Tanggal:25 April 2024

SQL: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses, mengelola, dan memanipulasi data dalam sebuah database. SQL merupakan bahasa standar yang digunakan dalam pengembangan aplikasi berbasis database.

Artikel ini akan membahas pengertian SQL, fungsi, jenis-jenis SQL, serta pekerjaan yang berkaitan dengan SQL.

Source: Wikipedia

Apa itu SQL?

SQL adalah singkatan dari Structured Query Language. SQL adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses, mengelola, dan memanipulasi data dalam sebuah database. SQL digunakan untuk memproses data dalam berbagai macam aplikasi, seperti sistem manajemen basis data (DBMS), sistem manajemen basis data relasional (RDBMS), serta sistem basis data non-relasional seperti MongoDB, Couchbase, dan Cassandra.

Fungsi SQL

SQL memiliki banyak fungsi, di antaranya :

  1. Membuat, memperbarui, dan menghapus tabel dalam basis data.
  2. Menambahkan, memperbarui, dan menghapus data dalam tabel.
  3. Memilih data yang spesifik dari satu atau beberapa tabel.
  4. Mengelompokkan data dan melakukan agregasi data.
  5. Menggabungkan data dari beberapa tabel.
  6. Mengurutkan data berdasarkan kolom tertentu.
  7. Membatasi jumlah baris yang dikembalikan dari sebuah query.

Jenis SQL

Terdapat beberapa jenis SQL, di antaranya adalah:

  • SQL DDL (Data Definition Language): digunakan untuk mendefinisikan struktur dan skema database, seperti CREATE, ALTER, dan DROP.
  • SQL DML (Data Manipulation Language): digunakan untuk mengelola data dalam database, seperti INSERT, UPDATE, dan DELETE.
  • SQL DCL (Data Control Language): digunakan untuk mengatur hak akses ke data dan objek database, seperti GRANT dan REVOKE.
  • SQL TCL (Transaction Control Language): digunakan untuk mengatur transaksi dalam database, seperti COMMIT dan ROLLBACK.

Pekerjaan dengan SQL

SQL merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dalam bidang teknologi informasi, terutama dalam pengembangan aplikasi database. Beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan SQL antara lain adalah database administrator, database developer, dan data analyst.

Setalah mengetahui pengertian SQL, fungsi, jenis-jenis SQL, serta pekerjaan yang berkaitan dengan SQL, apakah sobat ingin mendalami tentang SQL? Jika iya, minvo punya rekomendasi kursus yang bisa sobat ikuti, yaitu Kursus Pemrograman PHP dan Database MySQL

Dengan mengikuti kursus tersebut, sobat dapat mengoperasikan queryquery sederhana (Create, Insert, Update, Delete), mengoperasikan Database, membuat Website Dinamis, memahami sorting, membuat Form Inputan ke Database dengan PHP, dan memahami Apa itu PHP.

Tunggu apalagi sobat, klik tombol Join di bawah ini dan kita mulai kelasnya bersama!

Kursus membuat Aplikasi website

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *