Tanggal:26 July 2024

Solidworks: Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Halo sobat Vocasia, gimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu dan bersemangat untuk terus menambah ilmu ya sobat.

Kali ini minvo mau berbagi seputar Solidworks nih. Sudah pada penasaran kan, yuk simak artikel berikut ini. Artikel ini dibuat supaya sobat mengerti apa itu Solidworks, fungsi, kelebihan dan kekurangan dari Solidworks.

Logo Solidworks. Source : PNG Images

1. Apa Itu Solidworks?

Solidworks adalah salah satu software CAD (Computer Aided Design), CAM (Computer Aided Manufacturing), serta CAE (Computer Aided Engineering), yang dibuat oleh DASSAULT SYSTEMES.

Solidworks digunakan untuk merancang part permesinan atau susunan part permesinan berupa assembling dengan tampilan 3D untuk merepresentasikan part sebelum part aslinya dibuat atau ditampilkan dalam tampilan 2D (drawing) untuk gambar proses permesinan.

2. Fungsi Solidworks

Sesuai definisi di atas, Solidworks memiliki 3 fungsi. Apa saja sih fungsi dari Solidworks, berikut fungsinya.

1) SolidWorks sebagai Aplikasi Desain

Fungsi pertama dan paling utama Solidworks adalah aplikasi CAD (Computer Aided Design). Artinya, SolidWorks adalah aplikasi yang berfungsi untuk membantu proses desain (desain teknik).

2) SolidWorks untuk Simulasi Permesinan

Kedua, Solidworks juga merupakan aplikasi CAM (Computer Aided Manufacturing). Artinya, SolidWorks bisa kita gunakan untuk membuat simulasi proses permesinan, seperti turning, milling, dan sebagainya.

3) SolidWorks untuk Analysis

Fungsi SolidWorks yang terakhir, yaitu sebagai aplikasi CAE (Computer Aided Engineering). Artinya Solidworks bisa digunakan untuk melakukan analisis terhadap desain yang telah dibuat.

Lalu apa sih kelebihan dan kekurangan dari Solidworks? Terus simak artikel ini sampai habis ya sobat!

3. Kelebihan Solidworks

Solidworks memiliki beberapa kelebihan yang tentunya akan mempermudah pekerjaan yang kita lakukan, di antaranya:

  1. user friendly (sangat mudah digunakan);
  2. referensi dan tutorial mudah dicari di internet;
  3. penggambaran (rendering) 3D sangat baik dan realistis;
  4. satu package cukup lengkap modulnya selain simulation, juga terdapat piping, electrical, plastics, moulding;
  5. sangat aplikatif dan mudah untuk digabung dengan software analisis yang lain;
  6. penggambaran detail drawing 2D, annotation, section, thickness, dan 3D view yang cukup mudah secara otomatis dan dapat dilakukan tanpa membuat lagi satu demi satu.

4. Kekurangan Solidworks

Kelebihan Solidworks sudah disebutkan di atas, tentunya juga ada kekurangan dari software Solidworks ini. Lalu apa sih kekurangannya? Kekurangan dari Solidworks, di antaranya.

  1. membutuhkan komputer berspesifikasi bagus dan memiliki performa tinggi, terutama ketika melakukan simulasi dan render.
  2. dalam hal simulasi, masih disarankan untuk menggunakan ANsys atau Catia yang memiliki peforma yang lebih tinggi karena performa dari Solidworks ini tidak sebagus CATIA atau ANsys.
  3. panjang garis maksimal yang bisa dibuat adalah 1000 m. (Syahdan)

Nah sobat, demikianlah kita sudah mengenal tentang apa itu Solidworks. Jadi gimana nih, sobat tertarik untuk mencoba aplikasi atau software Solidworks ini? Kasih tau minvo di kolom komentar ya!

Sobat, minvo merekomendasikan buat sobat nih yang ingin mempelajari konsep assembling serta penerapan kinematika dalam menentukan kebutuhan perancangan mesin. Sobat bisa mengikuti Kursus Mahir Solidworks 3D Dan Konsep Assembling.

Dengan mengikuti kursus tersebut, selain sobat bisa paham lebih jauh tentang Solidworks, sobat juga akan betemu dengan pengajar kursus ini, yaitu Kakak Mohammad Khoirul Huda, S.Pd yang tentunya sudah ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Tunggu apalagi sobat, klik tombol dibawah ini untuk mendaftarkan diri sobat, minvo tunggu ya sobat.

autocad
belajar photoshop

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *