapat dilakukan dengan cepat dan mudah sehingga pembeli tidak perlu khawatir tentang kesulitan dalam melakukan transaksi.

Dalam menghadapi persaingan di pasar belanja online, Shopee terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan yang mereka berikan kepada pembeli dan penjual. Dengan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik, Shopee telah berhasil menciptakan lingkungan belanja online yang aman, mudah, dan nyaman bagi masyarakat Indonesia. Didukung dengan semakin berkembangnya teknologi dan tingginya permintaan masyarakat terhadap belanja online, fitur unggulan Shopee, Shopee Mall, diharapkan akan menjadi salah satu platform belanja online terbesar di Indonesia dan mampu memberikan solusi bagi kebutuhan belanja online masyarakat.

5. Kesimpulan

Shopee Mall adalah salah satu fitur unggulan yang dimiliki Shopee yang menjadi pilihan yang tepat bagi customer yang ingin membeli produk dengan jaminan keaslian dan pengiriman terpercaya. Dengan fitur-fitur unggulan yang dimilikinya, Shopee Mall berhasil menciptakan lingkungan belanja online yang aman, mudah, dan nyaman bagi masyarakat Indonesia. Bagi penjual, fitur ini memberikan kesempatan besar untuk meningkatkan penjualan mereka dan menciptakan reputasi yang baik di mata konsumen.

Penulis: Larasati Amira (Kelompok C)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *